Salah Satu Ciri-ciri Sifat Ahli Neraka Adalah Kesombongan

Salah Satu Sifat Utama Ahli Neraka adalah Kesombongan


عَنْ حَارِثَةَ بْنِ وَهْبٍ الخُزَاعِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ

قَالَأَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

 

Dari Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar dari Rasulullah bersabda:

Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka menjawab iya, Rasulullah  bersabda : Mereka  semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabur lagi sombong).“ (HR Bukhari dan Muslim).   

 

Pelajaran yang terdapat didalam hadist :

 

1- Paling sering dan sedang banyak disorot saat ini adalah tentang orang-orang yang menyombongkan diri dengan hartanya. Tidak hanya kesombongan orang kaya, kondisi ini diperparah dengan sombongnya orang yang sebenarnya miskin.

2- Adapun Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa salam menyebut kesombongan merupakan sifat yang dapat mengantarkan seseorang ke dalam neraka. Inilah Sebabnya Rasulullah Alergi Terhadap Orang-orang Miskin yang Sombong.

3- Orang miskin yang sombong termasuk salah satu dari tiga golongan manusia yang dimurkai allah Subhanahu wa Ta'ala,

Orang tua yang berzina, Penguasa yang suka berdusta dan fakir miskin yang takabur lagi sombong .” (HR. Muslim)

4- Imam Nawawi dalam kitabnya Nashaih al-‘Ibad menyebut, kesombongan adalah sifat yang buruk bagi siapa pun dan apa pun kondisinya. Namun, bagi orang miskin yang sombong, hal ini adalah keburukan yang lebih parah. 

Biar miskin asal sombong’, itulah sepotong lagu dangdut yang pernah populer di Tanah Air. Tapi harap bagi masyarakat yang kurang beruntung dalam hal materi, jangan sampai menuruti pesan syair lagu ini.

5- Yang dimaksud orang miskin yang sombong itu adalah orang-orang miskin yang dalam perilakunya ditunjukan dengan sikap hanya karena menganggungkan kesombongan. Mereka menolak pemberian orang lain, padahal perlu pertolongan.

Misalnya, pernah terjadi panitia kurban yang dengan susah payah menyerahkan daging kurban ke rumah warga yang miskin namun sambutan orang yang disantuni itu menolak sambil mengucapkan kata-kata yang sombong.

" Dikira saya tidak bisa membeli daging to."

Padahal daging kurban yang dibagikan panitia juga di dalamnya ada nilai silaturahim dan kebersamaan,”

6- Imam Nawawi menyebut perkataan orang bijak, "Empat perkara berikut ini adalah jelek, tapi justru masih ada empat perkara lain yang lebih jelek lagi, yaitu:

- Dosa yang dilakukan pemuda itu jelek, namun lebih jelek lagi adalah perbuatan dosa yang dilakukan oleh orang tua. 

- Kesibukan segala macam urusan duniawi bagi orang bodoh itu jelek, namun yang lebih jelek lagi jika yang menyibukkan diri dengan urusan duniawi adalah orang ‘alim. 

- Malas beribadah bagi orang awam adalah jelek, namun yang lebih jelek lagi bila malas beribadah itu dilakukan oleh kalangan ulama dan penuntut ilmu.

- Takabur lagi sombong bagi orang kaya adalah jelek, tapi lebih jelek lagi jika yang berlaku sombongnya adalah orang fakir miskin .

 

Tema hadist yang berkaitan dengan Al quran :

 

1- Sebenarnya Islam melarang sikap sombong seperti yang disebutkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Alquran: 

 

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ 

 

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS Lukman: 18). 

 

2- Sifat sombong juga menjadi salah satu ya g dibenci Allah SWT, seperti dalam firman-Nya: 

 

إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

 

 Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

  


Belum ada Komentar untuk "Salah Satu Ciri-ciri Sifat Ahli Neraka Adalah Kesombongan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel