Table of Content

Belum Terlambat! Berikut Makanan Pembersih Paru-paru Yang Harus Anda Coba

Makanan Pembersih Paru-paru dan tips kesehatan paru-paru

    

    Paru-paru kita harus sangat dijaga. Karena Organ pernapasan ini sangatlah vital didalam kehidupan manusia.

Dalam keseharian kita, Menghirup udara kotor dan dikelilingi oleh asap rokok mungkin saja menjadi "makanan" didalam kehidupan sehari-hari Kita. maka Otomatis, akan beresiko pada masalah paruparu/pernapasan seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia pun menjadi meningkat. Tapi Jangan khawatir, sudahkah Kita mencoba mencegah dengan memakan-makanan pembersih paru-paru? Berikut Ulasannya!

Makanan yang patut dicoba Untuk Pembersih Paru-paru

Nah,... Sebenarnya, paru-paru kita ini  adalah sebuah organ yang bisa "membersihkan" dirinya sendiri, disaat setelah Paru-paru kita terbebas dari paparan asap dan zat-zat berbahaya. pada Contoh kecilnya adalah paru-paru pada mantan perokok aktif.

Namun, Berikut ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang dapat bisa menghilangkan iritasi serta lendir cairan di dalam paru-paru. Apa sajakah itu? Chek it out 

1. Bawang putih

Bawang putih ini dikenal atau dipercaya sebagai makanan pembersih untuk paru-paru, karena bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Pada kandungan Kadar allicin di dalam bawang putih bisa melawan atau menangkal infeksi dan peradangan. Bawang putih ini juga dipercaya dapat sebagai makanan yang lebih efektif dalam meredakan gejala penyakit asma dan dapat berpotensi mengurangi risiko penyakit paru-paru lainnya.

2. Apel

Apel dengan Buah berwarna merah yang lezat ini dianggap oleh sebagian orang sebagai makanan pembersih paru-paru, itu karena didalam Buah apel mengandung banyak sekali vitamin C. nah Vitamin C ini merupakan antioksidan yang dapat mampu menjaga kesehatan pada sistem imun tubuh dan sistem pernapasan manusia.

jadi Ketika fungsi pada sistem pernapasan kita sehat, maka penyakit pada paru-paru kita dapat dicegah.

3. Jahe

Jahe merupakan makanan “super” yang seringkali dipercaya dapat mengobati banyak penyakit, dan juga termasuk dalam daftar kategori makanan pembersih paru-paru kita. Rempah-rempah jahe ini sudah di klaim bisa menghilangkan racun-racun didalam saluran pernapasan kita.

4. Teh hijau

Teh hijau ini begitu sangatlah menyehatkan bagi tubuh kita. Minuman teh hijau ini didalamnya mengandung banyak antioksidan yang berpotensi dapat membersihkan segala macam peradangan dalam paru-paru kita. Bahkan, teh hijau ini dianggap mampu menjaga sistem jaringan paru-paru dari efek paparan berbahaya asap polusi udara.

5. Kacang-kacangan

Agar fungsi pada paru-paru dalam menyebarkan oksigen menjadi optimal, maka kadar hemoglobin yang sehat sangat dibutuhkan paru-paru. Nah.. Kacang-kacangan inilah menjadi makanan pembersih bagi paru-paru yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah kita.

6. Blueberry

Didalam buah Blueberry mengandung antioksidan, yaitu vitamin C yang sangat tinggi. karena Itulah sebabnya, buah blueberry dapat dipercaya bisa memberantas kerusakan radikal bebas yang dapat menyerang paru-paru Kita.

7. Brokoli

Pada Sayur Brokoli mengandung vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang mampu mencegah kerusakan paru-paru kita. sayur Brokoli biasanya juga disebut memiliki senyawa aktif yang bernama L-sulforaphane, yang bisa mampu mengelabui sel pengaktif gen anti-inflamasi. karena hal ini bisa membuat sistem pernapasan menjadi sehat.

8. Cabai rawit

Cabai rawit ini merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat disukai orang Indonesia. dengan Rasanya yang pedas memang dapat memberikan kenikmatan yang lebih pada makanan. Selain dari pada itu, cabai rawit ini juga mengandung senyawa capsaicin, yang dapat membantu tubuh merangsang sekresi serta dapat melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan bagian atas dan bawah.

9. Air putih

Selain pada seduhan teh hijau, air putih juga bisa menjadi minuman untuk pembersih paru-paru. Nah.. paru-paru yang kering dapat menjadi salah satu penyebab dari peradangan dan iritasi. maka dari itulah Minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

10. Kunyit

kandunga Senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit, menjadikan rempah-rempah yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi seperti bawang putih. Senyawa kurkumin inilah yang dapat membantu meredakan peradangan didalam saluran nafas dan sesaknya dada akibat penyakit asma.

Perlu kita ingat, bahwa beberapa makanan pembersih paru-paru di atas tidak dianjurkan untuk menjadi pengganti obat-obatan yang diberi oleh dokter. Jika memang kita memiliki pada masalah paru-paru dan sistem pernapasan, maka segeralah untuk meminta perawatan dokter.

11. Kakao

Pada Biji kakao atau cokelat hitam, didalamnya mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi. kandungan tersebut juga dilengkapi dengan senyawa yang bernama theobromine, yang dapat membantu membuat saluran udara di dalam paru-paru menjadi rileks.

Nah... Bahkan, dalam sebuah studi penelitian, makanan untuk paru-paru inilah terbukti dapat mengurangi risiko alergi pada saluran pernapasan dan berpotensi mencegah kanker paru-paru manusia.

12. Ikan teri

Meskipun Ikan ini berukuran kecil, ternyata ikan teri termasuk dalam golongan makanan untuk pembersih paru-paru! Sebabnya, karna didalam ikan teri mengandung banyak sekali nutrisi dan asam lemak omega-3 yang baik.

Ditambah lagi, didalam sebuah studi penelitian menjelaskan bahwa asam lemak omega-3 ini yang dikandung didalam ikan teri dapat meredakan gejala pada penderita asma.

dan Selain itu, janganlah menjadikan makanan pembersih paru-paru di atas itu sebagai alasan untuk tetap merokok. karena Percuma saja mengonsumsi makanan pembersih paru-paru, jikakalau kita masih tetap merokok aktif.

13. Teh peppermint

Pada Kandungan mint yang dimiliki peppermint ini telah digunakan pada sejak zaman dahulu kala sebagai obat alami pada masalah pernapasan. Nah,.. Ternyata, mengonsumsi teh peppermint hangat ini dapat dipercaya meredakan lendir berlebih dan peradangan akibat infeksi paru-paru serta pneumonia.

14. Buah cherry

Terahir,.. Buah cherry ternyata dianggap juga sebagai makanan untuk pembersih paru-paru. Sebabnya, karena kandungan di dalam buah ini mampu melawan peradangan di dalam paru-paru kita.

Hati-hati ya kawan, peradangan di dalam paru kita dapat menyebabkan kita sulit bernapas dan akan membuat dada kita tersasa berat. Maka Dengan mengonsumsi makanan untuk paru seperti buah cherry ini, berbagai gejala ini dapat dipercaya diredakan sakit paru-paru.

Inilah Tips membersihkan paru-paru yang aman dan Tepat

Selain juga mengonsumsi makanan pembersih paru-paru yang diulas diatas, masih ada beberapa tips membersihkan paru-paru yang aman dan tepat, lho. Menurut paguyuban  Asosiasi Paru-paru Amerika Serikat, Berikut Beberapa hal di bawah ini yang bisa kita lakukan guna membersihkan paru-paru secara aman dan Tepat:

  • Berhenti merokok

Menjadi tips membersihkan paru-paru yang pertama yaitu Berhenti Merokok. Menghentikan kebiasaan merokok merupakan langkah yang dianggap tepat paling efektif di dalam menghindari kerusakan pada paru-paru. maka tanamkan pada diri Tidak ada kata terlambat untuk bisa berhenti total dari merokok!

  • Berolahraga secara teratur

Nah kawan, Jika sudah berhasil berhenti merokok, maka berolahragalah denga secara teratur. yaitu Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dengan secara rutin, dan kesehatan paru-paru pun akan meningkat.

  • Kualitas udara

Perhatikan Kualitas udara yang Anda hirup merupakan faktor yang dapat berdampak besar pada kesehatan paru-paru kita. Maka dari itulah, hindari polutan-poluitan yang berbahaya. dan Lakukan upaya pencegahan yaitu seperti menggunakan masker ditempat umum untuk menghindari masuknya zat berbahaya ke dalam paru-paru kita.

  • Udara dalam ruangan

Jangan Meremekan ya, bukan berarti kita didalam rumah bisa aman dari udara buruk. Udara yang ada di dalam ruangan juga bisa dapat membuat paru-paru kita rusak, nah,..apalagi kalau kualitas udaranya buruk. Maka Untuk itu kita akan disarankan untuk membersihkan rumah dengan menggunakan vakum penyedot debu yang bagus, menggunakan pembersih alami, dan menghindari memakai semprotan aerosol.

Dengan Mengonsumsi makanan pembersih paru-paru, serta dibarengi dengan gaya hidup sehat, bisa menjadi kombinasi yang sangat cemerlang didalam menjaga kesehatan paru-paru kita. 

Sebelum terlambat, mari sayangi paru-paru Kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya yang mengerikan menyiksa tubuh.


Sekian... Salam Hangat Dari Agum :)