Berikut Informasi dan Pengertian 5G!



Terungkap Telkomsel telah melakukan uji perlu (ULO) untuk teknologi telekomunikasi 5G, khususnya di Jakarta.


Tahap pengujian dilakukan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Smartftren Telecom Tbk. (FREN) resmi memenangkan kompetisi pita frekuensi 2,3 GHz.

Telkomsel dan Smartfren memiliki tambahan frekuensi 20 MHz dan 10 MHz. Alhasil, pada spektrum 2,3 GHz, Telkomsel akan beroperasi di pita Smartfren 50MHz dan 40MHz.

Uji coba tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Rencananya Telkomsel menyediakan jaringan 5G awalnya di beberapa lokasi di kawasan DCI di Jakarta.

“Jalankan [5G] di Jakarta di 6 lokasi perumahan yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Vidia Chandra dan Alam Sutera,” kata Johnny kepada Bisnis.com, Rabu (19 Mei 2021). .

Selain Jakarta, lanjutnya, akan ada kota lain di Batam, Medan, Sol, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balikpapan. Di bawah ini adalah daftar kota dan area prioritas lainnya.

Jadi apa sebenarnya teknologi 5G itu? Menurut Cisco.com, 5G adalah generasi kelima dari teknologi seluler. Ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi kemacetan dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel.

Konektivitas 5G juga akan membuat mobilitas lebih mudah, dengan loop terbuka antara ponsel dan Wi-Fi. Pengguna seluler dapat dihubungi dengan beralih antara jaringan nirkabel eksternal dan internal tanpa gangguan atau gangguan. kebutuhan untuk mengautentikasi ulang pengguna.

Bagaimana cara menggunakan teknologi 5G?
Teknologi jaringan 5G adalah salah satu bukti inovasi yang berkelanjutan. Tanpa merasa frustasi dan lelah, teknologi komunikasi terus berkembang. Akhirnya, jaringan 5G terungkap. Sementara teknologi 4G masih memadai untuk saat ini, kemajuan teknologi yang pesat telah menghentikan segalanya.

Teknologi 5G akan mendorong kemajuan melalui infrastruktur jaringan. Radio 5G baru, standar internasional untuk komunikasi overhead 5G yang lebih mumpuni, akan mencakup spektrum radio melalui 4G.

Antena baru akan mencakup teknologi yang disebut MIMO skala besar (multi-pengguna, multi-fungsi), yang memungkinkan beberapa pemancar dan penerima mengirimkan lebih banyak informasi secara bersamaan.

Ini dirancang untuk mendukung jaringan nirkabel untuk menggabungkan teknologi nirkabel berlisensi dan tidak berlisensi. Ini akan meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk pengguna.

Apa manfaat teknologi 5G bagi pengguna?
Teknologi 5G tidak hanya mengantarkan era baru konektivitas dan kecepatan yang lebih baik, tetapi juga jaringan baru bagi pengguna. Dalam perawatan kesehatan, teknologi 5G dan konektivitas Wi-Fi 6 akan memungkinkan pasien untuk dipantau melalui perangkat jaringan yang terus memberikan informasi tentang sistem informasi kesehatan utama, seperti detak jantung. dan gumpalan darah.

Di industri otomotif, 5G bersama dengan algoritme berbasis ML akan memberikan informasi tentang lalu lintas, gangguan, dan lainnya; mobil akan dapat berbagi informasi dengan kendaraan dan organisasi lain di jalan, seperti lampu lalu lintas. Namun, ini hanyalah dua aplikasi komersial teknologi 5G yang dapat memberi pengguna pengalaman yang lebih baik dan lebih aman.

Berikut manfaat teknologi 5G bagi pengguna internet, menurut Twitter Indonesia Baik (@IndonesiaBaik):
1. Dapatkan Internet cepat
2. 10 kali lebih efisien daripada jaringan 4G
3. Bagikan film dan video tanpa penundaan dan kualitas tinggi
4. Olahraga sambil mengurangi penundaan
5. Akses dan kapasitas data besar
6. Kualitas ponsel lebih menyenangkan dan jernih
7. Hubungkan ke perangkat IoT yang berbeda
8. VR dan AR
9. Kecepatan unduhan tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Berikut Informasi dan Pengertian 5G!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel