10 Kota Metropolitan di Indonesia

10 Kota Metropolitan di Indonesia

Di setiap negara, pasti ada kota metropolitan. Dan di Indonesia, tentunya gak mau ketinggalan nih . Kira - kira ada berapa kota metropolitan di Indonesia ya? . Nih aku mau kasih 10 tau kota Metropolitan yang ada di Indonesia, salah satunya pasti ada di sekitar daerahmu. Yuk langsung simak informasinya dibawah!


1. DKI Jakarta

Siapa sih yang tidak tau Kota Jakarta?  Jakarta yang dikenal dari  Menara Monas dan Istana Merdeka yang didiami oleh presiden RI. Kota metropolitan di Indonesia yang pertama adalah DKI Jakarta. Wilayah metropolitan Jakarta dengan nama resmi Jabodetabekpunjur.

Wilayah cakupannya meliputi DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Cianjur).

Wilayah metropolitan Jakarta direncanakan mengusung dengan tema smart and resilient sebagai kota pintar dan memiliki ketahanan.


2. Bandung

Tidak disangka ya Bandung ternyata kota yang  menempati posisi kedua setelah Jakarta. Yap tidak salah juga karena Bandung dekat dengan Jakarta, jadi tidak salah kalau menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesian Bandung masuk dalam salah satu kota metropolitan yang memiiki nama resmi Bandung Raya.

Wilayah metropolitan Bandung mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.Bandungraya akan mengusung tema digiotal creative, yakni yang berarti sebagai kota yang maju dalam industri digital kreatif.


3. Semarang

Yang ketiga adalah Semarang. Woww nggak nyangka sih. Semarang berperan sebagai kota metropolitan di Provinsi Jawa Tengah dengan nama resmi Kedungsepur. Wilayah kota metropolitan semarang mencakup Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Ungaran Kabupaten Semarang, Purwodadi Kabupaten Grobogan, dan Kota Salatiga.

Kedungsepur mengusung tema cultural dan compact yang berarti akan mengedepankan aspek budaya.


4. Surabaya

Siapa sih yang nggak tau mengenai kota Surabaya? Kalau tidak, berarti kamu bukan arek-arek Suroboyo. Surabaya yang terkenal akan Patung Sura dan Baya nya ini memang patut dikatakan kota metropolitan.Surabaya diketahui sebagai kota metropolitan di Indonesia terbesar kedua setelah Jakarta.

Wilayah kota metropolitan Surabaya yang mempunyai nama resmi Gerbangkertosusila yang mencakup Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Lamongan.

Gerbangkertosusila mengusung tema green mixed use yang brfokus kepada tata guna lahan. Dan Surabaya sudah banyak tempat nongkrong yang lagi hits dan tidak kalah seru di Jakarta.


5. Medan

Yang kelima adalah Medan yang merupakan kota yang kental akan budayanya. Dan bukan di pulau Jawa juga. Beralih ke Pulau Sumatera, Kota Medan menjadi kota metropolitan di Provinsi Sumatera Utara dengan nama resmi Mebidangro.

Wilayah kota metropolitan Medan mencakup Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Karo.Mebidangro mengusung tema urban and rural linkage, yakni berfokus pada keterkaitan ekonomi pedesaan dan perkotaan.


6. Palembang

Palembang juga menjadi kota metropolitan di Provinsi Sumatera Selatan dengan nama resmi yaitu Patungraya Agung.Wilayah kota metropolitan Palembang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Patungraya Agung mengusung tema production and distribution hub yang menjadi sebagai pusat produksi dan distribusi.


7. Banjarmasin

Tau kota Banjarmasin? Yap, Kota Banjarmasin adalah daerah asal Pahlawan Nasional, Pangeran Antasari dalam melawan pemerintah Belanda. Selain itu, Kota Banjarmasin disebutjuga  sebagai Kota Seribu Sungai yang memiliki wilayah seluas 98,46 km² dan wilayahnya merupakan kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan, Pulau Kembang, Pulau Bromo dan lain-lain.

Banjarmasin menjadi kota metropolitan di Provinsi Kalimantan Selatan dengan nama resmi Banjar Bakula. Wilayah kota metropolitan Banjarmasin mencakup Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut.Banjar Bakula akan mengusung tema urban agriculture yang mengedepankan pertanian urban.


8. Manado

Salah satu tempat kelahiran Pahlawan Nasional yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan . Diantara ada 17 tokoh yang sudah diakui dan 9 diantaranya sudah dianugrahi gelar sebagai pahlawan nasional. Salah satu diantaranya dari 9 orang yang dikenal adalah  Pierre Tendean.

Manado merupakan kota metropolitan di Provinsi Sulawesi Selatan yang diberi nama resmi Bimindo. Wilayah kota metropolitan Manado meliputi Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa.Bimindo hadir dengan mengusung tema fisheries industry yang mengedepankan industri di bidang perikana

Wah kota metropolitan Manado meliputi Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa.Bimindo hadir dengan mengusung tema fisheries industry yang mengedepankan industri di bidang perikanan.


9. Makassar

Hayoo siapa yang ga tau sama Makassar? Makassar ini adalah daerah dari Kerajaan Gowa. Makassar merupakan daerah pertama kali yang didatangi oleh kolonial. 

Kota Makassar menjadi kota metropolitan terbesar urutan pertama setelah kota-kota metropolitan di Pulau Jawa dan Sumatera.Diberi nama resmi Mamminasata, wilayah kota metropolitan Makassar mencakup Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Takalar. Mamminasata mengusung tema urban seafront, yakni pengembangan kawasan tepi laut.


10. Denpasar

Wow Denpasar merupakan salah satu kota wisata yang terkenal akan keindahan alamnya. Kota Denpasar menjadi kota metropolitan terbesar urutan kedua di luar Pulau Jawa dan Sumatera setelah Makassar.

Dengan nama resmi Sarbagita, wilayah kota metropolitan Denpasar mencakup Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, dan Kabupaten Tabanan. Sarbagita mengusung tema internationalism tourism yang berarti sebagai destinasi wisata internasional.


Sekian penjelasan mengenai 10 kota Metropolitan yang ada di Indonesia. Semoga dengan ini, kalian dapat semakin m encintai budaya budaya di Indonesia

script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7380314786451849" crossorigin="anonymous">

Belum ada Komentar untuk "10 Kota Metropolitan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel