Soal Sejarah Bab Muncul dan Berkembangnya Kerajaan-kerajaan Islam di Berbagai Daerah

Assalamualaikum selamat pagi semua. Hari ini kita akan membahas materi dan 10 soal sejarah bab Muncul dan Berkembangnya Kerajaan-kerajaan Islam di Berbagai Daerah berserta jawabannya. Semoga bermanfaat

Contoh Soal Sejarah Indonesia Kelas XI & Jawabannya

Soal Sejarah Kelas 10 Bab Kerajaan-kerajaan Islam di Berbagai Daerah

1. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah...

A. Aceh
B. Samodra Pasai ✓
C. Demak
D. Tidore
E. Ternate

Penjelasan: Masuknya pengaruh Islam melalui jalur perdagangan ke Indonesia membentuk komunitas muslim di pesisir dan mendirikan kerajaan yang bercorak Islam. Kerajaan Islam pertama di Indonesia terletak di sebelah timur Pulau Sumatera bagian utara yaitu Kerajaan Samudra Pasai.

2. Kerajaan Malaka mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan raja...

A. Paramisora
B. Ali Mughayat Syah
C. Mansyur syah ✓
D, Mudzafat Syah
E. Iskandar Syah

Penjelasan: Mencermati raja-raja kerajaan Malaka yang bercorak Islam. Puncak kejayaan dari kerajaan Malaka berlangsung pada masa pemerintahan Sultan Mansyur Syah. Pada masa itu kerajaan ini menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam di Asia Tenggara.

3. Sumber sejarah kerajaan Aceh yang memuat silsilah raja-raja Aceh adalah Bustanussalatin, merupakan karya dari...

A. Syamsudin As Sumatrani
B. Nuruddin Ar Raniri ✓
C. Bayan Budiman
D. Syamsuddin Arraniri
E. Syamsudin Pasai

Penjelasan: Pada masa kerajaan Aceh terdapat ahli sastra diantaranya adalah Nurudin Arraniri dan Syamsuddin As Sumatrani. Bustanussalatin yang berisi tentang silsilah raja-raja Aceh merupakan karya dari Nuruddin Ar Raniri pada tahun 1637 M.

4. Puncak kejayaan Demak terjadi masa pemerintahan Sultan Trenggono. Namun dia tewas terbunuh setelah melakukan ekspansi ke daerah...

A. Pasuruan ✓
B. Malang
C. Surabaya
D. Banyuwangi
E. Tuban

Penjelasan: Pada masa Sultan Trenggono diadakan perluasan wilayah ke berbagai daerah ke Jawa Timur. Kejayaan suatu kerajaan dibuktikan dengan wilayah kekuasaan yang luas. Pada masa pemerintahan Sultan Trenggono, Demak melakukan penyerangan ke daerah Jawa Timur, namun beliau tewas setelah melakukan penyerangan ke daerah Pasuruan.

5. Penyerangan Portugis di Malaka oleh kerajaan Demak terjadi ketika kerajaan ini di bawah pemerintahan…

A. Sunan Prawoto
B .Ratu Kali Nyamat
C. Pati Unus ✓
D. Raden Patah
E. Sultan Trenggono

Penjelasan: Penyerangan Demak terhadap Malaka berlangsung pada tahun 1513. Demak menyerang Portugis di Malaka pada tahun 1513 masa pemerintahan Raden Patah. Penyerangan ini dibawah pimpinan putranya yang bernama Adipati Unus namun mengalami kegagalan. Meskipun demikian dia dijuluki Pangeran Sabrang Lor.

6. Di bawah ini adalah kerajaan Islam yang mendapatkan pengaruh dari kerajaan Islam Demak yaitu…

A. Kerajaan Samodra Pasai
B. Kerajaan Malaka
C. Kerajaan Mataram Islam
D. Kerajaan Banten ✓
E. Kerajaan Aceh

Penjelasan: Kerajaan Islam Demak memperluas wilayahnya dan mendirikan kerajaan Islam Banten. Daerah Banten ditaklukkan dan di Islamkan oleh Fatahillah atau Faletehan yang merupakan panglima perang dari kerajaan Demak. Kemudian putra Fatahillah yang bernama Hasanudin mendirikan kerajaan Islam Banten.

7. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Agung. Adapun karya sastra yang dibuat oleh raja ini bernama Sastro Gending yang berisi tentang...

A. Penanggalan Jawa
B. Kalender Islam yang digubah menjadi kalender Jawa
C. Ilmu filsafat ✓
D. Ilmu pemerintahan
E. Adat perayaan sekaten

Penjelasan: Karya sastra yang muncul pada masa kerajaan Mataram Islam banyak berisi tentang ajaran untuk menghadapi kehidupan. Sastro Gending yang merupakan Karya dari Sultan Agung Hanyokrokusumo dari kerajaan Mataram Islam berisi tentang ajaran filsafat tentang hidup.

8. Kerajaan Ternate dan Tidore yang terletak di wilayah Maluku mendapat julukan The Spice Island karena...

A. sebagai pusat perdagangan dan pelayaran di wilayah Indonesia Timur
B. sumber daya alam lautnya melimpah
C. panorama dan keindahan alamnya
D. Sebagai daerah penghasil rempah-rempah ✓
E. merupakan wilayah yang terdiri dari pulau-pulau kecil

Penjelasan: Terjemahkanlah The Spice Island. The Spice Island merupakan julukan untuk wilayah Maluku sebagai daerah berdirinya kerajaan Ternate dan Tidore karena menjadi daerah penghasil rempah-rempah.

9. Di bawah ini yang bukan termasuk persekutuan Lima saudara (Uli Lima) adalah...

A. Seram
B. Tidore ✓
C. Ambon
D. Bacan
E. Ternate

Penjelasan: Mencermati daerah-daerah yang termasuk Uli Lima di kerajaan Ternate. Uli Lima terdiri dari Ternate, Bacan, Seram, Ambon dan Obi.

10. Dalam rangka mengatur pelayaran dan perniagaan di wilayahnya, Kerajaan Islam Makassar (Gowa Tallo) mengeluarkan aturan dalam hukum perniagaan yang disebut...

A. Daeng Manrabia
B. Kraeng Matoaya
C. Awalul Islam
D. Ade Allopiloping Bicaranna Pabahi’e ✓
E. Pabbicarabuta

Penjelasan: Mencari nama hukum perniagaan kerajaan Gowa Tallo. Ade Allopiloping Bicaranna Pabahi’e adalah nama hukum perniagaan yang dikeluarkan oleh kerajaan Makassar (Gowa Tallo) untuk mengatur perniagaan dan pelayaran di wilayah kekuasaan kerajaannya agar lebih tertib dan teratur serta menghindari perselisihan.

Materi Muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah

1. Kerajaan Samodera Pasai

Letaknya di pantai timur Pulau Sumatera bagian utara. Raja pertama adalah Sultan Malik al-Saleh dapat diketahui beragama Islam, pada tahun 1297 diganti oleh Sultan Muhammad yang dikenal dengan Sultan Malik al-Tahir . Pada masa pemerintahan ini Samodera mendapat kunjungan Ibnu Battuta dari Delhi. Ibnu Battuta menceritakan bahwa pembesar Samodera Pasai ada yang berasal dari Persia dan patihnya bergelar Amir.

2. Kerajaan Malaka

Malaka muncul sebagai kota dagang baru pada awal abad ke-15, setelah seorang pangeran dari Majapahit melarikan diri dan menetap di Malaka yaitu Paramisora.Setelah masuk Islam bergelar Iskandar Syah. Puncak kejayaan masa pemerintahan Sultan Mansyur Syah.

3. Kerajaan Aceh

Pada abad ke 14 di daerah Aceh muncul kerajaan Islam dengan raja yang pertamanya adalah Sultan Ali Mughayat Syah. Kerajaan Aceh berhasil melakukan perluasan wilayah ke wilayah Daya, Pasai,Aru di Pantai Timur Sumatra dan Siak pada abad ke 16 sampai akhir abad itu. Pada akhir abad ke 16 dan permulaan abad ke 17 Kerajaan Aceh diperintah Alaudin Riayat Syah (1588-1604).Pada waktu itulah ekspedisi bangsa Belanda di bawah Cornelis De Houtman sampai di Aceh.

Puncak kejayaan kerajaan ini pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636) yang ditandai dengan wilayah kerajaan yang semakin luas, Aceh menjadi bandar transito yang dapat menghubungkan perdagangan Islam di dunia Barat.

4. Kerajaan Demak

Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa yang didirikan oleh Raden Patah, seorang Bupati Majapahit yang berkedudukan di Demak.

Puncak kejayaan kerajaan ini terjadi di bawah pemerintahan Sultan Trenggono (1521-1546). Dia mampu memperluas kerajaan sampai daerah Jawa Barat(Banten,Jayakarta dan Cirebon), Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur. Sultan Trenggono tewas setelah memperluas wilayah ke Pasuruan.

5. Kerajaan Mataram Islam

Pusat kerajaan ini terletak di Yogyakarta. Kerajaan ini didirikan oleh Panembahan Senopati yang menyerang kerajaan Pajang dan memindahkan ibukotanya ke Kota Gede sebagai pusat dari kerajaan Mataram Islam . Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya dibawah pimpinan Sultan Agung.

6. Kerajaan Banten

Banten merupakan kerajaan Islam yang mendapat pengaruh Demak oleh Fatahillah. Perdagangan yang sangat maju terutama untuk wilayah pesisir utara menjadikan Demak harus pula menaklukkan Cirebon dan Pajajaran. Pemerintahan Banten dipegang sendiri oleh Fatahilah sedangkan Cirebon diserahkan kepada anaknya Pangeran Pasarean. Banten mengalami kejayaan sekitar tahun 1600 sebagai kota dagang masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa. Akan tetapi 1596 Belanda mulai datang dipimpin oleh Cornelis De Houtman yang nantinya akan merubah sejarah Banten dengan kongsi dagang VOC.

7. Kerajaan Makasar

Makasar masuk Islam baru awal abad ke-17 yaitu 1605 ketika Raja Goa yaitu Sultan Alaudin dan Raja Tallo yaitu Sultan Abdulah masuk Islam. Pada masa berikutnya timbul perlawanan terhadap Belanda yang terutama memuncak sewaktu Hassanudin memegang tampuk pemerintahan Goa,

8. Kerajaan Ternate dan Tidore

Secara geografis kerajaan Ternate dan Tidore terletak di kepulauan Maluku. Kepulauan Maluku merupakan penghasil rempah-rempah sehingga sering disebut The Spice Island. Tenate merupakan pemimpin di Uli Lima terdiri dari Bacan, Obi, Seram dan Ambon. Uli Siwa merupakan persekutuan 9 saudara terdiri dari pulau-pulau Makayan, Jahilolo atau Halmahera dan pulau-pulau sampai di Irian Barat dengan nama Tidore. Adapun Raja Ternate adalah Sultan Hairun dan Sultan Baabullah.
@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Soal Sejarah Bab Muncul dan Berkembangnya Kerajaan-kerajaan Islam di Berbagai Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel