Deskriptif / Eksplanasi? Simak Penjelasannya

Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan asal mula atau munculnya suatu fenomena alam atau peristiwa sosial. Dalam teks deskriptif, suatu peristiwa terjadi karena ada peristiwa lain sebelumnya, dan peristiwa itu akan terjadi setelah itu.



Definisi teks deskriptif

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan rangkaian peristiwa. Teks deskriptif juga merupakan pekerjaan sosial, yaitu menjelaskan kepada orang-orang tentang proses memberi sesuatu. Teks ini juga didasarkan pada prinsip sebab dan akibat.

Berikut teks deskriptif dari kitab Tavfikur Rahman Teks dalam kajian struktur dan bahasa dikutip di bawah ini:

Ciri-ciri kebahasaan teks deskriptif
Teks deskriptif memiliki bahasa berikut:

1. Fokus pada yang umum. Teks ini juga menggambarkan peristiwa alam atau sosial.

2. Gunakan lebih banyak bahan dan kata kerja relasional.

3. Gunakan kombinasi waktu dan alasan, misalnya jika, ketika, oleh karena itu, sebelumnya, pertama dan kemudian.

4. Penggunaan kalimat pasif.

5. Penggunaan istilah ilmiah.

6. Bahasanya lengkap, menarik dan jelas.

Contoh teks deskriptif antara lain gempa bumi, erosi bulan, curah hujan, erosi.

Struktur deskriptif teks

1. Pernyataan umum: Berisi informasi singkat yang akan dibahas; Pernyataan umum tentang subjek, yang akan menjelaskan proses keberadaannya, proses kemunculannya, proses pembentukannya, dll.

Ini adalah awal yang komprehensif, menarik dan jelas serta mampu menginspirasi pembaca untuk membaca detailnya.

2. Satu set spesifikasi; Bagian ini berisi uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi, seperti proses menjelaskan adanya atau terjadinya sesuatu.

Paragraf ini sangat relevan dengan jawaban atas pertanyaan bagaimana jawaban itu dijelaskan

Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan suatu proses, sehingga perlu didefinisikan secara bertahap atau berurutan dari yang pertama hingga yang terakhir.

3. Penjelasan: Bagian ini berisi komentar penutup dari penulis, serta kesimpulan atau pernyataan tentang subjek / proses yang dijelaskan. Bagian ini juga memiliki penutup deskriptif teks.

Contoh teks deskripsi

Semua orang, hampir semua orang tahu apa itu banjir. Fenomena alam ini seolah menjadi subsidi bagi banyak daerah di Indonesia saat memasuki musim hujan. Secara ilmiah, banjir merupakan fenomena alam, yaitu naiknya air di daratan, sehingga menutupi sebagian atau seluruh wilayah. Pada dasarnya banjir merupakan bagian dari siklus hidrologi yang berlangsung secara ilmiah di lapangan.

Dalam proses sirkulasi air di dunia, kapasitas air di permukaan bumi bergantung pada kemampuan menyerap air hujan dan air tanah. Jika salah satu dari faktor-faktor tersebut tidak menjalankan perannya dengan baik, maka hal itulah yang kemudian mengarah pada peristiwa banjir, jika cakupannya meningkat seiring waktu.

Tentu saja, banjir dapat disebabkan oleh curah hujan lokal dan penyebaran aliran di daerah atau daerah hulu dari daerah tangkapan air. Namun ada juga banjir yang menimpa masyarakat, misalnya karena daerah resapan air tempat pembuangan sampah, panggilan ke daerah sekitar sungai, dll.

Proses banjir yang terjadi secara alami diawali dengan hujan dan mulai turun ke permukaan bumi. Air biasanya disimpan di dalam tanah melalui akar tanaman atau kotoran lainnya, dan kemudian mengalir ke hilir ke area bawah tanah. Setelah itu, ia akan dibawa ke laut, dan sebagian lainnya akan mengalami demam langsung.

Hanya dalam kasus banjir, yang airnya ada di dalam negeri, tidak akan terserap sepenuhnya. Ini karena tidak adanya tanaman, dan mungkin juga karena jenis tanah tidak menyerap air. Akibatnya, negara masih mengenakan pajak. Jika hujan terus menerus dan air tidak dapat diserap dengan baik, kolam akan naik dan menyebabkan banjir.

Ini adalah deskripsi tekstual deskriptif. Apakah kamu mengerti

Belum ada Komentar untuk "Deskriptif / Eksplanasi? Simak Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel