Soal Sejarah Kelas 10 Bab Perkembangan Budaya Islam di Indonesia

Assalamualaikum selamat pagi semua. Hari ini kita akan membahas materi dan 10 soal sejarah bab Tumbuh dan berkembangnya agama dan budaya Islam di Indonesia berserta jawabannya. Semoga bermanfaat

Contoh soal penilaian akhir tahun atau final test sejarah Indonesia kelas 10 bab kedatangan Islam ke nusantara.

Soal Sejarah Bab Tumbuh dan berkembangnya agama dan budaya Islam di Indonesia

1. Di bawah ini adalah berita Cina yang menjadi bukti masuknya Islam di Nusantara yaitu...

A. Berita dari Dinasti Tang
B. Catatan yang dibuat pendeta Hwi Ning
C. Catatan I Tsing 
D. Catatan pendeta Jnanabadra
E. Catatan Ma Huan ✓

Penjelasan: Letak geografis Indonesia yang strategis menyebabkan perdagangan menjadi ramai. Nusantara banyak disinggahi oleh musafir dan pedagang. Musafir Cina yang sempat singgah adalah Laksamana Ceng Ho dengan juru tulisnya bernama Ma Huan. Untuk catatan I tsing, pendeta Jnanabadra, Hwi ning dan dinastsi Tang itu menyangkut tentang pengaruh Hindu Budha di Indonesia, bukan pengaruh Islam di Nusantara. Rombongan laksamana Ceng Ho yang sempat singgah dibeberapa tembat di wilayah Nusantara membuat catatan akan perjalanan mereka. Untuk catatan Ma Huan yang sempat singgah di pantai Utara Jawa, menyebutkan bahwa di sana telah terdapat masyarakat yang telah memeluk Islam.

2. Salah satu berita Eropa yang memuat tentang masuknya Islam di Nusantara adalah karya Tome Pires dengan judul...

A. Imago Mundi
B. Etaat Ces Moi
C. Pax Nerlandica
D. Suma Oriental ✓
E. Max Havelaar

Penjelasan: Catatan Tome Pires berbeda dengan catatan Marcopolo. Karya Tome Pires berjudul Suma Oriental, sedangkan karya Marcopolo berjudul Imago Mundi yang menceritakan kesuburan dan keadaan dunia Timur.

3. Menurut Berita dari Arab, masuknya Islam di Nusantara pada abad ke...

A. 13 M
B. 11 M
C. 5 M
D. 7 M ✓
E. 6 M

Penjelasan: Berita dari Arab menyebut daerah sribuza dan zabag yang sering pedagang Arab singgahi. Daerah Zabag atau Sribuza yang sering dikatakan sebagai tempat singgah para pedagang Arab, berdasarkan bukti yang ada serta analisis para ahli dinyatakan sebagai daerah Sriwijaya. Kerajaan ini mulai muncul abad VII Masehi. Hal ini menyebabkan munculnya teori bahwa Islam masuk ke Nusantara sejak abad VII berdasarkan sumber berita Arab.

4. Berdasarkan berita India, masuknya Islam di Nusantara pada abad ke XIII. Hal ini dibuktikan dengan penemuan...

A. Perkampungan pekojan di Pantai Utara Jawa
B. Nisan Sultan Malik Al Shaleh ✓
C. Situs kerajaan Samudra Pasai
D. Nisan Fatimah binti Maemun
E. Perkampungan Arab di Sumatera Utara

Penjelasan: Mencermati bukti arkeologis masuknya Islam di Nusantara berdasarkan berita India. Penemuan Nisan Sultan Malik Al Shaleh mempunyai kemiripan dengan batu nisan di Gujarat India. Nisan ini berangka tahun 1292 M.

5. Pengaruh Islam dalam kehidupan politik masyarakat Indonesia adalah...

A. Kerajaan yang dipegang oleh Sultan ✓
B. Raja dipegang oleh ulama
C. Terbentuknya bandar perdagangan di pesisir
D. Adanya Kultus dewa raja
E. Munculnya jabatan patih

Penjelasan: Pengaruh Islam dibidang politik terkait dengan kekuasaan dan pemerintahan. Setelah pengaruh Islam masuk ke Indonesia, muncul kerajaan Islam yang kekuasaan tertinggi dipegang oleh Sultan.

6. Pengaruh Islam di bidang sosial yang ikut mempercepat proses Islamisasi di Nusantara adalah...

A. Sultan sebagai kepala pemerintahan maupun agama
B. Ulama berfungsi sebagai penasehat Sultan
C. adanya Sultan sebagai pemimpin tertinggi
D. Urusan agama dipegang oleh ulama
E. Manusia mempunyai persamaan derajat dan hak ✓

Penjelasan: Pengaruh Islam dibidang sosial yang ikut mempercepat proses Islamisasi di Nusantara terkait dengan keadaan masyarakat. Pandangan Islam yang menyatakan bahwa manusia tidak dibeda-bedakan ke dalam berbagai kasta namun memiliki kesamaan derajat dan hak dalam kehidupan masyarakat, menyebabkan masyarakat Nusantara lebih tertarik dan banyak yang masuk Islam. Hal ini menyebabkan perkembangan Islam menjadi lebih pesat.

7. Adanya anggapan bahwa Islam yang masuk dan berkembang di wilayah nusantara berasal dari Mesir dengan bukti...

A. Mazab Hambali yang banyak pengikutnya di Indonesia
B. Adanya ejaan bahasa Arab
C. Adanya upacara tabot atau Tabuik
D. Perayaan upacara kematian Hasan dan Husein di Padang Karbala
E. Penggunaan gelar Al Malik oleh raja-raja dari Kerajaan Samudra Pasai ✓

Penjelasan: Mencermati pengaruh Mesir yang ada di Indonesia masa kerajaan Islam. Penggunaana gelar Al Malik oleh raja-raja dari Kerajaan Samodra Pasai merupakan pengaruh Mesir yang ada di Indonesia. Selain itu berkembangnya mazab syafi’i juga menjadi bukti tentang pengaruh Mesir yang ada di Indonesia karena mazab ini lahir dan berkembang di Mesir.

8. Agama Islam masuk ke Indonesia di bawa oleh para pedagang yang berasal dari...

A. Gujarat
B. Arab dan India
C. Persi, Gujarat dan Cina
D. India dan Cina
E. Arab, Persia dan Gujarat ✓

Penjelasan: Letak geografis Indonesia yang strategis menyebabkan daerah Indonesia menjadi bandar perdagangan Internasional yang ramai. Nusantara menjadi penghubung antara pedangan Timur dengan Selatan dan Barat. Letak geografis Indonesia yang strategis menyebabkan daerah Indonesia menjadi bandar perdagangan Internasional yang ramai. Nusantara menjadi penghubung antara pedangan Timur dengan Selatan dan Barat. Oleh karena itu pedagang yang singgah dan membawa pengaruh Islam berasal dari Arab , Persia dan Gujarat.

9. Pada zaman Islam berkembang seni sastra antara lain adalah suluk.Suluk Malang Sumirang berisi tentang...

A. Mengagungkan orang yang telah mencapai kesempurnaan ✓
B. Menggambarkan manusia seperti perahu yang mengarungi lautan
C. Menggambarkan jiwa manusia secara lebih detail
D. Wejangan-wejangan sunan Bonang kepada Wujil
E. Menceritakan seseorang yang mencari ilmu untuk mendapat kesempurnaan

Penjelasan: Suluk adalah karya sastra yang berkembang zaman yang Islam yang bercorak magis namun pesan yang disampaikan tentang ajaran keimanan. Diantara suluk yang berkembang saat itu ada Suluk Wujil, Suluk Sukarsa dan Suluk Malang Sumirang. Suluk Malang Sumirang menceritakan untuk mengagungkan orang yang telah mencapai kesempurnaan dan telah bersatu dengan Tuhan. Isi Suluk Wujil yaitu wejangan-wejangan Sunan Bonang kepada Wujil sedangkan isi dari Suluk Sukarsa adalah kisah Ki Sukarsa yang mencari ilmu untuk mencapai kesempurnaan.

10. Peristiwa penting yang terjadi di Nusantara yang mengakibatkan proses penyebaran Islam lebih cepat di Nusantara adalah...

A. Dikuasainya Maluku oleh Portugis
B. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki
C. Perebutan kekuasaan antara Spanyol dengan Portugis
D. Kedatangan para pedagang Gujarat India
E. Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis 1511 M ✓

Penjelasan: Penyebaran Islam di Nusantara sangat cepat tidak terlepas dari peranan para pedagang Islam di Nusantara. Setelah Malaka Jatuh ke tangan Portugis 1511 M, maka para pedagang Islam banyak yang berpindah untuk melakukan aktivitas perdagangannya, baik itu ke bandar dagang baru ataupun yang telah lama ada. Hal ini menyebabkan proses Islamisasi menyebar ke berbagai penjuru Nusantara. Dengan adanya bandar dagang yang didatangi para pedagang Islam, maka akan tercipta komunitas Islam yang lama kelamaan membentuk kerajaan yang bercorak Islam diberbagai daerah di Indonesia. Portugis setelah berhasil menguasai Malaka, memberlakukan bea yang cukup tinggi bagi para pedagang singgah sehingga mengakibatkan pedagang islam beralih ke bandar perdagangan lain yang lebih menjanjikan dan menguntungkan bagi mereka. 

Materi Tumbuh dan berkembangnya agama dan budaya Islam di Indonesia

Sejak abad ke-7 M aktivitas perdagangan bangsa Arab telah masuk kawasan Asia Tenggara dan negeri Cina, sehingga diperkirakan agama Islam telah dikenal pula di Indonesia.

Namun demikian, baru pada abad ke-13 M terbentuk kerajaan-kerajaan Islam. Peran kaum pedagang membawa agama dan kebudayaan Islam di daerah pelabuhan atau pesisir pantai telah ikut mempercepat berkembangnya Islam di Indonesia.

Adapun bukti peninggalan sejarah masuknya agama Islam di Indonesia antara lain

1. Berita Cina

Seorang penulis dari laksamana Cheng-Ho yang bernama Ma-Huan menceritakan bahwa pada tahu 1400 M telah ada saudagar-saudagar Islam yang tinggal di pulau Jawa.

2. Berita Eropa

Marcopolo (Italia) dalam perjalannya dari Cina menuju Persia singgah di Peureula (Aceh) tahun 1292 mengatakan banyak pedagang India menyebarkan agama Islam di daerah tersebut dan sudah banyak masyarakatnya yang memeluk Islam.Selain itu juga ada karyaTome Pires dengan judul “Suma Oriental”.

3. Berita Arab

Para pedagang Arab telah banyak yang datang ke Indonesia pada masa kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 M. mereka memberikan sebutan kerajaan Sriwijaya dengan kerajaan zabag atau Sribuza.

4. Berita India

Makam Malik Al Saleh raja Samudera Pasai yang wafat 1292 M, batu nisannya terbuat dari batu bekas bangunan kuil Hindu di Gujarat.

5. Berita Persia

Makam Fatimah binti Maimun di Leran Gresik yang berangka tahun 1082 M. Nama Leran merupakan nama suku yang ada di Persia.

Berita Mesir Raja Samudera Pasai memakai gelar Al Malik seperti yang dipakai raja-raja Mesir. Dengan jatuhnya Malaka ke tangan Portugis 1511 M, maka memicu penyebaran Islam ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal ini disebabkan Portugis memberlakukan bea masuk yang tinggi bagi pedagang-pedagang Islam di Selat Malaka, sehingga pedagang Islam berpindah ke berbagai daerah di Indonesia sambil menyebarkan ajaran agamanya. Hal ini kemudian berdampak pada munculnya kerajaan-kerajaan Islam di pesisir. Kerajaan Islam itu sebagian besar memiliki bandar perdagangan dan pelabuhan penting untuk kegiatan perdagangan. Pengaruh Islam juga akan nampak pada sistem pemerintahan kerajaan dengan Sultan sebagai pemimpinnya. Konsep Islam yang memandang manusia sama derajatnya, tidak dibedakan dalam kasta-kasta juga menjadi salah faktor Islam berkembang pesat di Indonesia. Setelah agama dan budaya Islam masuk di Indonesia, terjadi akulturasi dengan budaya Indonesia yang nampak pada seni bangunan,aksara atau seni rupa dan budaya.
@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Soal Sejarah Kelas 10 Bab Perkembangan Budaya Islam di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel