Cara Mengatasi Sinyal 4G Lemot

Setiap pengguna smartphone pasti pernah mengalami jaringan seluler yang lambat. Untungnya, ada cara untuk mengatasi jaringan 4G yang lambat, sehingga internet menjadi lebih cepat.
Pengalaman internet lambat saat bermain game atau streaming sangat tidak nyaman. Pada dasarnya gangguan internet ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, tidak hanya dari operatornya saja.

Secara umum, ada tiga faktor utama yang mempengaruhi kualitas pengalaman layanan data. Menurut blog Telkomsel, faktor-faktor tersebut antara lain operator, pihak ketiga, dan pengguna.

Cara mengatasi jaringan 4G yang lemot
Saat Anda mengalami masalah dengan koneksi data dan menghubungi dukungan pelanggan, Anda harus terlebih dahulu memeriksa untuk melihat apakah Anda dapat menyelesaikan masalah ini sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengidentifikasi masalah sendiri dan menyelesaikan koneksi di rumah:

Penyebab dan cara mengatasi internet 4G lemot
Untuk wilayah Indonesia, internet 4G saat ini menjadi yang terbaik dan paling banyak penggunanya. Sementara, negara maju memiliki koneksi 5G. Maka tidak salah jika saat ini banyak sekali smartphone 5G yang beredar di pasaran.

Meskipun semua pengecer ponsel cerdas serta penyedia seluler menawarkan internet cepat, terkadang dalam kenyataannya beberapa masih lambat.

Penyebab internet 4G lambat
Sejauh ini, Anda mungkin pernah menemukan panggilan untuk menggunakan paket 4G, bukan?

Nah, hal ini terjadi karena mereka berani mengklaim bahwa internet 4G memiliki akses yang jauh lebih stabil dan juga lebih cepat dari internet lainnya.Sehingga, dengan penawaran tersebut, akhirnya banyak yang tergiur dan memilih menggunakan 4G. Meskipun saat penggunaannya kadang-kadang terbukti lemot juga.

Kasus ini kemudian membuat banyak orang menelusuri alasan mengapa internet 4G yang digadang-gadang sebagai internet terbaik malah lemot, kemudian mereka mencari cara untuk mengatasinya.

Ada beberapa alasan mengapa internet 4G lemot. Seperti adanya sistem yang bermasalah. Adapun untuk kasus yang satu ini, data LTE pada ponsel kamu tetap terlihat aman.

Nah, dengan tawaran ini, banyak yang akhirnya tergiur dan memutuskan untuk menggunakan 4G. Meskipun saat digunakan, terkadang terbukti lambat.

Kasus ini kemudian memaksa banyak orang untuk menyelidiki penyebab mengapa internet 4G yang digadang-gadang sebagai internet terbaik ternyata lemot, lalu mencari cara untuk mengatasinya.

Ada beberapa alasan mengapa internet 4G lambat. Seolah-olah ada masalah sistemik. Adapun kasus yang satu ini, data LTE di ponsel Anda masih terlihat aman.

Ini menunjukkan bahwa ponsel cerdas Anda bermasalah, yang memengaruhi jaringan 4G-nya. Selain itu, itu bisa menjadi sinyal yang buruk. Kemungkinan lain adalah operator yang bermasalah dan sebagainya.

Tips mengatasi internet 4G lemot
Setelah Anda mengetahui mengapa internet 4G di ponsel Anda lambat, langkah selanjutnya adalah mencari solusi.

Cara mengatasi internet 4G lemot tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang sering mengalaminya. Meski sudah jelas, semua provider menjanjikan akses internet cepat saat menggunakan 4G.

Cari lokasi dengan banyak jaringan
Cara mengatasi internet 4G lemot adalah dengan mencari lokasi dengan banyak jaringan.

Namun, Anda mungkin tahu bahwa suatu tempat memiliki pengaruh besar pada internet di ponsel Anda. Jadi jangan heran, jika hanya satu inci, akses internet mungkin berbeda.

1. Perhatikan lokasi Anda
Pastikan lokasi Anda aman untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan atau basement berdinding tebal. Jika ada gedung baru di sekitar yang menghalangi ponsel cerdas Anda menangkap sinyal, Anda dapat mencoba pindah ke lokasi lain.

2. Refresh sinyal agar layanan data aktif kembali
Jika status bar Anda penuh tetapi tidak ada pertukaran data, yang dapat Anda lakukan adalah mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik sebelum mematikannya kembali. Anda juga dapat me-restart smartphone Anda untuk mengatasi delay atau keterlambatan sinyal.

3. Tutup aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan
Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang lupa ditutup dan masih berjalan di latar belakang. Pastikan semua aplikasi yang tidak digunakan benar-benar tertutup.

4. Periksa aplikasi dan situs web yang Anda gunakan
Jika masalah koneksi internet hanya terjadi saat Anda mengakses salah satu aplikasi atau situs web, coba buka aplikasi atau situs web lain untuk perbandingan

5. Pastikan kualitas smartphone memadai
Periksa usia smartphone yang Anda gunakan. Rata-rata smartphone masih layak pakai hingga lima tahun dari tahun produksi. Sebaiknya ganti smartphone dengan yang tahun produksinya lebih baru.

6. Periksa kondisi SIM card
Jika usia SIM card sudah lebih dari tiga tahun atau bagian chip-nya sudah memiliki banyak goresan, ada baiknya untuk mengganti kartu tersebut dengan yang baru. SIM card baru akan membuat kualitas penangkap sinyal di smartphone Anda berfungsi optimal seperti semula.

7. Pastikan kuota data masih tersedia
Nah, yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Anda harus cek dulu apakah kuota data di smartphone masih tersedia atau tidak sebelum mengambil langkah lebih jauh lagi. 

1 Komentar untuk "Cara Mengatasi Sinyal 4G Lemot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel