Menempuh Pendidikan Magister Lewat S2 Universitas Terbuka? Begini Caranya


Saat ini, terdapat beberapa jurusan keilmuan yang bisa diambil calon mahasiswa di Universitas terbuka, baik berupa program sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2). Khusus yang terakhir, S2 Universitas Terbuka memiliki tujuh program magister / jurusan yang ditawarkan.

Apa saja jurusan yang dimaksud? Dan bagaimana caranya untuk mendaftar? Bagaimana pula proses pembelajaran di Universitas Terbuka? Semuanya dapat anda simak pada artikel berikut.

Mengenal Universitas Terbuka

Universitas Terbuka adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 yang ada di Indonesia. Didirikan tahun 1984, lokasi kampus ini berada di Pondok Cabe, Tangerang.

Universitas ini menawarkan sistem pendidikan jarak jauh dan terbuka. Jarak jauh yang dimaksud berarti kegiatan belajar mengajar tidak terikat dengan jarak dan waktu. mahasiswa bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar melalui berbagai media, baik itu buku cetak, siaran audio, maupun internet.

Sedangkan yang dimaksud terbuka disini berarti bahwa kampus ini terbuka bagi siapapun tanpa batasan usia, tahun ijazah, waktu pendaftaran, masa kuliah, serta frekuensi ikut ujian. Satu-satunya syarat masuk kampus ini hanyalah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Selain itu, sistem pendidikan di kampus ini cenderung berfokus pada kemandirian mahasiswa untuk belajar. Kuliah akan dilaksakanan dua kali dalam seminggu, baik secara Tutorial Online (Tuton) maupun Tutorial Tatap Muka (TTM). Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi mereka yang kekurangan akses menuju gedung kampus, maupun bagi mereka yang sibuk bekerja.

Sistem pendidikan yang diusung Universitas Terbuka secara efektif dapat meningkatkan pemerataan Pendidikan Tinggi bagi seluruh warga negara Indonesia, yang secara tidak langsung juga mendukung tujuan Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti program S2 Universitas Terbuka, saat ini Perguruan Tinggi tersebut memiliki tujuh program magister / jurusan yang dapat anda ikuti. Ketujuh program magister tersebut antara lain :

•             Magister Studi Lingkungan

•             Magister Ilmu Administrasi

•             Magister Manajemen

•             Magister Ilmu Kelautan

•             Magister Pendidikan Matematika

•             Magister Pendidikan Dasar

•             Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, program pembelajaran untuk jurusan S2 Universitas Terbuka tersebut diatas dapat dilakukan baik secara TTM maupun Tuton.

Proses Pendaftaran

Mendaftar di Universitas Terbuka dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sebab pendaftaran calon mahasiswa di kampus ini pun bisa dilakukan secara online.

Secara garis besar, terdapat dua cara pendaftaran yang bisa dilakukan calon mahasiswa, yaitu secara langsung maupun tidak langsung.

•             Proses pendaftaran secara langsung.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke kampus ini secara langsung dapat berkunjung ke Unit Program Belajar Jakar Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka terdekat.

Pastikan pula untuk tidak lupa membawa berbagai berkas pendukung, seperti formulir data diri, salinan dokumen persyaratan pendaftaran, hasil cetak Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R), serta dokumen pembayaran uang kuliah. Beberapa berkas tersebut bisa diunduh langsung di situs resmi Universitas Terbuka.

•             Proses pendaftaran secara online

Adapun untuk melakukan pendaftaran secara online, calon mahasiswa pertama-tama dapat mengunjungi halaman web resmi Universitas Terbuka.

Disana, terdapat beberapa dokumen pendaftaran yang harus dilengkapi, diantaranya adalah formulir data diri, registrasi mata kuliah, hasil cetak LIP-R, serta dokumen pembayaran uang kuliah.

Teruntuk dokumen persyaratan pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengunggahnya langsung melalui web.

Setelah semua proses pendaftaran selesai, mahasiswa akan mendapat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) elektronik, serta berkas pendaftaran berupa buku saku, kalender akademik, serta leaflet.

Penutup

Melanjutkan pendidikan pada program S2 Universitas Terbuka akan sangat menguntungkan bagi banyak orang, terlebih bagi mereka yang sibuk karena bekerja, ataupun mereka yang jauh dari akses universitas.


@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Menempuh Pendidikan Magister Lewat S2 Universitas Terbuka? Begini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel