Table of Content

Pengertian Benua beserta Jenis Jenisnya

Pengertian Benua beserta Jenis Jenisnya 

Benua adalah daratan yang luas. Ada tujuh benua di dunia. Dimulai dari benua Asia hingga benua Antartika yang terletak di Kutub Selatan Bumi.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benua adalah bagian dunia yang berupa daratan atau daratan yang begitu besar sehingga pusat benua tidak terpengaruh oleh angin laut.

Dalam bahasa Inggris, benua disebut continent. Menurut Kamus Oxford, benua adalah salah satu benua besar di dunia, seperti Eropa, Asia atau Afrika. Menurut Encyclopedia Britannica, arti sebenarnya dari benua adalah daratan besar yang terbentuk dari pecahnya benua super atau Pangea. Setiap benua memiliki perisai.

Benua tidak merata di permukaan bumi. Lebih dari dua pertiga permukaan bumi berada di utara khatulistiwa. Semua benua kecuali Antartika adalah seperti ibu, dengan utara lebih lebar dari selatan.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian tentang distribusi benua dan lautan di bumi. Banyak ide yang muncul. Di antaranya adalah teori tetrahedron, di mana tanah beku berubah bentuk menjadi tetrahedron ketika bola jatuh.

Kemudian kita sampai pada teori akresi, di mana batuan kecil yang menempel pada bagian perisai tua membentuk morfologi. Ini diikuti oleh teori pergeseran benua, yang memisahkan benua terapung kuno, dan teori arus konveksi, di mana konveksi menarik kerak bumi ke dalam tanah menyebabkan pelipatan dan pembentukan gunung.

7 benua di dunia

Ada tujuh benua di dunia. Berikut rinciannya:

1. Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia, sekitar 44,391 juta kilometer persegi termasuk daratan dan perairan. Luasnya 4,5 kali lebih besar dari benua Eropa yang 10,18 juta kilometer persegi.

2. Benua Afrika
Benua Afrika memiliki luas 365 juta kilometer persegi, yang merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Secara geografis, benua ini terletak pada 37° LU-34° LU dan 17° LU-51° BT.

3. Benua Eropa
Luas benua Eropa adalah 10.355 juta kilometer persegi. Secara astronomis, Benua Eropa terletak pada 90° LU-600 ° BT dan 350 ° LU-800 ° LU. Meskipun secara fisik terhubung dengan Asia, Eropa secara historis merupakan benua yang terpisah karena perbedaan budaya dan bahasa.

4. Amerika Utara
Benua Amerika Utara kadang-kadang disebut sebagai anak benua Amerika. Amerika Utara terletak seluruhnya di Belahan Bumi Utara dan berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Samudra Atlantik di timur, Samudra Pasifik di barat, dan Amerika Selatan di selatan.

5. Amerika Selatan
Benua Amerika Selatan sebagian besar terdapat di belahan bumi selatan, kecuali sebagian kecil di bagian utara benua. Benua ini berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah timur, Samudra Pasifik di sebelah barat, Samudra Selatan di sebelah selatan, dan Amerika Utara di sebelah utara.

6. Benua Australia
Benua Australia terletak pada 10° Lintang Selatan-44° Lintang Selatan dan 113° Bujur Timur-154° Bujur Timur. Kata Oseania digunakan untuk menggambarkan wilayah ini untuk membedakannya dari negara Australia. Namun, Oceania bukanlah sebuah benua tetapi sekelompok benua. Kata Australasia juga terkadang digunakan untuk menyebut wilayah ini.

7. Antartika
Benua Antartika terletak di Kutub Selatan, benua ini tidak memiliki penduduk tetap dan tidak ada negara. Bagian ini digunakan sebagai dasar penelitian ilmiah. Antartika adalah sebuah pulau dan sepenuhnya dikelilingi oleh Samudra Selatan.