5 Nama Kota yang Berasal dari Asal Usul Namanya Berasal dari Legenda Rakyat

5 Nama Kota yang Berasal dari Asal Usul Namanya Berasal dari  Legenda Rakyat



Indonesia memiliki beragam kota yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap kota memiliki cerita rakyat yang sudah lama diyakini oleh masyarakat setempat sebelum resmi menjadi Indonesia. Begitu juga nama kota juga dipengaruhi dengan faktor dari cerita rakyat. Apa saja kota yang asal usulnya berasal dari legenda tersebut. Berikut diringkas menjadi     kota yang asal usul namanya berasal dari legenda rakyat. Yuk cek.

1. Kota Surabaya

Kota Surabaya merupakan kota ramai dan metropolis yang berada di Pulau Jawa Timur. Surabaya memiliki sejarah yang sangat terkenal yang dikenal oleh arek-arek Suroboyo. Apa itu? Yap nama Surabaya berasal dari bahasa Jawa yaitu Suro dan Boyo. Surabaya merupakan salah satu kota yang asal usul namanya berasal dari cerita rakyat asal Jawa yang berjenis fabel, yang dikisahkan mengenai seorang Suro dan Boyo yang menjadi ikon Surabaya dalam mempromosikan kota ini.

2. Kabupaten Banyuwangi

Selain di Surabaya, Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Timur yang berdekatan dengan Bali. Asal usul namanya berasal dari waktu kerajaan di masa pemerintahan Prabu Sulahkromo. Dikisahkan Prabu tersebut memiliki Patih(jabatan yang sekarang setara dengan Gubernur) yang setia, tampan dan gagah berani. Patih memiliki istri yang pesonanya yang mampu prabu tertarik kepadanya. Beberapa cerita rakyat ini ada yang mengatakan bahwa pernikahan Patih ini ditentang oleh ibu dari Patih karena statusnya yang berbeda, dimana saat itu, orang dipandang melalui status. Tetapi intinya, istri prabu mati mengenaskan di tangan sang suami akibat tuduhan yang tidak benar dan sebelum mati, sang istri memesan yaitu "jika mati, maka jasadnya diceburkan di sungai. Jika air sungai itu mengenai darahnya dan berbau busuk maka tuduhan itu benar, sebaliknya jika sungai tersebut menjadi harum maka sang istri tidak bersalah". Akhirnya air sungai itu berbau harum, sehingga dikenal dengan Banyuwangi yang berasal dari perkataan sang Patih setelah mencium air sungai tersebut yaitu banyu wangi... Banyu wangi. Sehingga dikenal.hingga sekarang.

3. Kabupaten Rembang

Kabupaten Rembang terletak di bagian ujung timur laut provinsi Jawa Tengah. Sama halnya seperti Surabaya dan Banyuwangi yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah memiliki Kabupaten Rembang yang juga merupakan asal usul nama kabupaten berasal dari cerita rakyat yang terkenal. Nama Rembang berasal dari kata ngrembang, yang muncul pada tahun Saka 1336 atau 1447 Masehi.

Selain itu, asal usul namanya dipercaya dari manuskrip kuno yang ditulis oleh Mbah Guru.Dikisahkan pada tahun Saka 1336 atau 1447 Masehi, ada delapan keluarga dari Campa Banjarmlati yang diketahui pandai membuat gula tebu. Namun, suatu hari, keluarga tersebut memutuskan untuk berpindah tempat dan berangkat mengarungi lautan menuju ke arah barat, dengan dipimpin oleh kakek Pow Ie Din.

Keluarga tersebut akhirnya mendarat di sebuah sungai yang kanan-kirinya dipenuhi dengan pohon bakau. Setelah mendarat dan turun, mereka melihat pohon bakau yang tumbuh tidak beraturan, mereka kemudian menebangnya sampai habis, hingga membentuk sebuah tanah lapang. Setelah habis dan menjadi tanah lapang, keluarga tersebut segera membangun perkampungan yang kemudian diberi nama Kabongan.Nama Kabongan diambil dari sebutan pohon bakau yang mereka tebang. 

Lalu bagaimana nama Rembang? Nama Rembang diambil dari kegiatan Warga Kabongan yaitu melakukan pemangkasan tebu yang dilakukan di fajar menyingsing pada bulan Waisaka. Sebelum melakukan, diadakan upacara suci,sembahyang, dan semedi, yang dilakukan pada hari Rabu Legi, Minggu Kasadha, Bulan Waisaka, Tahun Saka 1337. Kemudian ngrembang atau memangkas dua pohon tebu sebagai "tebu pengantin".

Ritual ini disebut Ngrembang Sakawit, sehingga dipakai menjadi nama Kabupaten.

4. Kota Jakarta

Kota Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga sekarang. Jakarta juga memiliki dua cerita rakyat yang legenda. Walaupun nama Jakarta berasal dari Jayakarta yang mungkin tidak ada hubungannya dengan cerita rakyat,namun Jakarta memiliki ikon yang terkenal, yaitu Patung Pancoran yang memiliki unsur cerita rakyat asal Betawi. Selain itu juga mempunyai kampung yang terkenal yaitu Kampung Condet yang dikenal akan Legenda Kampung Condet.

5. Kota Balikpapan

Kota Balikpapan terletak di Pulai Kalimantan dan provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan memiliki dua versi cerita rakyat yang memengaruhi asal usul namanya. Balikpapan berasal dari bahasa Kutai yang artinya "Baliklah papan itu". Asal usul nama Balikpapan memiliki dua versi yang dimana versi pertama dikutip dari Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 sedangkan versi kedua dikutip dari Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan

Nah disini yang sudah dijelaskan memgenai 5 nama kota yang asal usul namanya  berasal dari cerita rakyat yang terkenal dan dipakai hingga sekarang. Sehingga dengan ini dapat mengetahui cerita rakyat yang dikenal dan dengan ini dapat mengenal kebudayaan yang ada di daerah masing-masing.

Belum ada Komentar untuk "5 Nama Kota yang Berasal dari Asal Usul Namanya Berasal dari Legenda Rakyat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel