10 Kota Tertua yang Sebelum Indonesia diresmikan menjadi NKRI

10 Kota Tertua yang Sebelum Indonesia diresmikan menjadi NKRI

Sebelum NKRI menjadi negara kesatuan, beberapa kota di Nusantara sudah berdiri sejak lama yang pada masa kejayaan kerajaan masing-masing diwilayahnya. Adapun yang disini adalah 10 Kota Tertua yang akan dibahas melalui tahun penderiaannya.

1. Kota Palembang
Kota Palembang merupakan kota pertama yang paling tua berdirinya sebelum nama Indonesia diresmikan,dan dikenal sebagai Nusantara. Palembang berada di pulau Sumatera dan provinsi  Sumatera Selatan dan merupakan ibu kota provinsi. Palembang berdiri pada tahun 682 dibawah pemerintahan Kerajaan Sriwijaya, dibuktikan dengan Prasasti Kedukan Bukit yang menjelaskan pendirian Palembang.

2. Kota Salatiga

Salatiga merupakan kota kecil dari provinsi Jawa Tengah yang letaknya berada di kawasan pegunungan dan dekat dengan Gunung Merbabu ini menjadi kedua setelah Palembang yang merupakan kota tua. Salatiga berdiri pada tahun 750 yang dapat dibuktikan dari penulisan Prasasti Plumpungan.

Meskipun kota kecil, tetapi Salatiga sempat diklaim sebagai salah satu kota yang terendah.

3. Kabupaten Malang

Ketiga Kota Tertua dari Palembang dan Salatiga adalah Malang. Malang menempati urutan ketiga karena berdiri pada tahun 760. Malang merupakan kota metropolitan kedua setelah Surabaya yang berada di provinsi Jawa Timur.

Malang selain dikenal sebagai kota tua, juga dikenal sebagai kota wisata, pendidikan.

4. Kota Kediri
Kota Kediri telah mencapai urutan ke empat di Indonesia dan urutan kedua setelah Malang di Jawa Timur. Kediri dikenal sebagai kota industri dan perdagangan rokok dan gula. Mengapa dikenal sebagai perdagangan rokok? Karena disitu ada salah satu pabrik rokok yang tertua di Indonesia.

Kediri berdiri pada tahun 879 berada di bawah kerajaan yang berkuasa di pulau Jawa. Selain itu, Kediri merupakan salah satu Kerajaan yang pernah berkuasa di Indonesia, yaitu Kerajaan Kediri. Kediri juga pernah menjadi bagian dari Kerajaan Singasari setelah kalah dari Ken Arok, raja pertama kerajaan Singasari. Dan menjadi  kota hingga sekarang.

5. Kota Magelang
Kota Magelang merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah dan menempati posisi kelima dan posisi kedua setelah Salatiga.

Kota Magelang sangat dikenal dengan keberadaan Candi Borobudur yang pernah menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia dan salah satu Candi terbesar Buddha.

6. Kota Aceh
Kota Aceh dulunya memiliki nama Banda Aceh dan menjadi kota tertua keenam di Indonesia. Beda dengan kota-kota lainnya yang berada di pulau Jawa, yang dibawa pemerintah rata-rata dari Kerajaan Buddha dan Hindu, Aceh dulunya berada di bawah Kesultanan, karena di Aceh mayoritas penduduknya beragama muslim. Aceh berdiri pada tahun  1205.

7. Kota  Surabaya
Kota Surabaya memiliki banyak gelar yang dimana salah satu dari kota metropolitan, kota pendidikan, wisata dan kota tertua. Surabaya menduduki peringkat ketujuh dari seluruh Indonesia dan urutan ketiga setelah Malang dan Kediri di provinsi Jawa Timur.

Kota Surabaya merupakan kota yang terbentuk dengan sejarah yang cukup panjang. Selain itu, dikenal sebagai Kota Pahlawan karena perjuangan arek-arek Suroboyo melawan sekutu.

8. Kabupaten Probolinggo
Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang dimana memiliki banyak kota yang memiliki julukan. Dan salah satunya dimana terdapat 4 kota tertua, dan kota tertua keempat Jawa Timur adalah Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo merupakan kabupaten kecil yang terletak di tepi pantai dan menjadi jalur dari  Utara Jawa menuju Bali. Probolinggo juga dikenal sebagai tempat wisata yang bertema pantai. Berdiri pada tahun 1359.

9.  Kota Cirebon
Kota Cirebon merupakan kota yang dekat dengan perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah yang terletak di provinsi Jawa Barat. Cirebon menjadi kota tertua urutan sembilan di Indonesia.  Cirebon pada awalnya berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sunda Galuh.

10. Kota Bogor
Kedua setelah Jawa Timur, Jawa Barat juga memiliki dua kota tertua yang terkenal di Indonesia, yaitu Kota Bogor. Bogor merupakan kota tertua kedua setelah Cirebon dalam provinsi Jawa Barat dan menjadi urutan terakhir dari kota tertua di Indonesia. Sebelumnya, Bogor merupakan ibu kota dari Kerajaan Sunda dan Pajajaran. Berdiri di tahun 1482.

Sampai saat ini Bogor menjadi kota favorit pelancong untuk wisata. Tapi penasaran mengapa sekarang favorit? Dulunya Bogor merupakan kota favorit para Gubernur Belanda yang dimana memiliki hawanya yang sejuk, sehingga banyak berdirinya istana untuk tempat tinggal.

Nah disini yang sudah dijelaskan memgenai 10 kota yang tertua di Indonesia. Yang dimana diakui oleh prasasti sebagai sumber sejarah tertulis.

Belum ada Komentar untuk "10 Kota Tertua yang Sebelum Indonesia diresmikan menjadi NKRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel