502 Bad Gateway? Nih 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Anda tiba-tiba menemukan kesalahan 502 Bad Gateway bingung bagaimana cara memperbaikinya? Tenang Aja, Kamu udah berkunjung ke website yang benar!

Pada artikel ini, kita akan membahas 502 Bad Gateway secara lengkap. Mulai dari pengertian 502 Bad Gateway, dampaknya terhadap website Anda, hingga cara mengatasi error 502 Bad Gateway.

Yuk, tonton sampai habis!

Apa itu 502 Bad Gateway?
502 Bad Gateway adalah error yang tidak hanya terdapat di WordPress, tetapi juga di website lain dengan berbagai platform, seperti Shopify atau Drupal.

Berikut adalah contoh tampilannya:

Akibatnya, jumlah pengunjung situs web Anda akan berkurang, dan peringkat situs web Anda di hasil pencarian akan berkurang.

Apa penyebab 502 Bad Gateway Error?
Ada banyak kejadian yang dapat menyebabkan terjadinya error 502 Bad Gateway. Berikut adalah beberapa di antaranya:

- Perlu menghapus cache browser.
- Masalah DNS.
- Plugin & tema perlu diperbarui.
- Masalah CDN.
- Kesalahan perekaman.

Nah, dalam artikel ini, mkh akan memberi tahu berbagai taktik untuk memecahkan masalah yang menyebabkan error 502 bad gateway yang buruk.

Dampak dari 502 Bad Gateway untuk Situs Web
Sebelum membahas lebih lanjut tentang solusi error 502, apa saja efek dari 502 Bad Gateway pada website Anda? Mari kita lihat ulasan berikut ini:

1. Performa SEO Terganggu
Kesalahan 502 Bad Gateway secara langsung memengaruhi kinerja SEO situs web. Popularitas situs web di mesin pencari akan meningkatkan penurunan harga karena pengunjung mungkin terus tidak dapat menemukan situs web tersebut.

2. Tidak Ada Pengunjung dan Pembeli
Apa yang terjadi jika pengunjung terus menemukan halaman 502 Bad Gateway Error? Ya, mereka akan merasa frustrasi.

Beberapa pengunjung mungkin ingin menyambut dan kembali lagi untuk menemukan situs web tersebut. Namun, ada juga yang tidak kembali ke website Anda.

Jika sebuah situs web tidak mendapatkan pengunjung, bagaimana bisa terjadi pembelian? Artinya, pengaruh 502 Bad Gateway tidak hanya akan berdampak negatif pada situs web Anda, tetapi juga seluruh bisnis Anda.

Apa Jenis Kesalahan Gateway 502?

Sebelum mengetahui cara mengatasi error, ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis error 502 berdasarkan informasi yang muncul:

- Error 502
- HTTP 502
- 502. That's an error
- 502 Bad Gateway
- 502 Service Temporarily Overloaded
- 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request
- 502 Proxy Error
- HTTP Error 502 - Bad Gateway
- Temporary Error (502)
- 502 Bad Gateway Nginx

Sekali lagi, karena kesalahan 502 ini dapat terjadi pada level yang berbeda, jenisnya juga berbeda. Jadi bagaimana Anda menyelesaikannya?

Bagaimana mengatasi 502

Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh masalah pada layanan, tetapi biasanya bukan karena masalah dari situs web itu sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan solusi untuk memperbaiki bad gateway 502 agar website anda kembali.

1. Refresh halaman Web
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika menerima kesalahan 502 Bad Gateway adalah memuat ulang halaman web atau menekan tombol F5 pada keyboard. Kemudian, silakan tunggu beberapa menit. Kesalahan dapat disebabkan oleh server yang kelebihan beban.

Untuk memeriksa, silakan gunakan situs web Anda melalui survei lain atau survei pribadi.

Cara lain untuk memeriksa, Anda dapat menggunakan alat online seperti downforeveryoneorjustme.com. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang alat pemantau server, silakan baca artikel tentang alat pemantau situs web di bawah ini atau tidak.

2. Bersihkan Cache Browser Anda
Pembersihan situs web adalah cara lain untuk mengatasi masalah ini. Anda harus melakukan metode ini untuk memastikan bahwa kesalahan yang muncul tidak berasal dari halaman kesalahan yang disimpan dalam pengujian Anda.

3. Coba Ganti Peramban
Jika mengosongkan cache browser tidak menyelesaikan masalah, coba beralih ke tes lain. Mencoba beralih ke mode penyamaran juga dimungkinkan. Metode ini memungkinkan dapat dipakai untuk menentukan apakah masalah error terdapat pada browser anda.

4. Masalah dengan DNS
Penyebab lain dari kesalahan 502 Bad Gateway adalah masalah DNS, misalnya nama domain tidak menunjuk ke alamat IP yang benar. Oleh karena itu, Anda harus menunggu hingga 24 jam ke depan untuk menyelesaikannya.

Anda juga dapat melakukan flush DNS. Cara ini tidak jauh berbeda dengan membersihkan cache browser.

Jika Anda tidak tahu caranya, silakan ikuti instruksi tentang cara membersihkan DNS.

5. Periksa Layanan Hosting
Penyebab error 502 yang biasanya terjadi biasanya karena adanya masalah pada website yang anda gunakan. Misalnya, karena situs web Anda menghasilkan banyak kueri.

Masalah ini paling sering dialami oleh pengiklan, yang memiliki skrip untuk mencegah permintaan kueri situs web Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah server down dan menginfeksi pengguna lain di server yang sama.

Jika kesalahan disebabkan oleh masalah pada situs web yang Anda gunakan, kami sarankan Anda beralih ke VPS, seperti layanan Cloud VPS Hosting Niagahoster.

6. Periksa Plugin dan Template
Plugin dan template website Anda bisa menjadi sebuah sumber error pada 502 Bad Gateway. Komentar atau pertanyaan dari situs web Anda mungkin diblokir oleh layanan karena masalah instalasi WordPress. Nah, sumber masalah ini biasanya terdapat pada plugin atau desain yang Anda instal.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengeceknya dengan menonaktifkan semua plugin, lalu coba gunakan kembali website Anda sebelum memastikan errornya masih ada atau tidak.

Untuk meng-uninstall sebuah installer, silahkan masuk ke dashboard WordPress terlebih dahulu kemudian pilih menu Install > Install Installer. Kemudian, centang semua plugin, pilih Nonaktifkan di daftar drop-down dan klik Terapkan.

Jika dasbor WordPress di hosting WordPress Anda tidak tersedia, Anda dapat menginstal plugin melalui klien FTP seperti FileZilla. Untuk menonaktifkan instalasi, Anda dapat mengganti nama file plugin dengan nama lain, misalnya plugins-disabled.

Selanjutnya, akses kotak plugins dengan masuk ke menu utama instalasi WordPress Anda, lalu buka folder wp-content.

Jika kesalahan tidak lagi muncul, silakan aktifkan kembali setiap plugin Anda melalui dashboard WordPress. Jangan lupa untuk mengganti nama file plugin yang Anda ubah sebelumnya.

7. Hentikan CDN
Jika website Anda menggunakan CDN seperti CloudFlare, harap tunda dengan mengubah nama CloudFlare dan nama hosting.

Jika Anda ingin menambahkan cara lain untuk mengatasi 502 Bad Gateway, jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom informasi.

Belum ada Komentar untuk "502 Bad Gateway? Nih 7 Cara Ampuh Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel