Table of Content

Cara Mempercepat Startup Windows 10 dengan Regedit

Cara Mempercepat Startup Windows 10 dengan Regedit

Tutorial cara mempercepat startup Windows 10 dengan Regedit dapat dilakukan dalam beberapa langkah.

Baik Anda memiliki komputer atau laptop dengan kecepatan gigaheartz atau gigabyte per detik, pemasangannya membutuhkan waktu lama.
Pemicunya adalah sistem pengiriman saat Anda menyalakan komputer atau laptop. Sistem ini akan memeriksa alat dan program yang akan digunakan pada komputer dan PC.

Windows 10 adalah salah satu sistem instalasi tercepat. Namun jika ingin Windows 10 lebih cepat maka ada cara yang bisa dilakukan yaitu melalui Regedit.

Regedit adalah alat yang digunakan untuk melihat, menghapus, dan memodifikasi registri saat menjalankan Windows.

Mengubah nilai registri ini dapat meningkatkan kecepatan operasi pada sistem operasi Windows 10. Berikut cara mempercepat laptop dengan Regedit.

Cara Mempercepat Startup Windows 10 dengan Regedit

Buka halaman Regedit, berikut dua cara mempercepat Windows 10 dengan fungsi regedit atau registry editor.

1. Ketik "Run" dan tekan "Jalankan" di bidang pencarian. Anda juga dapat menekan tombol Windows + R.
2. Kemudian, akan muncul kotak dialog “Run” dan klik “Regedit”. Selanjutnya, klik Masuk.
3. Selanjutnya akan muncul beberapa halaman dan mencari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current Control Set/Control/Session Manager/Memory Management/Prefetch Parameters/Enable Prefetcher.
4. Jika sudah, klik dua kali 'Enable Prefetcher'. Masukkan nomor 1 di Date Value. Pastikan juga Hex diaktifkan dengan memilih 'Enable'.
5. Terakhir, restart komputer atau laptop Anda. Jadi, lihat garis biru dan lihat seberapa sering itu terjadi.

Cara memulai Windows 10 lebih cepat dengan menghapus penundaan startup
Selain cara di atas, kamu juga bisa mempercepat startup Windows 10 dengan cara menghilangkan startup delay melalui menu Regedit. Ini sebagai berikut:

1. Buka Windows Registry Editor dengan menekan kombinasi tombol Windows + R. Jika sudah muncul, klik “regedit” pada kolom yang sudah disiapkan.
2. Pilih “Yes” ketika diminta oleh User Account Control (UAC) untuk melakukan perubahan administratif pada komputer atau laptop Anda.
3. Kemudian cari dan cari key berikut: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Serialize
4. Jika Serialize tidak ada, Anda harus membuat kunci baru dengan mengklik kanan di 'Explorer'. Kemudian, klik “New” dan pilih “Key”, lalu isikan “Key Name” dan “Serialize”.
5. Di Serialize, klik kanan dan buat nilai DWORD (32-bit) baru dan beri nama “StartupDelayInMSec”. Pastikan nilai 'Hex' diapit nol.
6. Terakhir, restart laptop atau komputer Anda agar perubahan diterapkan.

Berikut beberapa cara mempercepat startup Windows 10 dengan Regedit. Cara ini sangat mudah dilakukan, namun harus konsisten dengan prosedur yang benar. Semoga ini membantu!