10 Kota Tertua Sebelum Indonesia Diresmikan Menjadi NKRI

10 Kota Tertua yang Sebelum Indonesia diresmikan menjadi NKRI

Untuk Indonesia, 10 kota kuno Sebelum indonesia diresmikam

Sebelum Republik Indonesia menjadi negara kesatuan banyak kota di pulau itu memiliki sejarah panjang pemerintahan sendiri. Berikut adalah 10 kota kuno yang akan dijelaskan selama masa kesusahan.

1. Kota Palembang
Palembang adalah kota pertama yang diberi nama sebelum Indonesia dan dikenal oleh Nusantara. Palembang terletak di pulau Sumatera dan merupakan provinsi Sumatera, ibu kota provinsi. Palembang didirikan pada tahun 682 di bawah kerajaan sriwijaya

2. Kota Salatiga

Salatiga adalah sebuah kota kecil di provinsi Jawa Tengah, di daerah pegunungan dekat Gunung Merbabu, dekat Palebang. Saltiga didirikan pada tahun 750, yang dapat dibuktikan dari tulisan Plumungan.

Meski tergolong kota kecil, Salatiga pernah dianggap sebagai salah satu kota terendah.

3. Provinsi Malang

Tiga kota kuno tersebut adalah Palembang dan Salatiga yaitu Malang. Malang didirikan pada tahun 760 dan berada di peringkat ketiga. Malang merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya.

Selain sebagai bekas kota, Malang juga dikenal sebagai kota wisata dan pendidikan.

4. Kota Kediri
Kediri merupakan kota urutan keempat di Indonesia dan terbesar kedua di Jawa Timur setelah Malang. Dikenal sebagai Kota Industri dan Kota Bisnis Rokok dan Gula. Mengapa disebut bisnis rokok? Karena merupakan salah satu pabrik tembakau tertua di Indonesia.

Cedar didirikan pada tahun 879 oleh pemerintah yang berkuasa di pulau Jawa. Juga, Kedri adalah pemerintah yang pernah memerintah Indonesia. Ia menjadi bagian dari pemerintahan Singapura setelah kekalahan Ken Arok, raja pertama kerajaan Ding Sangasari. Dan sejauh ini telah menjadi sebuah kota.

5. Kota Magellang
Magellang adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah, menempati urutan kelima dan kedua setelah Salatiga

Kota Magelang pernah dikenal dengan candi Borobudur, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan salah satu candi Buddha terbesar di dunia.

Kota Aceh
Kota Asyur disebut Banda Aceh dan merupakan kota tertua keenam di Indonesia. Berbeda dengan kota-kota yang berkerajaan Buddha dan Hindu di pulau Jawa, Aceh juga pernah menjadi kesultanan karena mayoritas penduduk di Asia beragama Islam. Aceh didirikan pada tahun 1205.

7. kota surabaya
Kota Surabaya memiliki banyak sebutan, salah satu kota metropolitan pendidikan, pariwisata dan purbakala. Surabaya merupakan terbesar ketujuh di Indonesia dan terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Malang dan Kediri

Surabaya adalah kota dengan sejarah panjang. Juga dikenal sebagai kota pahlawan dalam Pertempuran.

Kabupaten Probolingo
Provinsi Jawa Timur merupakan kota dengan banyak julukan. Dan salah satunya adalah Probolingo, kota tertua keempat di Jawa Timur dengan 4 kota kuno.

Probolingo adalah daerah pesisir kecil dalam perjalanan dari Utara ke Bali. Probolingo juga dikenal sebagai tempat wisata pantai. Didirikan pada tahun 1359.

9. Kota Cirebon
Cirebon adalah sebuah kota di Jawa Barat, dekat perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cerebone adalah kota tertua kesembilan di Indonesia. Serebon awalnya dikuasai oleh Sunda Galuh.

Kota Bogar
Selain Jawa Timur, Jawa Barat memiliki dua kota paling terkenal di Indonesia, Bogar. Bogar adalah kota terbesar kedua di Jawa Barat, setelah Sierra Leone dan kota terkecil di Indonesia. Bogar dulunya adalah ibu kota kerajaan Sunda dan Pajajaran. Didirikan pada tahun 1482.

Selama ini Bogor menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Tapi apakah Anda ingin tahu mengapa itu sangat populer sekarang? Bogor pernah menjadi kota favorit penguasa Belanda di musim dingin, sehingga banyak istana dibangun untuk menampungnya.

Jadi di sini kita berbicara tentang 10 kota kuno di Indonesia. Dikenal sebagai sumber sejarah tertulis

Belum ada Komentar untuk "10 Kota Tertua Sebelum Indonesia Diresmikan Menjadi NKRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel