VPS? Apa Itu ya? Yuk simak Fungsi VPS untuk Website

Saat membuat website, Anda akan dihadapkan pada berbagai macam paket iklan. Fakta ini membuat Anda bingung memilih paket hosting yang mana. Selain itu, setiap host memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda. Salah satu pilihan hosting yang tersedia adalah Virtual Private Server atau VPS.

Tapi, apa itu VPS? Dan apa fungsinya untuk website?


Nah, kali ini kita akan membahas secara detail tentang VPS. Mulai dari pengetahuan, fungsionalitas, hingga tips memilih VPS. Dengan begitu, Anda tidak salah memilih paket hosting dan bisa meningkatkan kegunaannya. Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu VPS?
VPS adalah layanan khusus yang berfungsi untuk menyimpan data dan file di website. VPS sering digunakan pada website yang membutuhkan resource besar. Karena pengguna tidak perlu berbagi sumber daya dengan situs web lain seperti iklan bersama.

Jika Anda ingin membandingkan, server VPS adalah properti sewaan. Dalam satu rumah, ada apartemen dan rumah mereka sendiri. Mulai dari kamar, furnitur, hingga barang elektronik di setiap unitnya. Antara satu unit dengan unit lainnya tidak saling mengganggu, tetapi meninggalkan pertengkaran di rumah.

Ini menjadikan VPS solusi ideal untuk pengiriman SaaS, perangkat lunak, pengembangan game, ke perusahaan yang membutuhkan layanan dengan kemampuan besar, aman, dan skalabel.

Selain itu, masih banyak manfaat lain dari VPS hosting, seperti:

- Lebih fleksibel dalam menentukan jenis antarmuka pengguna.
- Dapatkan bandwidth yang lebih banyak dan penyimpanan yang terhubung dengan sistem shared hosting.
- Sistem operasi dapat dirancang untuk digunakan sesuai dengan persyaratan situs web.
- Dapatkan kebebasan untuk mengubah pengaturan hosting.

Layanan VPS

Setelah Anda mengetahui apa itu VPS, Anda juga perlu mengetahui berbagai fungsi dari VPS. Berikut penjelasannya.

1. Hosting Web
Salah satu fungsi VPS adalah website atau tempat menyimpan data dan file website.

VPS menyediakan sumber daya yang nyaman untuk situs web kelas atas. Sumber yang dimaksud dapat dianggap relevan. Hosting bersama tidak harus digunakan, tetapi juga tidak sekecil hosting bersama.

Terlepas dari sumber dayanya, VPS menawarkan banyak alat dan fondasi tambahan yang dapat Anda instal. Alat dan kerangka kerja ini pasti akan membantu Anda menambah tampilan dan menyempurnakan situs web yang Anda buat. Apalagi jika dibandingkan dengan jenis layanan lain seperti cloud hosting atau shared hosting.

2. Permainan Game
VPS juga dapat bertindak sebagai konsol game. Melalui layanan privat ini, Anda bebas melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan game online, misalnya:

- Mengunduh game dan bermain game online sesuai dengan aturan Anda sendiri;
- Buat koneksi khusus untuk memainkan game agar tidak terlambat;
- Menghindari campur tangan dari pihak ketiga untuk menjamin kerahasiaan;
- Dapatkan akses root untuk mengontrol server game jika diperlukan.

Namun, untuk menggunakan VPS sebagai konsol game, Anda juga perlu memperhatikan beberapa kondisi tertentu. Misalnya, layanan VPS yang Anda pilih harus memiliki operasi yang cepat, penyimpanan yang cukup, dan sumber daya yang banyak.

3. VPS adalah Layanan VPN
VPN adalah jaringan pribadi yang terhubung ke internet. Melalui tautan ini, Anda dapat menyembunyikan identitas Anda saat mengakses internet. VPN juga digunakan untuk membatasi akses orang ke koneksi Internet tertentu.

Inilah mengapa VPN banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi. Tujuannya agar proses penyimpanan dan pertukaran informasi menjadi lebih aman. Dengan begitu, informasi sensitif perusahaan tidak dapat dilihat oleh pengguna lain yang tidak memiliki akses ke VPN.

Meskipun banyak layanan VPN gratis dan berbayar, membuat VPN di server VPS Anda sendiri bisa menjadi pilihan yang aman. Bagaimanapun, Anda adalah satu-satunya yang mengelola dan menyimpan data. Tidak seperti VPN pihak ketiga, meskipun aman, masih ada kemungkinan data mengalir ke situs lain.

4. Kembangkan dan Uji Aplikasi
Sepertinya VPS juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi, lho! Mulailah dengan aplikasi di komputer, situs web, di ponsel.

Dengan memakai sistem VPS ini, Anda dapat menginstal semua alat yang diperlukan. Misalnya, jika Anda ingin membuat aplikasi berbasis Windows, Anda dapat menginstal Silverlight, .NET framework, dan SQL. Di sisi lain, jika Anda menyukai aplikasi Linux, Anda dapat menginstal PHP atau Ruby on Rails. Ini memiliki segalanya.

Berbekal hosting KVM VPS, Anda bebas membuat server khusus di VPS Anda dan menginstal aplikasi yang sama di sana. Dari sana, Anda dapat mengubah program pada waktu yang berbeda, melakukan pengujian, mengidentifikasi kesalahan, dan menemukan cara untuk meningkatkannya.

Tentu saja, daripada menghabiskan uang untuk hosting yang dihosting atau tes khusus, menggunakan VPS bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Menyimpan (Backup) Data Web
Fungsi terakhir dari VPS adalah penyimpanan data. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, semua layanan cenderung kehilangan informasi. Entah itu karena filenya corrupt, terhapus, corrupt, atau diretas.

Dengan memiliki VPS untuk instalasi server, Anda dapat terus memperbarui data server saat ini. Apalagi jika ada banyak data yang perlu dipulihkan. Jadi, ketika terjadi masalah yang tidak diinginkan pada layanan utama, akan ada database yang dapat dipulihkan kapan saja.

Belum ada Komentar untuk "VPS? Apa Itu ya? Yuk simak Fungsi VPS untuk Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel