Cara Mengatasi Sinyal Smartfren yang Hilang

Smartfren merupakam provider terkemuka di Indonesia yang menawarkan paket dan layanan internet yang super murah. Layanan 4G murah Smartfren, jadi buruan semua peluang buruk.

Smartfren tidak hanya menawarkan layanan 4G yang super murah, Smartfren juga memiliki berbagai paket internet ramah pelajar.

Cukup cepat jaringan 4G Smartfren bisa mencapai 40-50 Mbps lho, geng. Sayangnya, layanan ini tidak selalu tersedia di semua kota 

Banyak yang mengeluhkan jaringan yang lemot, dan seringkali sinyal Smartfren terputus. Apa saja penyebab dan cara mengatasinya? Ayo, lihat ke bawah!

hilang, tetapi lima alasan berikut adalah yang paling umum.

1. Sinyal buruk
Alasan paling umum mengapa sinyal Anda hilang adalah lokasi Anda berada, geng. Karena kekuatan sinyal berbeda untuk setiap provider.

Meskipun Smartfren memiliki jaringan yang cukup luas, namun jaringan Smarfren tidak seluas provider besar lainnya seperti Telkomsel, KSL atau Indosat.

Tidak semua wilayah memiliki jangkauan jaringan Smartfren yang baik. Anda bisa mencoba pindah ke lokasi lain untuk mencari sinyal Smartfren yang lebih stabil.

2. Lampu mati
Ternyata mati lampu juga mempengaruhi kekuatan sinyal lho. Saat lampu padam, tower atau provider BTS juga akan padam.

Akibatnya, ponsel Anda tidak dapat mengambil sinyal dari menara BTS terdekat dan Anda harus mencari koneksi ke menara BTS lain yang tidak terpengaruh oleh pemadaman.

Selain sinyal Smartfren hilang, mematikan lampu juga bisa membuat baterai Anda semakin boros karena ponsel Anda akan bekerja keras untuk mencari sinyal.

3. Cuaca buruk
Cuaca buruk juga bisa membuat sinyalmu ilang, lho. Apalagi jika hujan deras diikuti petir yang dahsyat.

Seperti yang kita ketahui, lalu lintas jaringan seluler terjadi pada gelombang radio. Arah sinyal akan menyebar ke segala arah akibat hujan dan angin.

Sejumlah besar air dapat memblokir gelombang radio pada frekuensi yang digunakan oleh jaringan. Angin juga dapat menggerakkan kabel transmisi atau antena di BTS.

4. HP rusak atau tidak support 4G
Kalau dulu kita bicara penyebab eksternal, sekarang saatnya bicara penyebab internal, geng. Sebelum menggunakan Smartfren, pastikan ponsel Anda mendukung 4G.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan bahwa ponsel Anda sudah disetel ke 4G. Penyebab internal lainnya mungkin karena ponsel Anda rusak.

Handphone yang sering kehujanan atau tersiram air akan cepat rusak. Apalagi jika air masuk ke slot SIM card sehingga menimbulkan karat.

Cara mengatasi sinyal smartphone yang hilang

Setelah mengetahui penyebab sinyal Smartfren hilang, Jaka akan menjelaskan beberapa cara mengatasi sinyal 4G GSM Smartfren yang hilang.

Sesuaikan solusi berikut dengan alasan yang kamu rasakan agar tidak berlebihan dan lebih hemat, geng. Lihat saja, ayo!

1. Kunci jaringan HP
Secara default, ponsel Anda akan secara otomatis mengubah jaringan HP sesuai dengan jaringan mana yang paling mudah dijangkau.

Nah, kalau misalnya sinyal Smartfren GSM 4G kamu hilang, lebih baik lock saja jaringannya, geng. Hal ini membuat ponsel Anda lebih fokus mencari hanya 1 jaringan dan sinyal akan kembali lagi.

Ini cukup mudah, sungguh! Berikut langkah-langkahnya:

• Langkah 1: Buka menu dial atau USSD di ponsel Anda menggunakan provider Smartfren.

• Langkah 2: Ketik kode *#*#4636#*#* pada dial pad. Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman baru

• Langkah 3: Pilih slot SIM card yang digunakan oleh Smartfren jika ponsel Anda memiliki lebih dari 1 slot SIM.

• Langkah 4: Ubah jenis jaringan menjadi LTE Only, lalu tunggu beberapa saat. Periksa dBM yang merupakan indikator sinyal. Semakin besar, semakin baik jaringan Anda.

Jika Anda masih tidak bisa melakukan cara ini, lakukan secara manual dengan menyiapkan 4G saja. Anda dapat membaca seluruh metode dalam artikel di bawah ini:

2. Perangkat Smartfren / SIM
Cara mengatasi sinyal Smartfren yang hilang selanjutnya adalah melalui Smartfren/SIM Toolkit. Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu membuka pengaturan kartu SIM di ponsel Anda.

Langkah 1: Buka ponsel Anda, lalu cari SIM Toolkit / Smartfren Toolkit di menu. Saat Anda masuk, pilih opsi Roaming.

Langkah 2: Pilih Smartfren+. Anda akan diminta untuk me-restart ponsel Anda. Pilih Oke.

Langkah 3: Setelah ponsel restart, masuk kembali ke menu SIM Toolkit lalu pilih opsi Roaming.

Langkah 4: Pilih Smartfren, lalu pilih OK ketika Anda diminta untuk me-restart ponsel Anda.




Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Sinyal Smartfren yang Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel