memulai wirausaha produk kerajinan untuk pasar lokal

A.perencanaan usaha kerajinan untuk pasar lokal(kewirausahaan)

  MKH CENTER INDONESIA.....
     Bedasarkan luasaan nya,pasar dapat dibedakan menjadi pasar lokal,pasar nasional dan pasar global atau pasar internasional.pasar lokal dapat di pahami sebagai pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi.
      Pasar dapat dibagi bedasarkan kesamaan perilaku pembeli. Pembagian pasar tersebut dikenal dengan segmentasi pasar.segmentasi pasar sasaran dapat di bedakan secara geografis atau tempat, secara psikografis (karakter kelas sosial gaya hidup, dan kepribadian

B. perencanaan dan produksi kerajinan untuk pasar lokal
       Data tentang pasar sasaran,potensi bahan baku dan teknik yang terdapat di daerah sudah di ketahui.Beberapa kebutuhan dari pasar sasaran sudah pernah di amati dan didiskusikan dalam kelompok
1. Mencari ide produk dengan curah pendapat
     Pasar sasaran telah di tetapkan,demikian juga dengan jenis material dan teknik yang akan di gunakan pada pembuatan produk kerajinan ini.
      Cara yang dapat di lakukan adalah melalui curah pendapat (brainstorming) yang di lakukan dalam kelompok.pada proses brainstorming, setiap anggota kelompok harus membebaskan diri untuk menghasilkan ide ide yang beragam dan sebanyak banyak nya.
      Setiap orang berhak mengeluarkan pendapat nya masing masing,saling menghargai pendapat teman,boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelum nya an Jagan lupa mencatat setiap ide yang muncul.
Ada beberapa hal yang dapat didiskusikan,antara lain:
1. perlengkapan apa saja yang harus di bawa?
2. berapa berat total seluruh perlengkapan?
3. seberapa besar dan bagaimana bentuk nya?
4. Apakah alat bawa harus tahan air?mengapa?
5. Bagaimana cara membawa tas tersebut?dibahu?di dada? Di punggung? Dijinjing? Dengan tali?

2.Rasionalisasi
     Rasionalisasi adalah proses mengevaluasi ide ide yang muncul dengan beberapa pertimbangan teknis, diantaranya bagaimana cara menggunakan produk tersebut?
3. Prototyping atau membuat studi model
     Sketsa yang di buat pada tahap tahap sebelumnya adalah format dua dimensi artinya hanya di gambarkan pada bidang datar.
4.Penentuan Desain Akhir
      Studi model dapat menghasilkan 3 sampai 5 buah model penetapan desain akhir dapat di lakukan melalui diskusi atau evaluasi .

Belum ada Komentar untuk "memulai wirausaha produk kerajinan untuk pasar lokal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel