Table of Content

Apa Itu Mitosis? Simak Pembelahan Sel Secara Mitosis!


Setiap anak atau individu pasti memiliki sifat yang sama, bahkan sebagai orang tuanya. Hal ini karena sifat-sifat yang diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya

Proses pewarisan sifat tidak lepas dari peran peristiwa menjadi dua jenis pembelahan sel, yaitu mitosis dan meiosis. Sel nutfah yang dibentuk oleh mitosis dan meiosis adalah DNA yang membawa materi genetik dari dua sel induk, yang dapat sepenuhnya sama atau kombinasi dari dua karakteristik sel induk.

Nah, kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang peran mitosis, dimulai dengan memahami fungsi masing-masing organ. Jika Anda saat ini berada di kelas 12 matematika dan sains, ulasan ini sangat cocok untuk melacak aktivitas belajar Anda di Mitosis.

Pengertian mitosis
Apa yang dimaksud dengan pembelahan mitosis? Mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel betina dengan jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya. Pembelahan mitosis hanya terjadi pada sel eukariotik. Hal ini karena sel prokariotik tidak mengandung inti (nukleus sel), membran inti dan mitokondria, sedangkan mitosis membutuhkan organ-organ tersebut.

Pembelahan mitosis terjadi pada semua sel tubuh (somatik), kecuali gamet. Pada tumbuhan, partisi mitosis terjadi pada jaringan meristematik, seperti fragmen akar dan fragmen terfragmentasi. Mitosis berfungsi untuk menumbuhkan sel-sel tubuh, memodifikasi sel-sel tubuh yang rusak (reagen) dan mempertahankan jumlah kromosom.

Perbedaan mitosis dan meiosis
Berdasarkan sifatnya, pembelahan sel dibagi menjadi dua jenis, mitosis dan meiosis. Mitosis menghasilkan sel anak yang dapat bereproduksi, sedangkan mitosis tidak dapat bereproduksi.

Secara umum, perbedaan antara mitosis dan meiosis menghasilkan sel anak. Mitosis menghasilkan sel anak yang mirip dengan sel induk, sedangkan mitosis menghasilkan sel anak yang berbeda dari induknya. Berikut adalah perbedaan yang lebih lengkap antara mitosis dan meiosis:

Mitosis dapat terjadi pada semua hewan; Namun, meiosis hanya terjadi pada manusia, hewan, tumbuhan dan jamur.
Dalam tubuh manusia, meiosis terjadi ketika sperma atau sel telur membelah. Sementara mitosis terjadi di sel lain
Dalam mitosis, sel anak memiliki susunan genetik yang sama dengan sel induk; meiosis yang berbeda
Dalam mitosis, jumlah kromosom sel anak sama dengan sel induk; Meiosis adalah setengah hari ini.

Tahapan pembelahan sel mitosis
Ada empat tahap mitosis, yaitu profase, metafase, anafase dan telofase. Namun sebelum keempat fase ini dimulai, ada sesuatu seperti fase pengenalan atau jeda. Antarmuka sering disebut sebagai agen pembersih. Nah, untuk lebih memahaminya, yuk simak pembahasan selanjutnya!

Mengakses
Pada interface, distribusi adalah proses penyiapan dan penyimpanan energi melalui penjualan. Tahukah Anda bahwa proses ini memakan waktu lebih lama daripada langkah-langkah lainnya? Selama antarmuka, inti sel (nucleus) dan inti sel (nucleus) terlihat jelas. Namun, kromosom tidak terlihat di dalam sel karena masih berupa kromatin yang mengandung molekul DNA, RNA, dan protein.

Bagian terluar dari pusat sel adalah sentrosom, atau organel sel, yang berfungsi untuk mempertahankan jumlah kromosom antara sel induk dan sel anak selama pembelahan sel. Nah, jika ada sepasang sentriol pada sel hewan di setiap sentrosom yang dibentuk oleh badan silinder kecil.

Antarmuka dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase G1 (fase pertama), fase S (sindikasi) dan fase G2 (fase kedua).

Fase G1 juga dikenal sebagai fase pertumbuhan dan perkembangan sel. Hal ini ditandai dengan berkembangnya sitoplasma (cairan sel), organel sel dan terbentuknya material yang akan digunakan untuk fase selanjutnya yaitu fase S.

Pada fase S, DNA direplikasi atau ditranskripsi sebagai materi genetik yang akan diteruskan ke sel anak, sehingga nantinya akan dihasilkan dua salinan DNA.
Langkah terakhir, atau fase G2, adalah bahwa replikasi DNA selesai. Langkah terakhir dalam mempersiapkan sel untuk distribusi adalah memperbaiki struktur protein.

profase
Kemudian kita memasuki fase awal pembelahan sel, yaitu fase profase. Pada awal profase, sentrosom bereplikasi, menghasilkan dua sentrosom. Setelah itu, setiap sentromer akan bergerak ke kutub berlawanan dari inti sel.

Pada saat yang sama, mikrotubulus mulai muncul di antara dua sentrosom. Ini adalah serat protein panjang mikrotubulus yang tersebar ke segala arah dari sentriol. Dalam waktu, mikrotubulus akan menjadi lebih seperti logam, yang kita sebut ekskavator spindel.

Pada tahap ini, sel-sel kromatin mulai berkecambah, yang kemudian membentuk kromosom. Nah, kromosom ini mengandung dua kromatid identik yang dihubungkan oleh sentromer (kepala kromosom). Setiap sentromer memiliki dua kinetokor yang merupakan struktur protein dan kemudian menjadi tempat pengikatan serat gelendong.

Pada akhirnya Spindel dapat memanjang dari satu kutub ke kutub lainnya. Sumsum tulang belakang ini akan berperan dalam mendorong kromosom ke tengah sel pada tahap selanjutnya.

Metafase
Pada tahap ini, inti sel dan membran inti tidak terlihat. Setiap kinetokor pada sentromer terhubung ke sentrosom melalui serat gelendong. Kromatid yang terbentuk kemudian bergerak ke pusat inti sel (bidang ekuator) dan membentuk lempeng metafase.

Posisi kromosom yang terletak di tengah nukleus memungkinkan jumlah kromosom dapat dihitung secara akurat dan bentuk kromosom dapat terlihat dengan jelas.

Ennis
Fase anafase ditandai dengan pemisahan kromatid dari sentromer yang kemudian membentuk kromosom baru. Setiap kromosom ditarik ke kutub depan serat gelendong. Jumlah kromosom yang bergerak pada satu kutub sama dengan jumlah kromosom yang bergerak pada satu kutub.

Nah, pada tahap akhir anafase, kromosom hampir mencapai kutubnya. Selain itu, sitokinesis mulai terjadi. Apa itu sitokinesis? Sitokinesis adalah fase diferensiasi atau pemisahan sitoplasma, organel dan membran sel. Distribusi ini dimulai dari tepi sel hingga ke tengah sel, sehingga menghasilkan dua sel yang disebut sel kedua.

telepon
Kemudian kita memasuki fase akhir pembelahan mitosis, yaitu fase telofase. Pada tahap ini, kromosom telah mencapai jenis kelaminnya. Serat gelendong mulai menghilang dan membran inti sel juga mulai terbentuk di antara dua kelompok kromosom yang terpisah. Kromosom secara bertahap akan menjadi lebih tipis dan kembali ke kategori kromatin.

Kemudian sitokinesis selesai. Sel membelah dan menghasilkan lebih banyak sel anak dengan kromosom diploid (2n). Nah, jika kita melihat pembelahan mitosis ini secara keseluruhan, prosesnya akan seperti ini ya teman-teman.

1. Antarmuka
Proses penyiapan dan penyimpanan energi melalui sel distribusi.
Antarmuka dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase G1 (fase pertama), fase S (sindikasi) dan fase G2 (fase kedua).

2. Profase
Membran inti mulai pecah menjadi potongan-potongan kecil.
Fraksi kromatin dimasukkan ke dalam kromosom.

3. Metafase
- Distribusi kromosom sejajar bidang.