Contoh 10 Kegiatan yang Menerapkan Hukum Newton II dalam Kehidupan Sehari-hari

Beragam Contoh Penerapan Hukum Newton II 

1. Bersepeda Pagi


Sepeda yang melaju di jalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa sepeda tersebut, sehingga semakin besar massa benda semakin besar juga gaya yang diberikan.

2. Sistem kerja Lift


Pada sistem kerja lift juga terdapat gaya, untuk lift yang diam atau bergerak dengan kecepatan tetap maka gaya normal (N) akan sama dengan gaya tarik bumi (w = m.g). Sedangkan untuk lift yang sedang bergerak dipercepat/diperlambat, maka gaya tekan akan sama dengan gaya normal tetapi tidak sama dengan gaya tarik bumi.

3. Bola Sodok


Pada permainan bola sodok, bola yang diberi gaya besar melalui tongkat atau stick yang disodokkan akan memiliki petcepatan menggelinding lebih cepat, sedangkan bola yang diberi gaya kecil percepatannya relatif lebih lama (percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan).


4. Benda massanya kecil diberi gaya yang sama

Benda massanya kecil diberi gaya yang sama dengan benda yang massanya besar akan mengalami percepatan yang lebih besar dibandingkan benda yang massanya besar karena percepatan berbanding lurus dengan resultan gaya.


5. Memindahkan benda ke posisi yang lebih tinggi

Ketika kamu memindahkan benda ke posisi yang lebih tinggi menggunakan bidang miring, hal tersebut juga merupakan salah satu contoh aplikasi Hukum Newton II. Sebuah usaha W = F.s sehingga sebuah usaha juga bisa dihasilkan dari m.g.h = F.s sedangkan m.g.h = m.a.s menghasilkan w.h = F.s


6. Menarik koper

Ketika kamu sedang menarik sebuah koper yang penuh dengan baju dan barang bawaan tentunya gaya yang kamu berikan lebih besar daripada kamu menarik koper tanpa isi atau kosong.


7. Mengerek Burung dalam Sangkar


Ketika kamu sedang mengerek sangkar burung menggunakan katrol. Pada kegiatan ini akan menimbulkan gaya akibat menarik tali yang dihubungkan sangkar burung melalui sebuah katrol.


8. Kambing Tarung


Ketika kambing berukuran besar saling menyeruduk kambing yang berukuran lebih kecil sehingga kambing kecil akan terpental. Ini membuktikan bahwa adanya konsep dari Hukum Newton II karena semakin besar massa benda semakin besar juga gaya yang diberikan.


9. Mobil Pickup Kelebihan Muatan


Mobil Pickup yang membawa barang muatan sedikit maka bisa mendapatkan percepatan yang lebih besar, daripada mobil pickup yang membawa muatan sangat banyak.


10. Mendorong Meja


Orang yang mendorong meja dengan kekuatan (gaya) tertentu dan meja tersebut akan berjalan dengan percepatan tertentu pula.

Belum ada Komentar untuk "Contoh 10 Kegiatan yang Menerapkan Hukum Newton II dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel