NFT? Apa Itu ya? Berikut penjelasan dari cara buat sampai menjualnya

Apa itu NFT dan bagaimana membangun dan menjualnya akan dibahas dalam artikel ini. Reputasi token non-fungable atau NFT tidak dapat lagi dihapus karena gambar viral dari seorang pria yang dijual sebagai NFT dengan harga yang mahal. Ya, NFT benar-benar aset digital yang memanfaatkan teknologi blockchain yang saat ini populer di dunia kripto. Pasalnya, biayanya bisa mencapai jutaan dollar AS.


Untuk sebagian besar, NXT diperdagangkan menggunakan ETH, kaus kaki yang dibuat oleh Ethereum. Seperti namanya, "non-fungible", NFT adalah aset digital yang mewakili barang berharga yang tidak dapat ditukar atau diubah nilainya.

Setiap blockchain NFT berisi catatan transaksi yang mencakup data tentang pembuatnya, biaya, dan riwayat kepemilikannya.

Jadi, apa perbedaan antara NFT dan aset kripto lainnya?

Keluar dari cryptocurrency, bentuk lain dari NFT, tujuan dan penggunaan adalah dari aset crypto lainnya, seperti Bitcoin. Ini karena setiap NFT dibuat hanya sekali dan tidak dapat ditukar atau diperdagangkan dengan barang lain.

Sebab, harga dianggap tidak setara.

NFT memiliki data unik seperti sidik jari yang memudahkan pemilik untuk memverifikasi. Bahkan, pemilik NFT juga dapat menyimpan beberapa informasi seperti menandatangani artikel mereka dan memasukkannya ke dalam meta data NFT.

Sangat terbatas, properti NFT juga mutlak. Pemilik adalah pemilik tunggal dari karya NFT asli meskipun hak ciptanya cukup untuk mereproduksi karya ini. Pada dasarnya, pemilik NFT memiliki hak kepemilikan penuh.

Tidak hanya itu, NFT tidak dapat dibagi menjadi varian yang lebih kecil, seperti wei ETH atau satoshi BTC. Karena mereka benar-benar eksklusif.

Alasan ledakan popularitas NFT

Di tahun 2017, NFT justru semakin populer. Ada suatu masa ketika game NFT pertama dimulai, yaitu blockchain CryptoKitties Ethereum. Game ini memungkinkan pemain untuk beradaptasi, memperluas, dan memperdagangkan kucing virtual.

Pasar NFT mengalami pertumbuhan pesat, mulai akhir Januari 2021.

Salah satu faktor di balik peningkatan volume perdagangan NFT adalah peluncuran NBA Top Shot oleh Dapper Labs, yang dibuat oleh CryptoKitties. Sejak saat itu, kekuatan NFT muncul sebagai media koleksi digital dan produk ini tiba-tiba menjadi populer.

Popularitas NFT sendiri masih sangat terbatas di bidang industri, hobi, seni atau hiburan. Inilah sebabnya mengapa konsumen dan penggemar mulai memahami NFT sebagai era baru koleksi digital di mana mereka dapat mendukung artis, pemain, dan musisi favorit mereka tanpa memerlukan media pihak ketiga.

NFT juga memungkinkan pencipta, artis, atau musisi untuk mendapatkan manfaat langsung dari karya mereka jika tidak ada kit pihak ketiga. Misalnya koleksi dari perusahaan rekaman, distributor, penerbit, dan lain-lain.

Penggunaan NFT

1. Referensi Artikel

Dengan NFT, karya yang dipublikasikan secara online akan lebih aman karena kontennya tidak akan mudah ditangkap dan diklaim dengan mudah. Hal ini tentunya meminimalisir kerugian dari pihak pabrikan. Memiliki karyanya adalah jaminan bagi seniman dan akan melawan plagiarisme kreatif dengan plagiarisme.

Harga aset NFT di sektor ini sudah mencapai harga super tinggi. "Everyday-The First 5000 Days" Beeple menjadi karya NFT termahal, dengan penjualan 69 juta dollar AS (Rp 986,7 miliar/kurs rupee Rp 14.300 per USD) pada Maret 2021.

2. Dalam konteks bisnis

- Industri olahraga dan mode

Saat memasuki kartu NBA Top Shot Collection, penggemar dapat mengumpulkan cuplikan penting dari pertandingan favorit mereka, dari Liga Sepak Bola Belgia hingga Liga Pro Jopler juga telah bermitra dengan perusahaan game untuk NFT.

Ubisoft dan Startup Sorare-lah yang meluncurkan Fantasy Football Game di NFT.

- Industri tiket dan keanggotaan

NFT menawarkan solusi kepada broker untuk masalah harus menjual kembali tiket sebanyak mungkin, dan kasus penipuan melalui broker atau layanan lain ketika tiket mudah dipalsukan. Sistem identifikasi dan otentikasi NFT membuat ini tidak dapat diterima.

Kraken Kratom, yang merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan NFT sebagai kartu keanggotaan, mencetak lima gambar NFT untuk memberikan para penggunanya kupon diskon eksklusif atau diskon terkini.

- Sertifikat properti, lisensi, aset

Bukti aset fisik seperti rumah atau real estat lainnya dapat dikaitkan dengan NFT. Sistem blockchain akan menyimpan sertifikat kepemilikan fisik dengan proses otentikasi yang cepat. Sayangnya, implementasi NFT masih sangat terbatas dalam hal ini.

3. Gairah dan hobi hobi

- Game NFT

Seperti yang telah ditunjukkan banyak contoh sebelumnya, pasar game berbasis NFT adalah salah satu sektor maju di dunia kripto. Beberapa game NFT yang paling populer adalah CryptoKitties dan Axie Infinity.

- Koleksi

Selain olahraga, NFT juga digunakan di pasar barang koleksi. Ini karena pasar NFT saat ini didominasi oleh barang yang akan dikoleksi. Contohnya termasuk cuplikan dari NBA Top Shot, kit virtual CryptoKitties, dan avatar CryptoPunks yang unik. Nilai dari ketiga produk ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Koin NFT berdasarkan Kapitalisasi Pasar
1. Axie Infinity (AXS)
2. Tezos (XTZ)
3. Kotak Pasir (PASIR)
4. Tetanggaku Alice (Alice)

Bagaimana cara membeli dan menjual NFT?

Ada beberapa pasar yang menjual NFT. Pasar digital ini umumnya menawarkan NFT dalam berbagai format. Menurut platform, Anda dapat menggunakan aset kripto untuk membeli NFT. Misalnya seperti CryptoPunks, Rarible, atau OpenSea yang hanya menerima pembayaran dalam dolar dan ETH. Selain itu, situs seperti NBA Top Shot memberikan kebebasan kepada pengguna untuk membayar melalui beberapa jenis aset kripto.

Belum ada Komentar untuk "NFT? Apa Itu ya? Berikut penjelasan dari cara buat sampai menjualnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel