Woww! 15 Tempat Wisata terkenal di Surabaya

15 Tempat Wisata di Kota Surabaya yang Sangat Terkenal 

Di setiap kota di Indonesia memiliki tempat yang indah untuk wisata. Dan kali ini membahas Kota Surabaya, yang merupakan tempat bersejarah dan juga tempat tinggal min-min. Penasaran?? Yuk langsung bahas


1. Jembatan Suramadu



Siapa sih yang tidak pernah dengar tentang Jembatan Suramadu? Pasti tidak terasa asing kan?

Jembatan ini sebenarnya merupakan jalan tol, di mana kendaraan roda dua bisa melaluinya. Selain itu, jembatan yang memiliki panjang mencapai 5.438 meter ini disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.Dan jembatan ini menghubungkan Kota Surabaya dengan Kota Madura.


Dan Jembatan Suramadu ini memiliki ciri khas yaitu untuk di arsitektur nya yang merupakan bahannya adalah bentangancable stayed dari baja dan lengkungan tinggi di bagian tengah jembatan yang berfungsi agar kapal-kapal tetap bisa lewat di bawahnya. Saat saya melewati jembatan ini, badan jalan jembatan sangat mulus. Meskipun begitu, ada baiknya untuk berhati-hati saat berkendara karena akan ada banyak kendaraan yang berhenti di bagian tengah jembatan untuk sekadar berfoto sambil menikmati keindahan dan kemegahan jembatan ini.


(Gambar Jembatan Suramadu)


2. Surabaya North Quay

Salah satu tempat bersantai dan sambil menikmati kuliner yang paling tepat adalah Surabaya North Quay. Terletak di lantai dua dan tiga Terminal Gapura Surya Nusantara, tempat ini terbuka untuk umum dan gratis. Selain itu, gedung ini juga difungsikan sebagai dermaga kapal pesiar (cruise) internasional.


Tempat ini menarik bagi pengunjung pada saat mampir ke Surabaya North Quay adalah bentuk bangunannya yang modern. Saat masuk ke lantai dua, kamu akan menjumpai tempat berbelanja. Sementara di lantai tiga, kamu bisa menemukan kuliner khas Surabaya, seperti nasi krengseng, lontong balap Pak Gendut, rujak cingur, sego kucing kobong, dan menu lainnya dengan harga yang terjangkau.


Dan sangat disarankan untuk ke tempat ini adalah di sore hari. Karena kalian dapat melihat kapal-kapal pesiar bersandar rapi di area pelabuhan. Untuk menambah pengalaman wisatamu, coba naik ke arearooftopuntuk menikmati pemandangan matahari terbenam, serta kapal-kapal yang berlalu lalang dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Jembatan Suramadu.


(Gambar Surabaya North Quay)


3. Jembatan Kenjeran Surabaya

Jembatan ini tidak kalah terkenalnya dengan Jembatan Suramadu. Dan yang paling membuatnya terkenal adalah pesona pertunjukan air mancur menari yang mirip dengan Wonder Full di Marina Bay, Singapura, menjadi daya tarik Jembatan Kenjeran. Air mancur menari ini bergerak mengikuti alunan lagu dan kian semarak dengan tambahan cahaya warna-warni. Jika ingin ke sini, jadwal pertunjukan air mancur menari hanya digelar setiap Sabtu malam dengan durasi satu jam.


Eiits, jangan kaget loh. Sebenarnya, Jembatan Kenjeran ini merupakan jembatan yang menghubungkan Jalan Kenjeran dengan Jalan Ir. Soekarno dan Jalan Laguna. Selain air mancur menari, jembatan yang memiliki panjang 700 meter ini juga menawarkan latar pemandangan Selat Madura yang indah. Desain lengkungan menyerupai busur juga akan membuatmu betah berlama-lama menikmati pemandangan di sini.


Dan jangan lupa kalau berkunjung ke Jembatan Kenjeran, mampir ke Pantainya ya.


(Gambar Jembatan Kenjeran Surabaya)


4. Pantai Kenjeran & Pagoda Tian Ti

Pantai Kenjeran sangat tidak asing bagi pembaca. Pantai yang terletak di Surabaya Selatan memang memikat banyak wisata untuk datang berkunjung.


Yang menariknya dari Pantai Kenjeran adalah dekat dengan Pagoda  Tian Ti dan terletak di bibir Pantai Kenjeran. Wisata indoor di Surabaya ini dibuat terinspirasi dari Temple of Heaven di China. Pagoda ini memiliki tinggi 58 meter dengan diameter 60 meter. Pintu dari pagoda ini dihias dengan bulatan yang berwarna emas yang berjumlah 81 dan relief berupa naga dan burung phoenix.


Selain itu , Pagoda juga dikenal sebagai wisata yang menyerupai Negara Sakura karena keindahan bunganya yang mirip di Negara Sakura. Pagoda ini tidak digunakan untuk beribadah, dalamnya dibiarkan kosong dengan maksud agar semua orang dengan latar belakang etnis atau agama apa saja dapat menikmati pagoda ini. Di sekeliling pagoda ini ada lapangan luas yang biasa digunakan untuk olahraga dan festival seni. Eits untuk masuk ke Pagoda Tian Ti tidaklah gratis. Untuk biaya masuknya dibutuhkan Rp 100.000, cukup mahal sih, tapi dengan Rp 100.000, dapat menikmati pemandangan yang seperti sedang berada di Negara Jepang. Menarik bukan?


Selain Pagoda Tian Ti, Pantai Kenjeran juga menarik perhatian para wisatawan. Selain disuguhkan oleh keindahan pantai, Kenjeran memiliki aneka wahana yang menarik. Untuk biaya masuknya cukup membayar dengan Rp 15.000, dan juga lahan parkir, cukup Rp 8.000 untuk motor dan mobil Rp10.000.


(Gambar Pantai Kenjeran dan Pagoda Tian Ti)


5. Hutan Bambu  dan Taman Sakura Keputih

Rekomendasi tempat wisata yang ada di Surabaya kelima adalah Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih.


Di Hutan Bambu dan Taman Sakura ini, Anda dapat benar-benar merasakan berada di Hutan Sagano di Jepang. Karena di  Hutan Bambu dapat  melihat tanaman indah nan cantik, hutan bambu dan sakura bisa dijadikan pilihannya.Hutan ini terletak di Sukolilo dengan luas 8,5 hektar dengan 4 jalur penjelajahan.


Dan untuk Taman Sakura terletak di seberang Hutan Bambu dan dekat dengan Institut Teknologi 10 November. 


Untuk menikmati kedua wisata ini, Anda tidak usah mengeluarkan kocek karena tidak berbayar alias gratis. Selain gratis, di Hutan Bambu menyediakan air mancur, tugu yang dipasang jam dan taman bermain untuk anak anak .Jadi, bisa dibuat wisata keluarga dan foto sepuasnya untuk memamerkan ke dunia sosmed , jika ingin ke Jepang tetapi karena kendala biaya. Meskipun gratis, pengunjung tidak diperbolehkan memetiknya.  Jam operasional dari 6 pagi sampai 6 sore. Cukup lama untuk berfoto ria.


(Gambar Hutan Bambu dan Taman Sakura)


6. Tugu Pahlawan & Museum 10 November

Tugu Pahlawan adalah salah satu simbolis yang dimiliki oleh pejuang di Surabaya. Terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya.


Tugu Pahlawan ini sangat cocok sebagai destinasi wisata yang edukatif, karena di dalamnya banyak tentang dokumentasi dan benda peninggalan perang Surabaya melawan sekutu.


Tidak jauh dari Tugu Pahlawan, dan masih terkaitnya dengan Tugu Pahlawan, terdapat Museum 10 November. Seperti nama pada museum, ini menceritakan tentang peristiwa 10 November yang terjadi di Surabaya. Dalam museum terdapat foto dan lukisan dari zaman perang. Terdapat juga dokumentasi berupa film yang diambil pada zaman perang melawan tentara sekutu hingga terjadinya perang Surabaya dengan Sekutu di 10 November.


Untuk biaya masuknya kedua tempat bersejarah adalah sebagai berikut, untuk Taman Pahlawan tidak perlu mengeluarkan apa-apa karena tempat tersebut gratis, sedangkan untuk masuk ke museum dibutuhkan Rp 5000 untuk bisa masuk dan belajar sejarah.


(Gambar Tugu Pahlawan & Museum 10 November)


7. Mangrove Wonorejo Rungkut

Siapa yang bilang daerah Wonorejo Rungkut tidak memiliki tempat wisata. Eits salah sekali, justru Wonorejo Rungkut memiliki wisata yang terkenal dengan daerah hijau yang segar. Yaps namanya Ekowisata Mangrove. Ekowisata Mangrove terdapat banyak hutan bakau lebat dengan banyak satwa. Kini, jalanan setapak kayu dibangun melintasi lebatnya hutan bakau ini. Di destinasi wisata Surabaya yang populer ini, terdapat juga papan informasi yang menjabarkan aneka burung dan satwa yang hidup di sana


Di Mangrove cukup sejuk dan bisa menyusuri hutan mangrove di atas kayu. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat spot dan spot hunting foto dan wisata keluarga.


Untuk biaya masuknya ke Ekowisata Mangrove ini cukup merogoh kocek sebesar Rp 25.000, dan bisa menikmati sepuasnya keindahan alamnya di Mangrove Wonorejo Rungkut.


(Gambar Mangrove Wonorejo Rungkut)


8. Carnaval Park Surabaya

Sam halnya di Malang, Surabaya memiliki wahana bermain yang seru di Carnaval Park Surabaya atau dikenal dengan SNC(Surabaya Night Carnaval)


SNC dilengkapi dengan fasilitas wahana permainan yang lengkap dan menantang, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata keluarga. Selain itu SNC juga menyediakan banyak stand oleh-oleh dan stand makanan bagi Anda yang suka mencicipi aneka kuliner. Carnival Park Surabaya mulai dibuka pada pukul 16.00-23.00 WIB, bertempat di Jalan Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya.


(Gambar SNC)


9. Klenteng Sanggar Agung

Salah satu tempat wisata bersejarah selain Tugu Pahlawan dan Museum 10 November adalah Klenteng Sanggar Agung. Selain bersejarah, juga sebagai tempat religi.  Klenteng Sanggar Agung bertempat di Jl. Sukolilo No.100, Surabaya. Klenteng ini memiliki arsitek Tionghoa.


Klenteng Sanggar Agung ini juga berfungsi sebagai ibadah. Selain tempat ibadah, juga bisa dijadikan tempat wisata religi. Jika ingin mengetahui suasana sakral di klenteng ini, datang aja pada waktu Hari Raya Imlek.


Klenteng ini memiliki tarif masuk adalah Rp 5.000-Rp 10.000.


(Gambar Klenteng Sanggar Agung)


10.  Masjid Laksamana Cheng Ho

Destinasi wisata yang bersejarah dan religi setelah Klenteng Sanggar Agung adalah Masjid Laksamana Cheng Ho. Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa. Yang membuat unik adalah lafaz Allah dengan huruf Arab yang juga terdapat di bangunan masjid ini.


Selain itu, berdirinya Masjid Laksamana Cheng Ho ini adalah untuk menghormati Laksamana Cheng Ho yang selalu menghargai agama Islam dan penyebaran Islam di Surabaya.


(Gambar Masjid Laksamana Cheng Ho)


11. Dipo Lokomotif Sidopoto

Tempat wisata pilihan untuk edukasi adalah Dipo Lokomotif Sidopoto. Karena dapat mengenalkan lokomotif yang dipakai pada jaman penjajahan. Dan selain itu juga memiliki tempat penyimpanan gerbong kereta api yang sudah lama tidak terpakai.


Untuk berkunjung ke tempat ini, kalian harus ijin terlebih dahulu kepada petugas untuk bisa masuk ke Dipo Lokomotif Sidopoto.


(Gambar Dipo Lokomotif Sidopoto)


12. Museum House of Sampoerna.

Tempat wisata yang edukatif adalah Museum House of Sampoerna. Museum kretek yang beralamat di Taman Sampoerna 6 ini awalnya merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.


Museum ini menjelaskan mengenai sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok. Museum ini juga menawarkan kepada pengunjung keliling Surabaya gratis dengan menggunakan sebuah bus.


Selain sejarahnya mengenai kretek dan jenisnya, museum ini memiliki kafe dan tempat penjualan sovenir. Tentu saja museum ini juga cukup Instagramable untuk dijadikan spot foto. Untuk harga masuknya ke museum ini tidak dipungut biaya.  Jadi, disiapkan aja kamera dan hp kamu untuk berfoto di museum ini dengan puas.


(Gambar Museum House of Sampoerna)


13. Perahu di Kalimas

Tempat wisata yang berhubungan dengan alam yang sangat tepat salah menyusuri Kalimas dengan menggunakan perahu.Perahu di Kalimas dikenal dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Perahu ini hanya berkapasitas 12 penumpang saja.


Untuk bisa menaiki perahu ini diperlukan merogoh kocek sebesar Rp 4000/orang. Tempat wisata ini sangat cocok didatangi pada akhir pekan dengan keluarga ataupun dengan pacar/pasangan Anda.


(Gambar Perahu di Kalimas)


14. Patung Suro dan Boyo

Ikon Surabaya yang kedua setelah Tugu Pahlawan dan Museum 10 November adalah Patung Suro dan Boyo. Kenapa? Karena asal mula nama dari kota Surabaya.


Tidak seru jika kamu berkeliling di Surabaya tetapi tidak mampir untuk foto di Parung suro dan baya ini. Karena tempat ini memiliki beberapa titik yang dijadikan sebagai tempat berfoto. Selain itu, tempat ini merupakan salah satu spot yang terbaik adalah dari Taman Skateboard. Untuk masuk ke tempat ini adalah gratis. So, tidak perlu mengeluarkan biaya apa-apa untuk bisa berfoto di ikon Surabaya.


(Gambar Patung Suro dan Boyo)


15. Kawasan Jalanan Kota Surabaya

Tempat wisata yang mirip dengan Negara Sakura adalah Kawasan Jalanan Kota Surabaya. Jalanan Kota Surabaya ini ditumbuhi dengan bunga Tabebuya yang bermekaran. Bunga Tabebuya sendiri sangat mirip dengan bunga Sakura, sehingga saat bermekaran dan rontok dengan indah sangat persis seperti berada di Jepang.


Kawasan Jalanan Kota Surabaya sangat bagus untuk berfoto bersama keluarga atau pasangan Anda yang ingin pergi ke Jepang tetapi karena kendala biaya. Tetapi untuk berfoto, biasakan di trotoar atau tempat penjalan kaki agar tidak terjadi apa-apa seperti keserempet dengan kendaraan yang berlalu - lalang.


(Gambar Kawasan Jalanan Kota Surabaya)


Nah disini yang direkomendasikan 15 tempat wisata di Surabaya yang terkenal. Sebenarnya banyak banget, tapi min-min bahas 15 karena sangat populer di kalangan wisatawan. Dan jangan lupa kalau ke Surabaya mampir ke tempat 15 tempat wisata yang direkomendasikan. Semoga dengan ini, kalian dapat semakin mencintai budaya dan mengenal budaya di setiap kota di Indonesia dan jangan lupa mampir ya ke tempat wisata yang belum diberitakan.

Belum ada Komentar untuk "Woww! 15 Tempat Wisata terkenal di Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel