Table of Content

7 Perbedaan AMD dan Intel dalam Sistem Komputer, Pahami Sebelum Membeli

7 Perbedaan AMD dan Intel dalam Sistem Komputer, Pahami Sebelum Membeli

Saat ini komputer telah menjadi salah satu gadget yang paling banyak digunakan dan sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Berbagai tugas kampus atau kantor dapat dengan mudah dilakukan dengan laptop.

Dengan kemudahan tersebut, apakah Anda memiliki keinginan untuk membeli komputer baru?

Biasanya laptop baru memiliki perbedaan terutama pada pabrikannya, ada yang AMD dan ada juga yang Intel. Namun, apakah Anda benar-benar memahami perbedaan antara keduanya?

Apalagi jika Anda adalah orang yang suka bermain game atau seorang desainer, prosesor merupakan bagian terpenting dari komputer yang harus Anda perhatikan. Beberapa angkat berat sebenarnya membutuhkan mesin untuk menopangnya. Oleh karena itu, Anda harus tahu betul untuk tidak membeli barang yang salah.

Kecepatan dan Brand

1. Kecepatan
Ya, Anda akan merasa sangat marah ketika kinerja komputer yang digunakan untuk bekerja atau bermain game tiba-tiba turun. Kecepatan kinerja komputer akan sangat tergantung pada sistem operasi yang digunakan.

Perbedaan antara AMD dan Intel disini akan terasa pada kecepatan sebuah komputer. Dalam uji kasus dengan dua model prosesor yang sama, Intel mengungguli AMD. Meskipun kurang ambisius, Intel berhasil menjalankan program yang berbeda lebih cepat dari AMD.

2. Brand
Perbedaan lain antara AMD dan Intel dapat dianalisis dari kekuatan merek mereka. Untuk saat ini, sebagai pemain dewasa, Intel lebih dulu dikenal sebelum AMD. Intel kini dikenal tidak hanya sebagai produsen perangkat keras komputer. Bahkan, Intel juga telah memasuki perangkat lain seperti smartphone dan smartwatch.
Karena itu, menurut kekuatan merek, Intel lebih baik daripada AMD.

Grafik game dan manajemen suhu

3. Permainan gambar
Berbicara tentang aktivitas gaming, biasanya banyak laptop atau komputer desktop yang mengeluhkan perangkatnya hang saat digunakan untuk pekerjaan berat atau game dalam waktu yang lama.

Faktanya, manajemen termal dapat membuat perbedaan antara AMD dan Intel dalam hal kinerja komputer atau laptop. Dalam hal ini, pengguna AMD seringkali dapat menemukan keuntungan karena kinerja proses ini biasanya tidak menurun meskipun suhu meningkat.

Selain itu, kinerja grafis AMD lebih baik daripada Intel. Saat digunakan untuk bermain game, tampilan gambar jernih dan tidak terputus.

4. Kontrol suhu
Dalam manajemen panas, perbedaan antara AMD dan Intel akan terasa di sini karena biasanya prosesor AMD akan hangat jika digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu, dalam mengontrol suhu, Intel lebih unggul dalam mengalahkan.

Banyak prosesor Intel dilengkapi dengan penggunaan teknologi yang menghancurkan ketika suhu mulai naik, tetapi AMD tidak. Namun, meskipun dapat dikatakan bahwa AMD kurang dalam hal ini, ingatlah bahwa prosesor AMD akan lebih baik dalam aktivitas gaming meskipun kontrol suhu ditingkatkan tetapi grafik yang dihasilkan dengan sempurna.

Multimedia, perlindungan virus dan harga

5. Multimedia
Perbedaan lain antara AMD dan Intel dapat dilihat melalui multimedia. Meskipun Intel kalah dalam hal model game, dalam hal multimedia, prosesor Intel lebih baik daripada AMD.

Umumnya, gambar yang dihasilkan oleh Intel akan ditampilkan tajam dan dapat diatur dengan benar.

6. Perlindungan virus
Saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop, ada baiknya kita tidak hanya memikirkan performa saja. Namun, poin penting adalah bagaimana prosesor virus menggunakannya.

Tentu Anda tidak ingin komputer yang Anda beli terkena virus komputer bukan? Perbedaan antara AMD dan Intel akan terasa jika kita memikirkan hal ini. Prosesor AMD diketahui dilengkapi dengan teknologi terkini yang dapat mendeteksi virus sebelum menginfeksi laptop Anda.

Dengan perlindungan ini, laptop yang menggunakan prosesor AMD biasanya akan dapat melindungi perangkatnya dan tidak akan digunakan setelah mendeteksi virus. Sejauh ini prosesor Intel belum mampu melakukan hal tersebut.

7. Dari segi harga
Perbedaan lain antara AMD dan Intel mudah dilihat dari segi harga. Harga komputer itu sendiri akan sangat mempengaruhi produktivitas yang digunakan. Laptop dengan prosesor Intel lebih mahal karena prosesornya sendiri lebih mahal dibandingkan dengan AMD.

Semuanya sangat bagus. Jika Anda ingin mengeluarkan uang, Anda dapat membeli laptop dengan prosesor Intel untuk kinerja tinggi. Namun jika Anda menginginkan harga yang lebih murah dan bukan kualitas yang lebih rendah, AMD bukanlah pilihan yang buruk.