Langka! Tanaman Kopi Anjing atau Nam Nam Ternyata Pernah ditanam Presiden Saat Konferensi Asia Afrika

    Tanaman/pohon Nam-nam dengan bentuk yang unik ini menjadi sangat langka ditemui di indonesia, Pohon dan buahnya ini disebut juga dengan kopi anjing atau sawo pancukan. Buah nam-nam memiliki bentuk eksotis dengan warna coklat kekuningan dan kulit dan berkeriput-keriput terlihat seperti kepalan. 

Namnam memiliki Tinggi pohon berkisar antara 3 hingga 10 meter lebih. Belum diketahui dengan secara pasti darimana sebenarnya asal muasal tanaman yang memiliki buah mirip seperti organ ginjal ini. 

Tanaman namnam bisa di tanam untuk sebagai tanaman hias dan bisa diambil buahnya untuk dikonsumsi, buah kopi anjing memiliki rasa yang sangat asam ketika masih belum matang, namun jika sudah matang rasanya menjadi masam-masam manis.

Buah kopi Anjing dapat makan secara langsung dengan kulitnya, dijadikan bahan campuran rujak, asinan atau manisan yang nikmat. lalu Batang kayu tanaman kopi anjing biasa dapat dimanfaakan, terutama dibagian kerasnya bisa dijadikan sebagai bahan pembuat gasing dan kerajinan lain. 

Selain dari buahnya, beberapa bagian pohon kopi anjing dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal atau jamu tradisional. pada Rebusan daun muda kopi anjing dapat untuk meringankan gejala sakit diare dan mencegah penyakit kencing batu, namun ternyata sayang sekali tanaman ini sekarang langka dan cukup sulit dijumpai di sejumlah wilayah khususnya di indonesia.

pohon namnam atau kopi anjing atau sawo pancukan memang begitu eksotis. Seperti kepalan, pohon yang bernama latin Cynometra cauliflora ini tumbuh buahnya menempel pada batangnya. Jadi jangan begitu berharap bisa memanjat pohonnya ketika ingin memetik buah kopi anjing ini, sebaiknya menggunakan tangga untuk memudahkan memetik buahnya.

Tanaman Eksotis ini ketika melihat buah namnam (kopi anjing) yang coklat kekuningan yang berkerut-kerut (keriput) berpadu dengan bunganya yang merah jambu pucat atau putih bermunculan di batangnya yang berwarna coklat itu pula.

Tanaman dengan buah berasa asam/kecut ini secara umum dikenal namanya yaoitu namnam. Dalam beberapa bahasa didaerah dikenal juga sebagai namu-namu daerah Manado dan Maluku, namo-namo daerah Ternate, namet daerah Halmahera, namute, lamute, lamuta, klamute daerah Maluku bagian tengah, arepa daerah Bugis, dan puti anjeng daerah Makasar.

Daerah Sunda atau jawabarat buah namnam dikenal sebagai buah pukih. Juga disebut kopi anjing, namnam daerah Sunda, Jawa, dan Madura, puci anggi daerah Bima, kuwanjo daerah Bali, aloma daerah Seram, dan kfamute daerah Buru. Dalam bahasa ilmiahnya  (latin) tumbuhan ini disebut Cynometra cauliflora.

Pohon kopi anjing dapat mempunyai tinggi antara 3-10 meter keatas. Batangnya cukup tegak, bulat, berwarna abu-abu kecoklatan, sedikit bercorak dan berbonggol-bonggol.

Daun pada tanaman namnam atau kopi anjing majemuk dengan sepasang anak daun yang berbentuk lonjong dengan panjang antara 5 sampai 15 cm. Daun namnam berwarna agak putih atau merah jambu terang ketika masih muda dan berubah menjadi hijau tua mengkilat ketika sudah tua.

pada Bunga tanaman kopi anjing majemuk yang tumbuh di batang dan cabang. Buahnya berbentuk seperti polong dengan daging yang cukup tebal. Bentuk pada buahnya lonjong berwarna coklat kekuningan dengan permukaan yang agak kasar dan berkeriput. dan Buah pohon kopi anjing berukuran sekitar antara 3 sampai 9 cm dengan ketebalan daging buahnya antara 2-6 cm. Saat  buah matang berasa cukup asam-asam agak manis. lalu Di dalam buah  kopi anjing terdapat sebutir biji yang berbentuk pipih dan berwarna coklat merona.

Meskipun kopi anjing belum diketahui dengan pasti asal usulnya namun pada sejumlah pihak menyakini pohon namnamini merupakan tumbuhan yang asli diIndonesia. tanaman Namnam atau kopi anjing diketahui ditanam di hampir seluruh bagian wilayah di Indonesia, Asia Tenggara, dan India.

Manfaat pada Buah Namnam. Pohon atau tanaman namnam banyak ditanam sebagai penghias halaman rumah. pada Buah dan kulitnya dapat dimakan langsung atau dijadikan bahan olahan rujak, asinan atau manisan. Buahnyapun juga dapat digunakan/dimanfaatkan campuran sambal.

Pada Beberapa bagian tanaman namnam atau kopi anjing (Cynometra cauliflora) ternyata mempunyai manfaat besar sebagai obat herbal tradisional. Rebusan pada daun muda pohon eksotis ini berkhasiat untuk meringankan seperti gejala mencret atau diare. Ramuan Rebusan daun namnam atau kopi anjing ini juga dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk melancarkan air seni dan dapat mengobati penyakit kencing batu.

pada Pohon unik dan eksotis ini yang bernama namnam atau kopi anjing ini pula lah yang dulu ditanam oleh mantan Presiden RI 2, yaitu Soeharto, yang ditanam di Taman Mini Indonesia Indah (tmii) pada saat perayaan ke 50 Tahun pada Konferensi Asia Afrika di tahun 2005 yang lalu.

seprtinya pasti akan nikmat sekali jika mengadakan kopdar blogger sembari rujakan di dekat pohon nam nam bareng-bareng. Kuy Siapa yang mau? :)

Belum ada Komentar untuk "Langka! Tanaman Kopi Anjing atau Nam Nam Ternyata Pernah ditanam Presiden Saat Konferensi Asia Afrika "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel