Soal Uraian Bahasa Indonesia Bab Cerita Rakyat Timun Mas

Soal Essai Bahasa Indonesia Bab Cerita Rakyat Kelas 10 Semester 1


1. Carilah cerita rakyat yang kalian suka! (1 saja berikan judul) 

Jawaban:

Timun Mas

Cerita Rakyat Tentang Timun Mas

2. Menceritakan tentang apa cerita rakyat tersebut? (jelaskan) 

Jawaban:
Dahulu ada suami istri yang telah menikah sekian tahun lamanya namun tidak memiliki anak. Sampai si suami meninggal pun, sang istri tetap belum memiliki anak. Karena sangat menginginkan anak, ia pun membuat kesepakatan dengan seorang raksasa. Keinginannya akan dikabulkan namun disertai syarat yaitu apabila anak yang lahir adalah perempuan dan nanti sudah cukup dewasa maka ia harus menyerahkannya kepada sang raksasa untuk dimakan olehnya. Mbok Sirni pun tidak punya pilihan lain untuk menerima kesepakatan tersebut. Saat Timun Mas sudah dewasa si raksasa kembali dan hendak menangkap Timun Mas namun ia melawan dan mengakhiri hidup raksasa dengan bibitbibit ajaib. Bibit-bibit Ajaib tersebut diberikan kepada Timun Mas oleh Mbok Sirni. Mbok Sirni sendiri mendapatkan bungkusan berisi bibit-bibit Ajaib itu dari seorang pertapa yang sudah ia kenali dari mimipinya sebelumnya.

3. Mengapa menyukai cerita rakyat tersebut? (jelaskan) 

Jawaban:
Karena saat kecil cerita tersebut membuat saya berimajinasi dengan liar dan seru, dulu saya membanyangkan betapa serunya perjuangan Timun Mas terutama saat menebar bibit-bibit itu demi mengalahkan sang Raksasa. Saya suka dengan sifat Timun Mas yang pantang menyerah, hal ini membuat saya terus berusaha mendukung Timun Mas untuk menang. Selain itu saya suka dengan plot ceritanya yang mengandung unsur “Thriller dan Action” pertarungan sengit dan pelarian/kejar-kejaran Timun Mas dengan si Raksasa.

4. Menurut kalian apakah manfaat menyimak cerita rakyat tersebut? 

Jawaban:
  • Memperluas atau meningkatkan daya imajinasi otak. 
  • Menyadarkan diri kita sendiri “sebesar apapun musuhmu, sesusah apapun musuhmu, atau sekuat apapun musuhmu bukan berarti mereka tak terkalahkan.” Prinsip ini dapat kita terapkan di kehidupan dunia nyata, misalnya kita dengan masalah yang sedang kita hadapi. 
  • Menyadarkan diri kita agar tidak gentar dan terus maju melawan segala macam tindasan dan masalah. 
  • Menyadarkan bahwa kita adalah diri kita sendiri yaitu seorang yang bebas, dan kehidupan kita adalah milik kita sendiri bukan ditentukan orang lain. (Kecuali Tuhan YME)

5. Jelaskan opini/pendapat kalian tentang cerita rakyat pada perkembangan pada masa sekarang? 

Jawaban:
Jujur saya kurang mengerti pada masa sekarang, karena saya sendiri tidak pernah mengunjungi tempat anak dari generasi-genrasi saat ini berkumpul. Tetapi dari yang saya amati di sekitar saya pembicaraan tentang “cerita rakyat” tidak seramai saat di jaman saya kecil dulu. Dulu saat TK dan SD saya mempunyai banyak buku dongeng dan guru-guru saya juga suka menceritakan saya cerita-cerita rakyat. 

Jika hal seperti ini masih diterapkan oleh pembimbing di sekolah-sekolah pada anak-anak zaman sekarang maka ini adalah hal yang bagus. Terutama di era digital ini kita dapat ketahui bahwa teknologi telah banyak berkembang dan begitu juga dengan pemikiran serta kreativitas manusia. Tidak ada salahnya jika kita juga mengembangkan sejarah peninggalan pendahulu kita, salah satunya “cerita rakyat”. Mungkin kita bisa mengaplikasikannya ke filmfilm modern atau mebuat acara TV, Buku bergambar terbaru, atau mungkin yang paling efektif saat ini adalah “GAME” mungkin kita dapat membuat Game yang terinspirasi dari cerita-cerita rakyat Indonesia. Misalnya seperti game “Bridge Of Spirits” yang terinspirasi dari nuansa Bali Indonesia

Maling Kundang

Soal

1. Carilah cerita rakyat yang kalian suka! (1 saja berikan judul)
2. Menceritakan tentang apa cerita rakyat tersebut? (jelaskan)
3. Mengapa menyukai cerita rakyat tersebut? (jelaskan)
4. Menurut kalian apakah manfaat menyimak cerita rakyat tersebut?
5. Jelaskan opini/pendapat kalian tentang cerita rakyat pada perkembangan pada masa sekarang?

Jawab

1.Malin Kundang
2.Seorang  anak yang sukses setelah merantau dan tidak mengakui ibuknya karena dia sombong akhirnya dikutuk jadi batu.
3.Karena banyak pelajaran yang kita dapet salah satunya kita tidak boleh durhaka terhadap kedua orang tua
4.Mendapat pelajaran hidup
5.Lebih banyak dikembangkan dan disebarluaskan karena banyak sekali manfaat yang didapat dari satu cerita rakyat, salah satunya dibuatkan film dan ditayangkan di televisi.

@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Soal Uraian Bahasa Indonesia Bab Cerita Rakyat Timun Mas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel