Kenali Teknologi Big Data, Karakteristik dan Jenis Penggunaannya


Kemajuan teknologi seiring zaman menjadi semakin canggih, sehingga kehadiran beberapa teknologi baru tidak dapat dielak seperti teknologi big data. Apalagi teknologi baru yang hadir bermanfaat guna memudahkan pekerjaan manusia.

Ada banyak perusahaan yang menaruh harapan pada big data karena memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi pelanggan, produk dan layanan. Yuk, cari tahu apa itu teknologi big data, karakteristik dan jenis penggunaannya!
 

Apa Itu Big Data?

Teknologi big data adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan volume data besar secara terstruktur maupun tidak. Volume yang dimaksud dalam hal itu bukanlah jumlah datanya, tapi kemampuan perusahaan dalam menerjemahkan data dalam jumlah besar. Nantinya data yang berhasil diterjemahkan tersebut akan menjadi informasi bermanfaat bagi perusahaan.

Big data bisa dianalisis menggunakan metode yang dapat dijadikan sebagai landasan perusahaan dalam mengambil keputusan dan langkah bisnis yang efektif. Oleh karena itu big data memiliki karakteristik yakni, volume, velocity dan variety.
 

Karakteristik Big Data

1. Data dengan Volume Sangat Besar

Data dalam volume besar berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, informasi sensor data, media sosial dan lainnya. Misalnya dalam media sosial seperti Facebook, Anda melakukan berbagai kegiatan dalam bentuk gambar, status dan lainnya yang tersimpan rapi. Hingga beberapa waktu lalu, Facebook telah menyimpan sebanyak 250 miliar gambar yang akan bertambah setiap harinya.

2. Data dengan Lalu Lintas Cepat

Data memiliki lalu lintas yang sangat cepat sehingga dibutuhkan proses penanganan dengan cepat pula. Misalnya Google yang menyampaikan informasi kepada penggunanya dengan aktual mengenai suatu kejadian pada halaman pencarian. Kecepatan Google dalam memberikan data sangat cepat meskipun ada miliaran data yang harus diproses setiap harinya.

3. Data dengan Jenis Variatif

Data terdiri dari banyak jenis sehingga dibutuhkan pendekatan dan cara berbeda untuk mengelolanya. Data seperti foto, dokumen, data sensor dan lainnya tentu membutuhkan penanganan yang berbeda dalam mengelolanya.
 

Teknologi Big Data

Tujuan dari analisis big data yakni memperoleh informasi atau insight yang berguna bagi para penggunanya. Proses ini tentu memberikan manfaat bagi kemajuan bisnis guna meningkatkan strategi marketing yang diimplementasikan pada berbagai sektor seperti instansi pendidikan maupun pemerintahan.

Teknologi big data yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

1. Machine Learning

Machine learning bukanlah hal baru dalam dunia teknologi karena telah dikemukakan oleh seorang ilmuwan matematika sejak tahun 1920. Teknologi ini merupakan cabang dari teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang sudah mulai diterapkan pada smartphone dan perangkat lainnya. Teknologi ini memiliki kemampuan dalam mempelajari sendiri data yang ada sehingga mampu melaksanakan tugas tertentu. Jenis teknologi ini termasuk yang sangat mudah dalam mengolah big data.

2. Data Mining

Teknologi data mining digunakan oleh praktisi data dalam memeriksa data ukuran besar atau big data dengan menemukan pola-pola tertentu. Data akan dianalisis sehingga menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Ada beberapa algoritma yang digunakan secara umum dalam data mining seperti Expectation Maximisation Algorithm (EM Algorithm) dan lainnya.

3. Hadoop

Hadoop adalah software open source yang berfungsi untuk menyimpan data dengan jumlah besar dalam waktu singkat. Hadoop termasuk teknologi terjangkau karena mampu menyimpan data dalam jumlah besar dalam waktu singkat tapi lebih murah karena sifat open source. Penerapan teknologi big data yang satu ini juga dapat menyimpan berbagai jenis data tanpa perlu diproses lebih dulu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai teknologi big data, karakteristik dan jenis penggunaannya. Big data juga akan mengembangkan teknologi terbaru 2022 dalam berbagai sektor.
@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Teknologi Big Data, Karakteristik dan Jenis Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel