Cara mengatasi *#*#4636*#*# Tidak bisa

Mengatasi Kode *#*#4636#*#* yang Tidak Muncul



4G menjadi standar baru bagi smartphone masa kini, baik Android maupun HP iPhone terbaru. Meski begitu, memang koneksi ini masih belum bisa dinikmati oleh seluruh pelosok wilayah di Indonesia.

Terkadang, koneksi 4G yang suka berganti-ganti menjadi 3G menyulitkan kamu untuk berselancar di jagat maya, juga media sosial. Jika kamu pernah mengalaminya, pasti ingin mengganti koneksinya menjadi 4G only.

Menggunakan kode *#*#4636#*#* adalah salah satu caranya. Tapi bagaimana kalau kode ##4636## tidak muncul?

Nah, kamu bisa mencoba beberapa cara yang sudah Jaka siapkan di bawah ini. Cekidot!

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi Tanpa Aplikasi

Apabila jadi tidak berfungsi, kode *#*#4636#*#* Oppo, realme, Samsung, dan HP Android terbaru lainnya biasanya digunakan untuk mengganti koneksi internet jadi 4G.


Nah, kalau kamu mengalami kode *#*#4636#*#* tidak bisa digunakan, maka kamu bisa mencoba cara tanpa aplikasi berikut ini:

Cara 1
*#*#4636#*#* adalah kode rahasia yang digunakan di sebagian smartphone Android untuk mengganti koneksi ke 4G. Namun sebenarnya ada kode rahasia lainnya yang bisa digunakan khusus untuk mengaktifkan 4G di Android saja.

Kamu bisa mencoba cara di bawah ini:

Langkah 1 - Buka Aplikasi Phone
Buka aplikasi Phone di smartphone kamu, yang biasa digunakan untuk menelepon atau mengetik kode.
Langkah 2 - Ketik Kode Rahasia

Kemudian, ketik **kode rahasia #673644#* di telepon. Jika tidak otomatis mengarah ke menu selanjutnya, kamu bisa klik tombol call.

Langkah 3 - Pilih Enable 4G
Setelah itu akan muncul dua pilihan, untuk Enable atau Disable 4G. Pilih Enable 4G untuk mengaktifkan 4G dan selesai!
Akan tetapi, saat Jaka coba di HP Huawei terbaru, kode ini juga tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan.

Setelah Jaka coba, muncul notifikasi seperti di atas ini. Jadi kode ini tidak selalu bekerja di semua smartphone Android ya, geng.

Cara 2
Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode *#*#4636#*#* Android yang tidak berfungsi adalah menggunakan kode rahasia lain, yaitu *#800#.

Khusus untuk cara ini umumnya bekerja bagi sebagian besar HP realme. Jika HP realme terbaru kamu mengalami masalah ini, langsung aja dicoba cara ini yuk.

Langkah 1 - Buka Aplikasi Phone

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Phone untuk memasukkan kode rahasia tersebut ke dial pad.

Langkah 2 - Ketik Kode Rahasia

Kenapa 4636 Tidak Berfungsi 6b802
Kemudian, ketik *#800# di dial pad smarpthone realme kamu. Tunggu sampai secara otomatis muncul menu dalam Developer Mode yang bisa kamu akses.

Langkah 3 - Pilih Network Selecting

Setelah masuk ke Developer Mode, kamu akan dihadapkan oleh pilihan menu. Geser menunya sampai menemukan kategori Telephone dan scroll ke bawah sampai menemukan menu Network Selecting lalu klik menu tersebut.

Langkah 4 - Pilih SIM 1 atau 2
Selanjutnya, kamu harus memilih jaringan yang akan diubah ke 4G. Pilih salah satu jaringan SIM 1 atau SIM 2.

Langkah 5 - Pilih Preferred Network Type

Terakhir, akan ada pilihan set preferred network type yang akan digunakan. Pilih LTE only, maka secara otomatis akan mengubah jaringan menjadi koneksi 4G.
Saat mencoba cara ini, Jaka menggunakan realme 5 Pro namun ternyata cara ini tidak bekerja di smartphone tersebut.

Meskipun tetap muncul Developer Mode, namun tidak bisa digunakan seperti langkah-langkah di atas. Oleh karena itu, Jaka simpulkan tidak semua HP realme mendukung kode rahasia tersebut.

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Berfungsi dengan Aplikasi

Berikutnya, kamu bisa mengatasi kode *#*#4636#*#* tidak berfungsi di realme dan HP Android lainnya menggunakan aplikasi. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh dengan gratis di Play Store.

Nah, bagaimana cara mengatasi kode *#*#4636#*#* Android yang tidak berfungsi dengan aplikasi? Kamu bisa simak langkah selengkapnya berikut ini:

1. Pakai Aplikasi 4G LTE Switcher

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi 4G LTE Switcher. Aplikasi ini membantu kamu untuk mengubah atau memindahkan jaringan dari 3G ke 4G dengan mudah. Berikut cara-caranya:

Langkah 1 - Buka Aplikasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi 4G LTE Switcher. Jika kamu belum punya, kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau klik di sini.

Langkah 2 - Pilih LTE Only

Setelah membuka aplikasi, kamu akan langsung masuk ke informasi telepon untuk memilih koneksi 4G atau LTE only.

Namun, sayangnya saat Jaka mencoba di smartphone dengan Android 10, justru tidak bisa terbuka karena tidak kompatibel dan lebih bisa digunakan pada smartphone dengan Android versi lawas.

2. Pakai Aplikasi MTK Engineering

Aplikasi kedua yang bisa digunakan bernama MTK Engineering. Aplikasi ini berfungsi untuk masuk ke dalam Developer Mode atau menggunakan pengaturan Android tersembunyi dalam ponsel kamu.

Ini dia cara mengatasi kode *#*#4636#*#* Android yang tidak berfungsi dengan aplikasi MTK Engineering:

Langkah 1 - Buka Aplikasi

Pertama-tama, bukalah aplikasi MTK Engineering terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasinya, dan jika belum kamu bisa download MTK Engineering di sini.

Langkah 2 - Klik Android Settings

Selanjutnya kamu bisa klik menu Android Settings yang ada di bagian atas. Dari menu ini kamu akan dialihkan untuk mengetik kode *#*#4636#*#* tersebut kembali.

Akan tetapi setelah Jaka coba menggunakan HP dengan sistem operasi Android 10, ternyata versi yang diunduh hanya mendukung Android versi lawas. Jadi aplikasi ini hanya bisa digunakan di Android versi lawas saja.

Cara Menggunakan Kode *#*#4636#*#* di Xiaomi

Ternyata, geng, setelah Jaka coba menggunakan beberapa merek smartphone lainnya, kode ##4636## berfungsi di HP Xiaomi saja.

Jika kamu pengguna HP Xiaomi terbaru dan ingin mengubah koneksi jaringan kamu menjadi 4G, kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1 - Buka Aplikasi Phone

Untuk langkah pertama, terlebih dahulu buka aplikasi Phone di HP Xiaomi kamu. Kemudian kamu tekan kode *#*#4636#*#* di dial pad.
Langkah 2 - Pilih Phone Information

Kemudian, akan muncul menu secara otomatis setelah kamu mengetik kode tersebut. Dari menu halaman testing tersebut, pilih opsi Phone Information1 atau Phone Information2 sesuai dengan kartu SIM yang ingin kamu ubah jaringannya.

Langkah 3 - Ganti Preferred Network Type

Langkah terakhir, di bagian Set Preferred Network Type, pilih opsi LTE Only untuk mengubah koneksimu menjadi 4G. Selesai! Sekarang ponsel kamu sudah menggunakan jaringan khusus 4G LTE.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengatasi kode *#*#4636#*#* tidak berfungsi di realme, Oppo, vivo, Xiaomi dan Android lainnya. cara tersebut kamu bisa menikmati koneksi 4G di ponsel kamu.

Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi *#*#4636*#*# Tidak bisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel