Butuh VPS? Yuk Pahami Kelebihan dan Kekurangannya

Saat membangun sebuah website, terutama dalam mendukung kebutuhan bisnis, Anda sangat membutuhkan hosting terbaik agar apapun yang dilakukan di website dapat berjalan dengan lancar.

Jadi, mungkin sebagian dari Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan VPS.

Sebelum melakukan ini, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan VPS untuk mengetahui secara pasti apakah VPS adalah paket hosting terbaik untuk kebutuhan Anda

Pengertian VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah server pribadi yang memiliki resource sendiri dan hanya memiliki satu klien.

Mengapa disebut server virtual? Karena VPS menggunakan teknologi membagi satu server menjadi perangkat atau sistem yang berbeda.

Berbagi ini memungkinkan beberapa VPS yang dihosting di server yang sama untuk menjalankan program dan aplikasi yang berbeda. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Jadi, perlu diingat bahwa VPS bukanlah shared hosting, melainkan dedicated server. VPS didasarkan pada server khusus dan banyak VPS lainnya.

Namun, sumber daya dapat digunakan dan dikelola secara independen tanpa mempengaruhi klien VPS lain yang terletak di server fisik yang sama.

Seperti apartemen dengan blok di dalamnya. Semua orang di kuartal tinggal di rumah yang sama. Namun, mereka memiliki kendali penuh atas unit mereka.

Apa yang mereka lakukan di tim mereka sendiri tidak merugikan orang yang tinggal di tim lain.

Bisa juga dikatakan bahwa konsep VPS sangat mirip dengan shared hosting, karena server fisik masih digunakan bersama dengan pengguna lain.

Bedanya shared hosting menggunakan teknologi yang berbeda. Jadi sumbernya tidak disembunyikan. Semua pengguna berbagi sumber daya dan akan terpengaruh oleh pengguna lain.

Di sisi lain, VPS juga mirip dengan konsep shared hosting, di mana Anda memiliki sistem operasi dan berbagi sumber daya sendiri, akses ke root server, dan bahkan otoritas untuk me-restart VPS.

Oh ya, selain sumber daya itu sendiri, pengguna VPS juga memiliki alamat IP, nomor port, tabel filter, dan routing.

Jenis VPS

VPS dibagi menjadi dua jenis dalam hal setup dan administrasi.

- Managed VPS
Managed VPS adalah layanan hosting yang disediakan oleh tim profesional yang akan mengurus semua pengelolaan layanan Anda.

Mereka akan terus memantau 24 jam sehari, membuat catatan rutin, memperbarui sistem operasi, dan meminta langkah-langkah keamanan.

-Unmanaged VPS
Tidak seperti VPS yang dikelola, VPS yang tidak dikelola mengharuskan pengguna VPS untuk meng-host layanan untuk menjalankan komputer mereka sendiri.

Layanan ini terbatas pada penyediaan komunikasi dan layanan fisik.

Kelebihan VPS

Selain fakta bahwa Anda dapat membuat layanan yang berbeda sesuai kebutuhan, manfaat lain dari VPS adalah:

1. Resource Sistem yang Lebih bagus

Dengan VPS Anda akan menggunakan sumber daya RAM, CPU, penyimpanan media Anda sendiri. Tidak perlu mencampur dan berbagi sumber daya dengan pengguna lain.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari situs Anda.

2. Performa bagus

Karena semua sumber daya digunakan secara individual, kinerja server yang sebenarnya akan tinggi. Minimalkan kemungkinan crash sehingga layanan Anda tidak akan disusupi oleh pengguna lain.

Tentunya dengan memberikan pelayanan yang baik juga akan meningkatkan kinerja website. Tempat yang bagus akan membuat pengunjung tidak datang kembali.

3. Keamanan dan privasi yang lebih baik

VPS memungkinkan Anda untuk menyimpan setiap file dalam satu database. Pengguna VPS lain tidak akan dapat mengakses data Anda, meskipun mereka berada di server fisik.

Selain itu, VPS memiliki sistem instalasi khusus. Jadi jika terjadi kesalahan dan kegagalan, file Anda dijamin aman dan dapat dengan cepat dipulihkan.

4. Skalabilitas yang baik

Seiring waktu, perusahaan Anda dapat berkembang. Selain itu, jumlah sumber daya yang dibutuhkan oleh situs web dan aplikasi yang Anda gunakan.

Saat menggunakan VPS, Anda dapat dengan mudah mengukur PPU, bandwidth, ruang penyimpanan, dan parameter lainnya berdasarkan kebutuhan Anda yang terus bertambah.

5. Kontrol penuh

Bahkan jika Anda berada di server fisik yang sama dengan pengguna VPS lainnya, Anda akan tetap memiliki akses SSH (Secure Shell Connection) ke server root Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat dengan bebas mengubah sistem operasi, file yang berbeda, antarmuka pengguna ke pengaturan keamanan yang sesuai.

Kerugian dari VPS

Ada dua kelemahan menggunakan sistem pemantauan VPS, seperti:

1. Harus memiliki keterampilan profesional

Kebebasan untuk mengelola dan mengubah pengaturan di berbagai komponen yang ditawarkan oleh VPS mengharuskan pengguna untuk sepenuhnya memahami keahlian teknis server.

Selain itu, server merupakan faktor penting yang memengaruhi kinerja dan kegunaan situs web Anda secara keseluruhan.

Satu kesalahan yang dilakukan selama proses setup bisa berakibat fatal.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis, kami menyarankan Anda menginstal atau menyewa tim khusus untuk mengelola dan memelihara server.

2. Biaya tinggi

Karena lebih terspesialisasi, tentunya biaya sewa layanannya akan lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting.

Tidak disebutkan apakah Anda perlu merekrut atau membuat tim baru agar berjalan lancar dan menggunakan VPS bersama.

Belum ada Komentar untuk "Butuh VPS? Yuk Pahami Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel