Apa Itu Teknologi? Jenis Teknologi, Contoh Teknologi, dan Manfaatnya

Pengertian Teknologi

Teknologi merupakan seluruh yang meliputi sarana dan prasarana untuk menyediakan benda-benda yang diperlukan bagi kontinuitas hidup dan juga kenyamanan kehidupan umat manusia dengan cara pemberian kemudahan. Biasanya, penggunaan teknologi sendiri dimulakan oleh pengalihan sumber daya alam.


Kemampuan untuk mengendalikan api telah berhasil melonjakkan ketersediaan bermacam sumber pangan dalam penemuan prasejarah. Lalu temuan roda yang berimbas pada kemudahan manusia dalam melakukan pengerahan yang itu menimbulkan efek bagus bagi perjalanan dan pengendalian lingkungan manusia itu sendiri.

Dengan berkembangnya teknologi menjadi semakin maju dan terbaru, maka sama saja telah memperkecil berbagai macam hambatan fisik terhadap komunikasi. Komunikasi ini pun bisa mencakup banyak subjek dan objek, termasuk entitas asing yang mungkin berada jauh dari kita dan terhitung dalam skala global. Teknologi dalam masyarakat pun terbagi atas beberapa jenis.


Jenis-jenis Teknologi

Jenis-jenis teknologi ini tak hanya dikenal di Indonesia saja, akan tetapi juga dalam patokan tingkatan dunia global. Berikut jenis-jenis teknologi yang digunakan manusia selama ini:  

1. Teknologi Komunikasi

Jenis teknologi yang pertama ini difungsikan sebagai alat yang mampu memberikan layanan atau akses berupa pemberian informasi dari satu tempat ke tempat lain, atau dari satu orang ke orang lainnya. Jenis teknologi ini sangat diperlukan di zaman sekarang ini, meski jika menurut kegunaannya, akan selalu berguna sepanjang masa bahkan sejak kali manusia mulai berkembang di bumi. Untuk sekarang, teknologi komunikasi bisa tergolong vital, karena menjadikan seseorang dapat terus tetap berbagi informasi antara satu orang dengan orang yang lainnya. Contoh dari teknologi komunikasi adalah telepon, komputer, televisi, radio, dan lain sebagainya.  


2. Teknologi Konstruksi

Segala fasilitas yang tersedia sekarang juga pemanfaatan lahan untuk dijadikan lahan, tempat berdirinya sebuah bangunan, dan lain sejenisnya adalah hasil dari adanya teknologi konstruksi. Metode konstruksi yang semakin canggih dengan bermacam peralatan yang digunakan untuk membangun sebuah struktur konstruksi baik itu konstruksi ringan ataupun berat. 

Pemakaian alat teknologi konstruksi seperti halnya traktor, mempunyai tujuan untuk menyiapkan tanah. Dan masih banyak lagi contoh alat teknologi konstruksi lainnya yang akan saling melengkapi untuk berdirinya sebuah konstruksi yang baik dan ideal.  


3. Teknologi Medis

Jenis teknologi media inilah yang digunakan untuk memperluas dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia—berfungsi sebagai penawar atau pengurang rasa sakit dan penyakit pasien yang bersangkutan.

Peningkatan teknologi jenis ini tentu sangat dibutuhkan demi keberlangsungan hidup sebuah kelompok, apalagi negara yang merupakan sebuah simbol satu unity. Teknologi kesehatan sangat memengaruhi sistem perawatan kesehatan sehingga banyak orang. Negara yang maju bisa dipastikan punya pelayanan kesehatan yang baik, sehingga mempunyai tingkat kesehatan dan angka harapan hidup yang lebih tinggi. 


4. Teknologi Informasi


Yang dikategorikan teknologi ini tentu saja mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Dan berupa alat teknologi informasi yang akan membantu memberikan masyarakat luas tentang suatu informasi yang tepat waktu dan tepat sasaran guna menyelesaikan tugas dan fungsinya. Teknologi yang kita bahas kali ini ada kaitannya dengan jaringan internet juga sistem informasi menggunakan simbol-simbol tertentu yang tidak semua orang paham, simbol ini dinamakan coding, bentuk mentah dari fitur-fitur di internet.

Dengan adanya tanjakan yang baik dalam aspek keberadaan teknologi informasi, manusia akan sangat terbantu dalam mengikuti arus kemajuan suatu bangsa, wawasan lebih luas, menyelesaikan tugasnya karena seluruh data yang tersaji sudah tersusun dengan rapi dan mampu dibaca oleh siapa saja. Serta tentunya, sangat mudah diakses dan diolah.  


5. Teknologi Bisnis


Teknologi selanjutnya adalah bisnis, sebuah teknologi yang mencakup perangkat keras juga perangkat lunak yang mampu mempermudah dalam menjalankan bisnis serta meningkatkan bisnis. Khususnya, yang sekarang ini tengah marak dilakukan melalui internet.

Pada era sekarang ini, sudah tak terhitung lagi berapa banyak orang-orang yang tergiur dan merasakan kemudahan berbisnis dengan mengandalkan perantara internet. Banyak sekali keunggulan dan kemudahannya.  Sehingga tidak mengherankan ketika teknologi bisnis ini mampu menghasilkan teknik marketing yang andal, sehingga berpotensi besar menghasilkan keuntungan lebih luar banyak karena media pemasaran yang tak lagi terbatas pada suatu wilayah saja.


Fungsi dan Manfaat Teknologi

Kenapa teknologi bisa ada, diciptakan, lalu terus mengalami penyempurnaan tentu saja karena kehadirannya yang mampu membawa berbagai manfaat dan fungsi. Sederet manfaat itu pun terbagi dari manfaat umum sampai manfaat khusus, yang ke semuanya bisa kita saksikan sendiri secara langsung. 

Manfaat paling nyata adalah teknologi ini akan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Membuat pekerjaan sang pengguna jadi lebih cepat, singkat, serta semakin efisien. Untuk manfaat khususnya sendiri sangat banyak. Misalkan dalam keluarga, akan membantu kegiatan mendidik anak supaya tidak gagap teknologi sehingga mampu berbaur dengan lingkungan sekitar. Tak hanya itu, teknologi pun dapat dipergunakan sebagai sarana eksplorasi demi memupuk wawasan serta pengetahuan dalam menghubungkan adanya keefektifan di kala menyelesaikan sebuah pekerjaan.


Contoh Teknologi

Contoh dari teknologi sangat banyak tersebar di sekeliling kita. Atau mungkin kamu tidak sadar bahwa telah menemukan bermacam jenis teknologi dalam kehidupan selama ini? Baiklah, berikut adalah bermacam contoh teknologi yang pastinya sudah sangat akrab dan familier bagi kita. 

1. Internet 

Internet adalah gudangnya untuk mengakses banyak informasi dan wawasan. Bermacam info dan juga beberapa platform bahkan bisa kita masuki untuk menambah relasi. 

2. Komputer 

Berjasa di bidang pendidikan, bisnis, dan masih banyak lagi. Berkomunikasi, mengais informasi, dan masih banyak hal bisa kita lakukan dengan mengandalkan komputer. 

3. Kipas angin 

Tentu saja ini alat elektronik yang membuat kita tidak kepanasan karena fungsinya yang mampu mengeluarkan angin buatan.

4. Jam tangan

Agar lebih efektif dan mudah untuk meligat waktu, kamu tinggal menempelkan jam tangan di pergelangan tangan.

5. Mesin cuci

Telah muncul sebuah alat yang akan memudahkan kita dalam mencuci pakaian. Mesin cuci menggunakan listrik sebagai bahan bakar.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Teknologi? Jenis Teknologi, Contoh Teknologi, dan Manfaatnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel