Table of Content

Manfaat Daun Bawang yang Wajib Diketahui!

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Daun bawang banyak digunakan sebagai bahan pelengkap berbagai menu masakan.

Sayuran yang dikenal dengan daun bawang ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah. Meski murah, kucai menyimpan berbagai nutrisi penting untuk kesehatan dan kecantikan
Sayangnya, masih ada orang yang enggan mengonsumsi kucai karena aromanya. Padahal, sayuran ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker.

Daun bawang rendah kalori dan kaya nutrisi. Sayuran ini mengandung kombinasi unik dari flavonoid dan nutrisi yang mengandung belerang. Selain itu, daun bawang mengandung serat, asam folat, kalsium, potasium dan vitamin C yang cukup tinggi.

Nutrisi yang terkandung dalam bawang hijau antara lain vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B2, dan potasium. Semua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Daun Bawang:


1. Mencegah Anemia
Daun bawang sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami anemia atau kurang darah. Daun bawang berperan sebagai tambahan asupan zat besi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
Sayuran ini juga mengandung zat besi yang dapat memperbaiki sel darah merah dalam tubuh. Daun bawang juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan memperkuat jaringan tubuh Anda.

2. Mengatasi Asma
Daun bawang dapat meredakan asma atau sesak napas. Kandungan fitokimia pada daun merah dapat membersihkan saluran pernafasan. Bahan dapur ini juga akan membantu melawan infeksi bakteri dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.
Caranya, Anda bisa memakan daun bawang mentah secara langsung. Jika kurang suka dengan aromanya, Anda bisa menggiling daun bawang, lalu cium aromanya untuk melegakan pernapasan.

3. Mengobati Batuk dan Pilek
Daun bawang dapat digunakan untuk meredakan batuk yang disertai rasa gatal di tenggorokan. Kandungan fitokimia dan antibakteri pada sayuran ini dapat mengatasi batuk dengan sangat efektif.
Anda bisa mengkonsumsinya mentah-mentah ditemani sayuran lain saat makan agar tidak mual karena baunya. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus. Meski baunya tidak sedap, sayuran ini cukup ampuh untuk mengobati batuk dan pilek dengan cepat.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Daun bawang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung. Kandungan kaempferol pada daun bawang memiliki sifat antiradang. Kandungan tersebut dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung.
Selain itu daun bawang juga merupakan sumber allicin dan thiosulfinate yang berperan sebagai senyawa belerang. Senyawa ini bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan pembentukan gumpalan darah. Senyawa belerang dalam daun bawang juga terbukti efektif untuk menurunkan kadar gula darah.
Kucai mengandung vitamin K dalam jumlah besar yang bermanfaat bagi setiap jaringan dalam tubuh, membantu mengatur aliran darah.

5. Menurunkan Berat Badan
Daun bawang dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung kalori yang rendah. Sedangkan kandungan serat dan mineral pada sayuran ini cukup tinggi.
Kandungan itulah yang dapat mencegah rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu mengurangi makan secara alami. Sayuran ini juga menyediakan serat larut, yang membentuk gel di usus dan sangat efektif mengurangi nafsu makan.

6. Mencegah Kanker
Daun bawang dapat mencegah resiko kanker karena adanya senyawa kaempferol. Bahan-bahan tersebut dapat menangkal sel kanker dan mengurangi peradangan, membunuh sel kanker, serta mencegah penyebaran sel jahat.
Sayuran ini juga merupakan sumber senyawa allicin dan sulfur yang dapat berperan sebagai antikanker. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kucai memiliki risiko 46 persen lebih rendah terkena kanker perut.

7. Baik untuk Kesehatan Mata
Daun bawang mengandung vitamin A yang cukup tinggi untuk membantu fungsi retina pada kondisi minim cahaya. Nutrisi ini membantu menjaga penglihatan tetap tajam dan sehat.
Vitamin A juga bermanfaat dalam mendukung perkembangan sel darah yang sehat, termasuk pertumbuhan sel darah merah baru yang membawa oksigen, dan sel darah putih yang melawan infeksi.

Selain itu, daun bawang merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini berkontribusi terhadap penglihatan dengan melindungi jaringan mata dari kerusakan oksidatif.