pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan(SMA kelas 3)

1.Macam macam pertumbuhan pada tumbuhan pada tumbuhan 
Bedasarkan asal sel yang melakukan Pembelahan,maka pertumbuhan dibedakan menjadi pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder

A. Pertumbuhan primer
      Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan yang terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem  primer (meristem apikal). Meristem apikal yang terletak pada ujung akar dan pada pucuk tunas menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang.
      Pertumbuhan primer menghasilkan apa yang disebut tumbuh primer tumbuhan (primary plant body) yang terdiri atas tiga sistem jaringan,yaitu jaringan dermal,jaringan pembuluh,dan jaringan dasar.jaringan dermal akan berkembang ke arah luar membentuk kulit tumbuhan.
B.Pertumbuhan sekunder
     Pertumbuhan sekunder menyebabkan batang tumbuhan menjadi semakin membesar dan memanjang.umumnya pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhan dikotil.pertumbuhan sekunder merupakan hasil dari aktivitas pembelahan meristem lateral.terdapat fua jenis meristem lateral yang berperan dalam pertumbuhan sekunder,yaitu kambium pembuluh (vaskuler) dan kambium gabus.
    Aktivitas kambium bergantung pada keadaan lingkungan. Pada musim kemarau kambium kurang aktif.ketika musim hujan kambium akan membentuk xilem dengan diameter yang besar.

2. Faktor-Faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
A.Faktor Internal
   Faktor internal adalah faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari dalam tumbuhan.faktor internal terdiri atas faktor intrasel dan intersef.faktor intrasel adalah faktor yang berasal dari dalam sel itu sendiri.faktor intrasel merupakan faktor genetis yang di wariskan dari induknya yang disebut dengan gen.semua sifat tumbuhan dipengaruhi  oleh faktor gen.adapun faktor intersel berasal dari luar sel itu sendiri namun masih dalam tubuh.
B.Faktor Eksternal
    Faktor eksternal adalah faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dari luar tubuh tumbuhan.faktor eksternal tersebut di antara nya air,mineral,cahaya,serta suhu udara.
   Mineral yang di butuhkan oleh tumbuhan tidak sama jumblah nya,ada yang diperlukan dalam jumblah relatif banyak dan ada pula yang dibutuhkan dalam jumblah,yang relatif sedikit.

Belum ada Komentar untuk "pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan(SMA kelas 3)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel