Ini Pentingnya Lambung dan Cara Menjaganya

Lambung termasuk salah satu organ tervital dalam tubuh yang begitu berperan bagi sistem pencernaan. Semua makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan disimpan kemudian dicerna oleh lambung. Sehingga, sudah sepantasnya kita menjaga organ kita tersebut agar senantiasa tetal sehat. Perhatikan apapun kegiatan kamu, termasuk yang kamu anggap sebagai  kebiasaan sepele, namun ternyata malam berpotensi untuk merusak lambung. 

Mengapa Lampung Harus Dijaga? 

Menjaga agar lambung tetap sehat adalah kewajiban. Kenapa wajib? Karena hal tersebut sangat penting, lambung memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pencernaan. Lambung—bertugas sebagai penyimpan makanan, membunuh mikroorganisme berbahaya, mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi, mengontrol hormon, dan menyerap nutrisi.

Apabila kesehatan lambung terganggu, pastinya akan berimbas kepada lambung yang lagi mampu menjalankan fungsinya secara baik. Bahkan bisa mengganggu berjalannya sistem pencernaan secara keseluruhan, hingga menyebabkan gangguan organ sistem pencernaan lainnya. Banyak jenis gangguan lambung yang telah diderita orang-orang, seperti halnya maag, gerdd, asam lambung, tukak lambung, sampai kanker. Untuk menghindari segala kemungkinan buruk, sudah sepantasnya kota untuk menjaga kesehatan lambung sejak dini. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan? 


Tips Menjaga Kesehatan Lambung yang Paling Efektif

Kunci dari kesehatan lambung itu sendiri ialah bukan hanya berasal dari makanan saja, akan tetapi juga berasal dari berbagai kebiasaan sehari-hari yang terkadang tidak kita perhatikan. Berikut ialah beberapa tips menjaga kesehatan lambung yang bisa kamu terapkan mulai sekarang:


1. Jaga asupan makanan
Mewujudkan lambung yang sehat berarti kamu harus memerhatikan asupan makanan yang kamu makan. Banyak sekali jenis-jenis makanan yang seharusnya dihindari apabila kamu ingin memiliki lambung yang sehat, contohnya ialah makanan terlalu pedas, terlalu asam, atau makanan dengan kandungan lemak jahat. Makanan-makanan seperti itu seharusnya dihindari atau dikonsumsi sesuai aturan.

Perhatikan juga tentang asupan serat yang cukup dalam tiap makanan kamu. Baik serat larut mau pun tidak larut tetap harus dipenuhi guna menjaga sistem pencernaan dan lambung agar tetap sehat, sebab peran dari kedua serat ini punya peran dan cara yang berbeda.


2. Mengunyah makanan dengan benar
Dengan adanya perintah ini, maka sebaiknya kamu tidak makan dengan terburu-buru. Makan terburu-buru pastilah hanya menghabiskan waktu sebentar saat mengunyah. Mengunyah dengan benar maka sama saja kamu sudah berupaya menjaga lancarnya sistem pencernaan. Begitu pula sebaliknya, apabila kamu tidak mengunyah dengan benar, maka lambung harus bekerja lebih keras agar makanan yang kamu konsumsi bisa hancur.

Secara tidak langsung, dengan mengunyah cukup baik, kamu telah membantu meningkatkan enzim yang bekerja pada proses awal pencernaan. Ingat, ya, jangan terbiasa makan terburu-buru sehingga kamu juga bisa mengunyah dengan baik. 


3. Minum air putih yang cukup
Sejak dulu memang air putih memiliki peran penting dalam berlangsungnya kehidupan. Air putih adalah syarat agar tubuh kita bisa terhidrasi. Agar mampu terhidrasi dengan baik, maka sangat penting meminum air putih dalam jumlah cukup, karena dengan terhidrasinya tubuh, maka kesehatan lambung dan sistem pencernaan pun juga akan terjaga dengan baik. Perlu diingat juga bahwa tidak setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang sama, karena itu tergantung aktivitas yang dilakukan.

Untuk rata-ratanya, per hari, harus masuk sekitar 8 gelas, bisa jadi malah lebih untuk beberapa orang yang memang memerlukannya. Mudah sekali untuk mengetahui jika kamu kekurangan asupan air putih, yaitu kamu akan mengalamu sembelit atau infeksi saluran kemih.


4. Makan tepat waktu
Tak hanya perlu memerhatikan apa yang kamu makan, akan tetapi, juga memerhatikan kapan saja waktu makan yang tepat. Memerhatikan waktu makan berarti kamu juga menjaga kesehatan lambung. Perlu menjaga jam makan setiap hari secara konsisten, agar sistem pencernaan tetap bekerja dengan baik. 

Tak hanya jam makan malam, siang, dan sarapan saja yang diperhatikan, akan tetapi jam untuk ngemil juga. Jangan terlalu sering ngemil dan sembarang waktu. Hindari juga makan terlalu larut malam. 


5. Hindari konsumsi kafein
Kafein mampu memicu terproduksinya asam lambung. Hal semacam ini lah yang membuat minuman berkofein seperti halnya kopi sangat perlu dihindari oleh penderita asam lambung dan maag. Sejak dini, meskipun kamu tak memiliki maag ataupun masalah lambung, baiknya membatas konsumsi kafein sehari-hari agar tak mendatangkan masalah di lain hari. 


6. Hindari rokok dan minuman beralkohol
Tak hanya menghindari kafein, tetapi rokok dan minuman beralkohol pun sama-sama perlu ditekan pengonsumsiannya. Sebab, minuman beralkohol apabila dikonsumsi berlebih mampu memicu iritasi lambung dan mengakibatkan gangguan fungsi lambung. Lagi pula, pada dasarnya, rokok dan minuman beralkohol mampu mengganggu kesehatan. Untuk itu, mulai sekarang, apabila kamu seorang pencandu rokok dan alkohol, segeralah menekannya. 


7. Konsumsi probiotik
Tahukah kamu bahwa ternyata penting untuk mengonsumsi probiotik? Sebab nyatanya sangat dianjurkan menambahkan probiotik dalam menu kamu sehari-hari. Dengan mengonsumsi ini, maka bakteri baik dalam tubuhmu akan meningkat. Sehingga sistem pencernaan dapat berjalan dengan lebih baik. Probiotik ini pun juga bisa didapatkan melalui makanan atau pun minuman hasil fermentasi.

Probiotik ini—bukan hanya baik untuk kesehatan lambung serta sistem pencernaan, namun juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh senantiasa terhindar dari bermacam penyakit.


8. Rutin olahraga
Berolahraga secara rutin adalah tips paling utama dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Termasuk, memelihara kesehatan lambung dan juga pencernaan. Akan tetapi, bagi kamu yang memilik keluhan asam lambung, lebih baik hindari olahraga dengan intensitas tinggi untuk penderita asam lambung. Jenis olahraga yang direkomendasikan ialah yoga, beranang, dan bersepeda. Tidak perlu juga memaksakan diri, lalukan olahraga secara rutin namun jangan sampai memaksakan diri.


9. Manajemen stres
Memanajemen stres adalah pola hidup agar kita senantiasa sehat tak hanya secara jasmani tapi juga secara rohani, membuat kita tetap waras. Apakah kamu tahu bahwa gangguan lambung dan sistem pencernaan juga bisa disebabkan oleh stres? Maka sebab itulah, kamu sudah sepatutnya menghindari stres, agar sistem pencernaan mampu bekerja dengan baik. Jangan bosan untuk selalu menemukan kegiatan menyenangkan yang bisa menghindarkan diri dari stres.


Baiklah, di atas adalah ulasan lengkap tentang bagaimana pentingnya lambung bagi tubuh juga tips menjaga kesehatan lambung yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Mencegah lebih baik daripada mengobati, loh! Terlebih, sistem pencernaan ini termasuk vital bagi tubuh kita, sehingga, tak ada alasan untuk tidak mengupayakan cara-cara yang sangat bermanfaat seperti di atas. 

Belum ada Komentar untuk "Ini Pentingnya Lambung dan Cara Menjaganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel