Penjelasan tentang domain .COM dan cara mengubah domain Blogspot menjadi .COM

Setting Custom Domain .Com ke Blogspot dengan menggunakan Clientzone Rumahweb


Untuk materi kedua kita akan membahas tentang cara mengganti domain Blogspot ke Domain TLD atau Domain .Com Sebelum itu akan saya jelaskan tentang domain .com

Apa itu domain .com

Domain.com adalah pendaftar domain dan perusahaan hosting web yang berkantor pusat di Vancouver, Washington, dan merupakan anak perusahaan dari Endurance International Group. Sedangkan domain sendiri adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Nama unik ini muncul setelah tanda @ di alamat email, dan setelah www. di alamat web. Misalnya, nama domain example.com bisa diterjemahkan ke alamat fisik 198.102.434.8. Contoh nama domain lain adalah google.com dan wikipedia.org.  Alamat web akan lebih mudah diingat dan diketik jika Anda menggunakan nama domain untuk mengidentifikasi lokasi di Internet, dibandingkan menggunakan alamat IP numerik.

Sejarah domain .com

Dilansir dari wikipedia Asal-usul Domain.com adalah dari merek Dotster yang didirikan oleh George DeCarlo pada tahun 1999. Georg adalah leulusan University of Portland, George meluncurkan Dotster sebagai proyek dari Columbia Analytical Services sebelum dibeli oleh Baker Capital pada tahun 2004.

Pada tahun 2005, Dotster memperkenalkan teknologi domain baru yang memberikan hasil pencarian yang relevan berdasarkan domain atau kata kunci yang dimasukkan oleh penggunanya. Itu dianugerahi Penghargaan Perintis Domain dari Verisign pada "25 Tahun .com Gala" pada tahun 2010.

Pada tahun 2011, Dotster dan anak perusahaannya, My Domain and Netfirms, diakuisisi oleh Endurance International Group. Di antara nama domain yang dimiliki oleh Dotster adalah www.domain.com, yang ditentukan oleh pimpinan sebagai branding terkuat karena upaya mereka untuk lebih menekankan pada pertumbuhan pendaftaran domain. Pada tahun 2012, Dotster mulai memigrasikan akreditasi domain ke Domain.com, LLC, menjadikannya registrar resmi untuk bisnis domain perusahaan.

Domain.com saat ini mendukung lebih dari 1,2 juta situs web di seluruh dunia. Meskipun mereka lebih dikenal sebagai pendaftar domain, perusahaan ini juga menawarkan sumber daya untuk hosting bersama, hosting WordPress, dan sertifikat SSL. Mereka juga bertanggung jawab untuk meluncurkan domain tingkat atas .xyz untuk meningkatkan jumlah URL pendek bermerek yang tersedia untuk umum.

Kenapa harus menggunakan domain .com


1. Mudah Diingat

Kenapa domain .com mudah di ingat? Anda pastinya pernah mengunjungi website besar seperti wikipedia, google, dan bahkan juga blogger. Semua website tersebut sama-sama menggunakan domain .com dan hampir kebanyakan website besar lainnya juga menggunakan domain .com Jadi sudah pasti semua orang tahu tentang domain .com ini, bahkan orang awam pun pasti jugat tau karena mereka juga pasti sudah sering melihat domain ini. Inilah kenapa domain .com adalah domain yang mudah diingat sehingga pengunjung web anda tidak perlu kebingungan mencari atau mengingat-ingat nama domain anda

2. Lebih Populer

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, domain COM sangat populer di seluruh penjuru dunia. Hampir 50% website yang ada saat ini menggunakan ekstensi .COM sebagai alamat websitenya, seperti yang dilansir dari wikipedia sudah terdapat lebih dari 1,2 juta situs web di seluruh dunia yang mendukung domain ini. 

3. Ramah SEO

Jika Anda ingin agar website tampil lebih baik di mesin pencari, penggunaan domain .com sangat disarankan. Banyak yang berpendapat bahwa tidak ada domain yang memiliki keistimewaan performa di mesin pencari.

Akan tetapi, domain .COM memiliki cakupan internasional. Domain berkode daerah (seperti .co.id atau .us) sifatnya lokal dan Google menggunakan domain ini untuk melakukan geotarget suatu website. Ini artinya, website dengan domain kode daerah hanya akan relevan untuk daerah tertentu saja. Sebaliknya, domain COM bersifat lebih universal sehingga website Anda dapat lebih mudah muncul di mesin pencari.

4. Pendaftaran Mudah

Nama domain .com bisa Anda daftarkan dengan sangat mudah. Tidak seperti domain berkode negara yang hanya tersedia di daerah tertentu dan membutuhkan persyaratan dokumen tertentu, Anda bisa mendapatkan domain ini dimana saja. Anda hanya perlu memilih domain yang Anda inginkan, selesaikan pembayaran, dan nama domain akan menjadi milik Anda dalam hitungan detik.

5. Lebih Murah

Selain mudah, domain .com tersedia dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan domain lain. Tidak hanya pendaftaran pertama saja, biaya perpanjangan tahunan domain ini juga sangat terjangkau. Berbeda dengan domain lainnya seperti domain ZYX, Saat pendaftaran awal domain itu sangat murah akan tetapi untuk perpanjangan ditahun berikutnya harga nya melonjak keatas menjadi  sangat mahal. Begitu juga dengan domain lainnya. Jadi saya menyarankan kepada anda untuk menggunakan domain .com

6. Domain COM Menggambarkan Bisnis

Seperti domain lain, ekstensi domain .com juga memiliki peruntukan khusus. Domain .com merupakan kependekan dari ‘commercial’, atau ditujukan untuk para pemilik bisnis. Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang berusaha atau malah sudah memiliki bisnis. Website Anda akan terasa lebih “resmi” karena akan sesuai dengan peruntukannya. Meskipun demikian, kini banyak juga pemilik website memilih domain .com karena lebih mudah diingat.dan populer

Tutorial mengubah domain .com

Simak langkah-langkah berikut atau anda dapat melihat tutorial dalam Video berikut 

1. Silahkan login ke account Blogger Anda.
2. Setelah login  Klik “settings > “Custom domain”
3. Klik “Add a Custom Domain”.

image 1 - Panduan Custom Domain Blogspot Rumahweb dari Clientzone

4. Isi kolom dengan nama domain anda. Misal nama domain anda https://kreatifparenting.com, maka cara mengisinya www.kreatifparenting.com kemudian klik “Save” .


5. Maka Akan menampilkan CNAME” yang harus dipasang di domain manager anda.


Note: CNAME yang diberi panah merah tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/ Clientzone.

Sekarang silahkan ditinggalkan dahulu Bloggernya. Silahkan Anda login ke account WHMCS atau klik disini >> clientzone.rumahweb.com

6. Pilih domain Anda.



7. Klik menu “Nameservers”. Pastikan Name Server anda seperti dibawah ini

nsid1.rumahweb.com
nsid2.rumahweb.net
nsid3.rumahweb.biz
nsid4.rumahweb.org

blogspot ke .com


8. Klik “Kelola Domain.

9. Klik Manage DNS.

Apabila muncul tombol Start/Update, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Sesuai gambar dibawah ini. Tunggu beberapa saat, jika tombol update/start masih ada. Silahkan tekan kembali tombol tersebut.

10. kemudian tekan tombol Add new record

11. Membuat cName Record. Dan masukkan sesuai ketentuan berikut



Domain           = www 
TTL                 = 14400
Record Type   = CNAME 
Hostname       = ghs.google.com

kemudian tekan add record





12. Membuat cName Record yang ke-2. Masukkan kode nomor yang ada di blogger anda. Kodenya dapat anda lihat seperti pada langkah nomer 05

Domain (name) = w2htwan2ulwp 
TTL                    = 14400
Record Type      = CNAME
Hostname (destination)     gv-ey3ois2jqnq5l3.dv.googlehosted.com

itu adalah kode nomor blog saya. Silahkan masukkan kode blog milik anda sendiri sesuai dengan kode yang diberikan pada langkah-langkah nomer 5



13. Membuat A record, dan isi sesuai ketentuan berikut.
Silahkan isi:

  • Pertama

Domain  name = kosongi saja
TTL                  = 14400
Record Type    = A
Hostname        = 216.239.32.21

  • kedua

Domain  name = kosongi saja
TTL                  = 14400
Record Type    = A
Hostname        = 216.239.34.21

  • ketiga

Domain  name = kosongi saja
TTL                  = 14400
Record Type    = A
Hostname        = 216.239.36.21

  • keempat

Domain  name    = kosongi saja
TTL                     = 14400
Record Type       = A
Hostname           = 216.239.38.
21




14. Kemudian setelah semua selesai tekan tombol back yang ada dibawah tombol add record
Dan hasilnya akan seperti berikut jika DNS nya sudah telah lengkap:

15. Setelah itu tekan tombol update yang ada diatas. Jika tombol update nya tidak ada maka anda tidak perlu menekannya 


Setelah itu silahkan tunggu selama 1 hari untuk memproses DNSnya. Lalu besok kembali ke blogger lagi

16. kemudian kembali ke blogger dan tekan save

jika halaman bloggernya ter-refresh maka silahkan langsung tekan costum domain dan masukkan kembali domain blog anda seperti langkah sebelumnya (nomor 1-4)

langkah selanjutnya adalah melakukan setting redirect dari non-www to www. Setting ini bertujuan agar ketika domain diakses tanpa www, maka secara otomatis akan di direct ke www.namadomain.

Setting redirect ini bisa Anda lakukan pada kolom redirect seperti screenshot berikut :

17. Silahkan klik ‘Edit

18. Jika ingin mengaktifkan HTTPS, Aktifkan HTTPS availability.

Tunggu beberapa saat sampai setting HTTPS redirect aktif, jika sudah aktif silahkan aktifkan setting HTTPS redirect.

Akhirnya anda telah selesai mengubah domain blog/web anda menjadi .com Jika anda masih mengalami kebingungan silahkan tonton video tutorial yang ada diatas tadi atau anda juga bisa bertanya langsung kepada saya lewat Whatsapp di SINI

@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan tentang domain .COM dan cara mengubah domain Blogspot menjadi .COM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel