5G? Nih Informasi & Pengertian Seputar 5G

Ternyata Telkomsel melakukan uji kesesuaian operasional (ULO) untuk teknologi jaringan 5G, khususnya di Jakarta.

Langkah uji coba dilakukan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendeklarasikan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Smartftren Telecom Tbk. (FREN) resmi memenangkan lelang pita frekuensi 2,3 GHz.

Telkomsel dan Smartfren mendapatkan tambahan spektrum frekuensi masing-masing sebesar 20 MHz dan 10 MHz. Alhasil, di pita frekuensi radio 2,3 GHz, Telkomsel akan beroperasi di pita Smartfren 50MHz dan 40MHz.

Sidang tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. mengupas. Rencananya, Telkomsel akan menyediakan jaringan 5G pada tahap awal di sejumlah lokasi di kawasan DCI Jakarta.

"Jalankan [5G] di Jakarta di 6 lokasi perumahan yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Vidia Chandra dan Alam Sutera," kata Johnny kepada Bisnis.com, Rabu (19 Mei 2021).

Selain Jakarta, lanjutnya, kota-kota lain akan digelar di Batam, Medan, Sol, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Berikut adalah daftar kota dan lokasi prioritas lainnya.

Jadi apa sebenarnya teknologi 5G itu? Menurut Cisco.com, 5G adalah generasi kelima dari teknologi seluler. Ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel.

Jaringan 5G juga akan menyederhanakan mobilitas, dengan roaming terbuka yang mulus antara akses seluler dan Wi-Fi. Pengguna seluler dapat tetap terhubung saat beralih antara koneksi nirkabel eksternal dan jaringan nirkabel internal tanpa campur tangan pengguna atau kebutuhan untuk mengautentikasi ulang pengguna.

Bagaimana cara kerja teknologi 5G?

Teknologi jaringan 5G adalah salah satu bukti dari inovasi yang berkelanjutan. Tanpa rasa bosan dan lelah, teknologi telekomunikasi terus berkembang. Akhirnya muncul jaringan 5G. Meski teknologi 4G masih memadai untuk saat ini, kemajuan teknologi yang pesat telah menghentikan segalanya.

Teknologi 5G akan memperkenalkan kemajuan melalui arsitektur jaringan. Radio 5G baru, standar global untuk antarmuka udara nirkabel 5G yang lebih mumpuni, akan mencakup spektrum yang tidak digunakan dalam 4G.

Antena baru akan mencakup teknologi yang dikenal sebagai MIMO masif (multiple input, multiple output), yang memungkinkan beberapa pemancar dan penerima mengirimkan lebih banyak data pada saat yang bersamaan. Namun, teknologi 5G tidak terbatas pada spektrum radio baru.

Ini dirancang untuk mendukung jaringan heterogen konvergen yang menggabungkan teknologi nirkabel berlisensi dan tidak berlisensi. Ini akan meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk pengguna.

Apa manfaat teknologi 5G bagi pengguna?

Teknologi 5G tidak hanya mengantarkan era baru peningkatan kinerja dan kecepatan jaringan, tetapi juga pengalaman terhubung baru bagi pengguna. Dalam perawatan kesehatan, teknologi 5G dan konektivitas Wi-Fi 6 akan memungkinkan pemantauan pasien melalui perangkat terhubung yang terus mengirimkan data pada indikator kesehatan utama, seperti detak jantung dan tekanan darah.

Di industri otomotif, 5G yang dikombinasikan dengan algoritme berbasis ML akan memberikan informasi tentang lalu lintas, kecelakaan, dan lainnya; kendaraan akan dapat berbagi informasi dengan kendaraan dan entitas lain di jalan raya, seperti lampu lalu lintas. Namun, ini hanyalah dua aplikasi industri teknologi 5G yang dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih aman kepada pengguna.

Berikut manfaat teknologi 5G bagi pengguna internet, menurut Twitter Indonesia Baik (@ IndonesiaBaik):
1. Kemampuan Internet kecepatan tinggi
2. 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G
3. Streaming film dan video tanpa penundaan dan kualitas tinggi
4. Game cloud dengan penundaan yang lebih sedikit
5. Ketersediaan dan kapasitas data besar
6. Kualitas panggilan video lebih lancar dan jernih
7. Hubungkan ke perangkat IoT yang berbeda
8. Realitas Virtual (VR) dan Realitas Tertambah (AR)
9. Kecepatan unduhan tinggi.

Belum ada Komentar untuk "5G? Nih Informasi & Pengertian Seputar 5G"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel