Penerapan konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari_hari

 

Penerapan Konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari


Ilmu Matematika sering dianggap momok yang menakutkan bagi banyak orang, padahal kita sering mengetahui bahwa konsep matematika memiliki banyak peranan dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu contoh matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah ‘Pasangan Linear’ dari sudut.

Pasangan linear adalah himpunan dua sudut yang saling berdekatan, dibentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan ukuran sudut lurus harus 180 derajat. Dalam aktifitas sehari-hari, kamu akan menghadapi beberapa situasi di mana konsep Sepasang Linier sudut diterapkan. Meskipun kita tidak menyadarinya, ada banyak hal di sekitar kita yang menjadi bagian dari Pasangan Linear.

Kondisi sudut Pasangan Linear adalah:

Berdekatan satu sama lain

Memiliki simpul yang sama

Sisi yang tidak persekutuan harus membentuk garis lurus atau jumlah sudut harus 180 derajat.

 


Kita semua mungkin mengira bahwa Pasangan Linear tidak ada dalam kehidupan nyata. Itu hanya pekerjaan teoritis. Tapi, ada banyak contoh dalam kehidupan kita sehari-hari, yang menunjukkan keterlibatan Sudut-Sudut pasangan Linear. Berikut adalah beberapa contoh nyata dari pasangan linier secara mendetail.

1. Tangga Bersandar pada Dinding

Tangga yang disandarkan pada dinding adalah contoh nyata dari pasangan linear. 

Pada kondisi ini, ‘sudut A’ yang terbentuk ketika menyandarkan tangga pada dinding yang dibatasi dengan ‘sudut B.’ Kedua sudut yang terbentuk menghasilkan simpul yang sama dan jumlahnya sama dengan 180 derajat. 

2. Jarum Jam

Kejadian yang sering kita jumpai adalah ketika kita melihat jam dinding yang ada dirumah atau tempat kerja. Jam dinding merupakan salah satu dasar alat ukur waktu yang sangat sederhana ketika kita dahulu belajar tentang waktu tetapi tidak hanya waktu ternyata kedua jarum jam tersebut juga tanpa kita sadari membentuk sebuah sudut dalam kondisi tertentu. 

Misal, sudut A dan B yang dibentuk oleh jarum jam bersebelahan satu sama lain, memiliki titik sudut yang sama, dan jumlah kedua sudutnya sama dengan 180 derajat.

 

3.Irisan Pizza

Sering kali kita tidak memperhatikan hal ini ketika sedang menyantap hidangan seperti Pizza, beberapa konsep matematika secara tidak langsung terhidang sambil menikmati pizza bersama teman

Sudah mafhum ketika kita akan menyantap pizza maka sering dijumpai hidangan sudah teriris dalam bentuk juring-juring. Oleh sebab itu, apabila kita melihat perpotongan pizza, kita akan melihat adanya sudut-sudut pasangan linear

4. Gunting

Gunting adalah salah satu contoh klasik dari Sudut Pasangan Linear, dimana sisi-sisi gunting yang saling berdekatan dan memiliki simpul O yang sama, membentuk sudut 180 derajat.


5. Tiang Listrik dan Jemuran

Tiang listrik juga merupakan contoh nyata dari Pasangan Linear. Sudut P dan Q memenuhi semua kondisi untuk dianggap sebagai Pasangan Linear.

                 
    

6. Penjual Cobek

Ada hal yang menarik untuk disyukuri ketika sepasang Sudut Linear terbentuk antara penjual cobek dan kayu karena hal tersebut menghasilkan keseimbangan dalam memberikan kehidupan, karena sudut-sudut yang terbentuk dipundak  tidak lain adalah Sepasang sudut Linear.


7. Persimpangan Jalan T

Sering kita jumpai ketika mengemudi kendaraan dijalan, secara tak sengaja melihat Sepasang Linear sudut yang terbentuk di pertigaan jalan.

                     

8. Antara Pisau dan Talenan

Masih banyak hal yang menarik untuk diketahui bahwa sepasang Linear sudut juga terbentuk di papan pemotong atau talenan dengan sebilah pisau yang tajam. Jadi, ketika melihat melihat ibu kita sedang memasak di dapur dan memotong dan mengiris sayuran serta daging untuk membuat hidangan lezat, maka perhatikan ketika ibu sedang mengiris sayuran maka pisau akan membentuk sepasang linear sudut terhadap telenan.

 

 

y

Belum ada Komentar untuk "Penerapan konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari_hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel