Kenapa tata letak pada blog tidak bisa diedit?

Error pada tata letak blogger


Jika anda sedang mengalami kebingungan karena terdapat error pada tata letak blogger maka anda mengunjungi artikel yang tepat. Sebelum saya menjelaskan penyebabnya, saya akan menceritakan tentang pengalaman saya pada hari ini

Hari ini anda pasti heran mengapa tata letak atau layout pada blog tidak bisa diedit? Saya sendiri awalnya juga panik dan kebingungan, karena saat itu saya sedang melakukan maintenance pada blog saya. Salah satu kekhawatiran adalah saat saya mengotak-atik blog, saya melakukan kesalahan seperti tidak sengaja merubah settingan dari tamplenya atau terdapat kode yang belum saya beri penutup (</script>)

Kemudian saya mencari infomasi digoogle namun ternyata tidak ada artikel yang menjelaskan tentang kejadian ini. Lalu saya bertanya kepada teman saya. Dia pun menjawab bahwa di blogger milik dia tidak terjadi error atau apapun, semua berjalan dengan lancar. 

Saya pun semakin yakin bahwa ini ada kesalahan pada saat saya melakukan maintenance. Akhirnya saya memutuskan untuk mengecek dan mencoba mengembalikan blog saya seperti awal (sebelum maintenance). Namun setelah saya Save ternyata tombol edit pada tata letak masih tetap tidak dapat ditekan dan tidak berfunsi. Ya akhirnya saya setting kembali lagi theme nya menjadi setelah maintenance.

Karena saya belum mendapatkan jawabannya dan solusinya maka saya berusaha mencari informasi lebih luas. Saya pun membuka grub grub seputar blog dan melihat chatnya. Ternyata ada banyak orang lain yang mengalami hal seperti saya. Bahkan orang dari luar negeri pun juga mengalaminya. Lalu bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini

Cara agar widget tata letak dapat di-edit

1. Buka theme
2. Edit HTML
3. Klik cursore pada html
4. CTRL + F
5. Cari atribut locked="true"
6. Ubah "true" menjadi "false"

Dan saya mengecek HTML pada blog saya ternyata atribut itu sudah "false", lalu kenapa masih error? Tidak lama kemudian terdapat pemberitahuan dari google bahwa Blogger sedang mengalami down. Sebelumnya error pada tata letak ini sudah pernah terjadi yaitu adalah masalah tata letak tidak bisa dibuka. Kemudian sekarang errornya berganti ke widget nya menjadi tidak dapat di edit.

Solusi

Jadi solusinya adalah anda hanya harus bersabar menunggu google memperbaiki error ini dan tidak perlu panik karena ini bukan error karena kesalahan anda melaikan memang dari googlenya. Akan tetapi jika anda tetap ingin meng-edit widgetnya sekarang juga maka silahkan lihat langkah-langkah berikut

Cara mengedit widget saat terjadi error dan tidak dapat mengedit langsung lewat tata letak

1. Buka theme
2. Edit HTML
3. Klik cursore pada html
4. CTRL + F
5. Cari <b:widget-setting name='content'> (biasanya widget terdapat pada itu, akan tetapi mungkin berbeda di theme anda tergantung theme yang anda pakai)
6. Kemudian sebelum menaruh kode script atau kode lainnya, anda harus meng-parsenya terlebih dahulu
7. Silahkan masuk ke sini >> Parser HTML
8. Kemudian setelah selesai di parser maka langsung saja tempel kodenya dibawah <b:widget-setting name='content'>
9. Tekan tombol save di pojok atas kanan
10. Selesai

Sekian tutorial dan penjelasan mengenai error pada layout dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih
@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa tata letak pada blog tidak bisa diedit?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel