Menajubkan! Tumbuhan ini memiliki Aroma Akar Yang Wangi

    Tanaman atau tumbuhan akar wangi memang jarang terlihat ditanam di halaman rumah-rumah pribadi. Padahal tanaman akar wangi ini banyak sekali akan manfaatnya. Tumbuhan akar wangi ini bisa tumbuh pada sepanjang tahun dan dikenal oleh banyak orang sejak lama sebagai sumber bahan wangi-wangian.

Tanaman Akar wangi ini termasuk ke dalam kategori familiy Poaceace dan masih dalam satu keluarga dengan tanaman serai atau padi. dan Nama ilmiah dari tanaman akar wangi tersebut, yakni Chrysopogon zizanioides.

Nah,.. Berikut saya rangkum mengenai apa itu tanaman akar wangi dan manfaatnya jika ditanam di halaman atau pekarangan rumah anda.

Apa ya Tanaman Akar Wangi itu?

Tanaman atau tumbuhan akar wangi merupakan tanaman rumput-rumputan yang berasal dari negara India. tanaman ini bisa tumbuh berkembang dengan mudah di berbagai media-media tanam, tentunya dengan kualitas tanah yang subur dan dengan iklim yang cenderung panas sehingga tanaman ini cocok di tanam di iklim tropis seperti indonesia, tumbuhan akar wangi ini memiliki tinggi yang dapat  mencapai 1-3 meter tinggi daun rumputnya.

Pada Karakteristik fisiknya Akar wangi sering ditandai atau di cirikan dengan bentuk batang yang panjang keatas dan daun tipis memanjang yang kaku,keras dan agak kasar. Akar wangi ini juga bisa dapat berbunga coklat keungu-unguan dengan memiliki akar yang kokoh.

Dan Nama akar wangi tentunya tidak jauh berbeda dari karakteristik asli tanamannya. Tanaman akar wangi yang memiliki sejumlah banyak manfaat ini memiliki wangi-wangian yang semerbak nan Khas dan hampir sama seperti wangi tanaman serai dan citrus. Karena memiliki bau wangi yang khas, akar wangi ini sering didapati dijadikan parfum, pengharum ruangan atau pewangi pada benda-benda hingga  dapat dijadikan skincare.

Manfaat Tanaman Akar Wangi 

Tanaman Akar wangi ini biasanya dapat menjadi berbagai bentuk olahan, tapi yang paling sering digunakan yakni berbentuk essensial oil atau ekstrak minyak atsiri akar wangi. Adapun manfaat essential oil dari akar wangi Yaitu:

1. Mengatasi insomnia

karena minyak akar wangi ini memiliki wangi yang begitu khas. maka Minyak akar wangi ini memiliki sifat yang sedatif yang dapat bisa membantu membuat rasa mengantuk lebih cepat. Nah,.. Bagi Mama atau Seorang ibu yang menyukai wewangian, maka wangi harum dari essential oil akar wangi ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah insomnia.

2. Meredakan cemas

hal ini Menurut beberapa dari hasil penelitian akar wangi, harum yang dihasilkan dari minyak akar wangi ini bisa meredakan rasa cemas. Karena Mengingat, pada sifat dari minyak akar wangi ini juga mampu bisa membuat tubuh kita rileks.

3. Mengandung antioksidan

Didalam Akar wangi ini juga mengandung banyak antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membuat tubuh kita terhindar dari stres oksidatif keseharian. Kandungan antioksidan pada akarwangi dapat memaksimalkan fungsi pada tubuh dan mencegah akan penuaan dini.

4. Mengusir serangga

Dalam Mengaplikasikan minyak akar wangi ke tubuh yang bisa membantu kita terhindar dari serangan serangga.

pada Sebuah penelitian ditahun 2015 menyatakan bahwa kandungan minyak akar wangi ini mampu atau bisa mengusir kutu karena memiliki sifat yang beracun bagi setangga. Namun, kalau untuk diaplikasikan kepada anak-anak sebaiknya tidak dilakukan ya,. Karena hal ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan pada anak-anak.

Cara Menanam Tanaman Akar Wangi

Apakah Kamu ingin mencoba menanam tanaman akar wangi ini di rumah? Tentu saja sangat bisa. Dengan segala  banyak manfaatnya, tanaman Akar wangi ini juga bisa dapat menjadi tumbuhan yang di budidaya lho. Nah,. Beirkut cara menanam akar wangi yang mudah untuk kita sebagai pemula,yaitu:

  • Buatlah galian lubang pada tanah sebesar 20 x 20 x 20 cm dengan kedalaman yang jangan lebih dari 4 cm
  • lalu galian Lubang tanam ini diisi dengan pupuk kompos dengan dosis sebanyak 2 kg per lubangnya
  • Nah,. Tanaman akar wangi akan terlihat gagal atau tidaknya dilihat dalam waktu 1-2 minggu setelah awal penanaman
  • lalu Lakukan penyiraman secara teratur pada tanaman akar wangi
  • Jangan lupa diwaktu tertentu membersihkan rumput pada sekitar tanaman akar wangi supa bersih dari hama dan mendapatkan nutrisi yang baik untuk tanaman
  • Terakhir,.Untuk masa tanam pada tumbuhan akar wangi ini paling singkat 8 bulan lamanya, tetapi untuk memperoleh akar yang lebih maksimal biarkanlah tumbuh hingga 12-14 bulan lamanya

Nah,. Jadi Itulah tadi Ulasan tentang tanaman akar wangi dan manfaatnya apabila ditanam di halaman atau pekarangan rumah kita. jika tertarik, kita juga bisa menanamnya untuk menjadi budidaya dan dikembangkan sekala besar sebagai usaha industri kecil untuk membuat minyak ektrak akar wangi tersebut.


Sekian salam hangat dari agum :)

Belum ada Komentar untuk "Menajubkan! Tumbuhan ini memiliki Aroma Akar Yang Wangi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel