Program Error? Nih 5 Jenis Bug / Error pada Program dan Cara mengatasinya

Program crash adalah kejadian umum bagi programmer ketika mereka lagi mengoding. Namun, kesalahan dalam sistem masih bisa diperbaiki. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir dan mulai melakukan re-coding lagi dari awal.

Eits, sebelum buru-buru memperbaiki bug, ada baiknya untuk mengidentifikasi jenis-jenis program yang salah. Sehingga Anda akan lebih akurat dan mudah dalam menangani kesalahan yang terjadi.

Jadi, apa kesalahpahaman progam error yang umum programmer? Simak artikel ini untuk jawabannya!

Jenis Program Bug

1. Error Runtime

Kesalahan terjadi ketika sebuah program mengalami lag atau macet. Kesalahan semacam ini tidak hanya terjadi pada programmer, tetapi juga pada orang biasa.

Dalam beberapa kasus, Anda hanya perlu memperbarui perangkat lunak atau perangkat yang Anda gunakan. Namun, terkadang ini tidak berhasil karena Anda perlu tahu apa yang salah.

Selain itu, ada banyak jenis waktu buruk yang bisa terjadi. Misalnya, ini termasuk including logic dan errors encoding yang disebabkan oleh bug yang tidak diperbaiki selama proses pengembangan perangkat lunak. Nah, untuk memperbaikinya, Anda perlu menginstal ulang malware atau menjalankannya dalam mode aman.

Selain komputer, masalah lalu lintas juga dapat terjadi karena kurangnya memori atau perilaku tidak sah yang tiba-tiba. Misalnya, memasukkan karakter asing ke dalam teks.

Cara mengatasi masalah error runtime:

- Hidupkan Kembali komputer Anda.
Cara ini sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah, termasuk yang memiliki keterbatasan waktu.

- Tutup aplikasi lain yang berjalan.
Permintaan yang bentrok dapat terjadi selama eksekusi karena mereka menghabiskan terlalu banyak memori. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menutup program yang tidak perlu.

- Jalankan aplikasi dalam mode aman.
Anda dapat masuk ke Safe Mode untuk menjalankan beberapa program.

- Pembaruan aplikasi.
Terkadang kesalahan terjadi karena Anda menggunakan salinan aplikasi yang lama. Anda dapat memperbaikinya dengan mengunduh versi terbaru aplikasi secara manual untuk digunakan sebagai browser.

- Instal ulang aplikasi.
Jika program yang Anda gunakan rusak, itu perlu diinstal ulang. Namun, pastikan Anda membackup file-file penting yang Anda butuhkan tentunya.

- Aktifkan System Restore Data.
Tujuannya adalah untuk mengembalikan komputer ke keadaan semula. Metode ini dapat memperbaiki kesalahan waktu nyata yang disebabkan oleh korupsi registri Windows.

- Instal ulang windows.
Anda juga dapat menginstal ulang Windows. Terutama ketika kesalahan disk tidak dapat diperbaiki dan memengaruhi kinerja Windows secara keseluruhan.

2. Sintaks Error

Syntax error adalah kesalahan penulisan kode pada suatu program. Hal ini dapat terjadi karena programmer memiliki nomor, kata, atau kode yang salah. Akibatnya, format atau informasi tidak dapat dideteksi oleh komputer. Oleh karena itu, komputer tidak dapat memahami arti dari kode tersebut.

Dalam bahasa pemrograman apa pun, tentu saja, aturan tata bahasa yang benar diperlukan. Jika aturan ini dilanggar, sejumlah kesalahan akan terjadi. Misalnya, Anda tidak memasukkan tanda kurung di sisi kiri saat Anda mengetik print('halo').

Anda juga dapat mengakhiri baris dengan kolom alih-alih titik koma dalam bahasa pemrograman C++. Kemudian verifikasi bahwa program tidak dapat dijalankan karena sintaks yang tidak valid.

Selain itu, kesalahan sintaks juga dapat terjadi ketika nama variabel dan fungsi tidak valid. Misalnya, bahasa PHP tidak mengizinkan nama variabel yang dimulai dengan angka. Jika Anda melakukan ini, sejumlah kesalahan akan benar-benar muncul.

Cara mengatasi sintaks yang salah:
~ Tulis perintah atau karakter dengan benar.
~ Temukan kode yang salah dan ganti dengan kode yang benar.
~ Menjalankan tes dengan perangkat lunak debugging.
~ Ubah informasi penggunaan untuk memperbaiki bug dan mencegah bug di masa mendatang.
~ Tinjau semua aturan yang dimasukkan ke dalam program untuk menghindari kesalahan.

3. Logical Error 

Bug adalah kesalahan dalam kode program yang menyebabkan kesalahan manufaktur. Penyebab utama kesalahan adalah kesalahan dalam aplikasi atau algoritma.

Sayangnya, letak kesalahan dari kesalahan ini jauh lebih sulit ditemukan. Karena debugger terkadang tidak memberikan peringatan tentang kesalahan pada program. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui di mana letak kesalahannya.

Tentu saja, salah satu jenis kesalahan adalah kesalahan yang tidak disengaja, tetapi kesalahan tidak selalu menyebabkan seluruh sistem berhenti sebagai kesalahan pengaturan waktu.

Cara mengatasi kesalahan:
~ Sebelum membuat program, pastikan Anda menuliskan konsep, rumus, fungsi, atau algoritma program.
~ Periksa semua tipe persyaratan secara detail dan jelas sebelum menjalankan data program.
~ Periksa informasi Anda untuk lebih memahami cara kerja program. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil peluang kesalahan muncul.

4. Error Compilation

Compilation error adalah jenis kesalahan yang terjadi pada proses penerjemahan suatu bahasa pemrograman ke dalam bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin. Proses ini biasanya dilakukan agar sistem dapat berjalan. Nah, secara umum, kesalahan instalasi terjadi pada bahasa pemformatan yang membutuhkan penginstal. Misalnya C++ atau Java.

Dimungkinkan juga untuk memicu tampilan serangkaian kesalahan sebagai akibat dari serangkaian urutan. Kesalahan ini dapat terjadi karena programmer telah melakukan sesuatu yang melanggar prinsip-prinsip bahasa komputer.

Pada kesalahan penginstalan, kompiler sistem akan menampilkan pesan kesalahan yang tidak dapat dipahami oleh penginstal. Misalnya, Anda menulis sebuah program dengan beberapa instruksi, tetapi Anda lupa meletakkan titik koma di akhir program. Nah, jika Anda mendapatkan pesan yang salah, Anda dapat segera memperbaikinya.

Cara memecahkan masalah kesalahan kompilasi:
~ Pastikan Anda tidak menghapus titik koma dan tidak menggunakan variabel yang belum tahu.
~ Setiap kali terjadi kesalahan, cobalah untuk memahami artinya dan temukan garis di mana kesalahan itu terjadi.

5. Interface Error-ing

Kerusakan penggunaan terjadi ketika ada ketidakcocokan antara perangkat lunak dan peralatan yang Anda gunakan. Jenis kesalahan ini juga disebut panggilan palsu. Masalah komunikasi dapat terjadi ketika segel perlu disetel untuk API, tetapi tidak tersedia untuk program.

Ini sering terjadi ketika programmer memprogram secara online. Dalam hal ini, kesalahan tampaknya disebabkan oleh penggunaan situs web yang salah. Jika input yang diterima program tidak sesuai dengan normal, maka akan terjadi error pada pengembangan.

Nah, berikut ini beberapa jenis penyalahgunaan yang perlu diwaspadai oleh programmer.

- Inadequate Functionality. 
Kesalahan ini disebabkan oleh bagian lain dari sistem yang tidak menjalankan perintah yang diharapkan.

- Location Functionality. 
Ini karena kesalahpahaman tentang lokasi.

- Misuses of Interface. 
Kesalahan terjadi karena jenis dan urutan urutan yang salah dan jumlah segel yang dilewati.

- Software/Hardware Interfaces. 
Kesalahan disebabkan oleh penanganan program atau peralatan yang salah.

Cara mengatasi masalah komunikasi:
~ Jika Anda memiliki catatan kesalahan, berikan kepada pemanggil. Metode ini dapat membantu Anda mengatasi kesalahan pengembangan.

Belum ada Komentar untuk "Program Error? Nih 5 Jenis Bug / Error pada Program dan Cara mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel