Nonton Anime Josee the Tiger and the Fish | Movie Ini Mengecewakan [Review]

Josee to Tora to Sakana-tachi Sub Indo

Josee the Tiger and the Fish subtitle Indonesia, review anime Josee the Tiger and the fish
  • Titles: Josee, the Tiger and the Fish
  • Japanese: ジョゼと虎と魚たち
  • Type: Movie
  • Episode: 1
  • Status: Finished Airing
  • Aired: Dec 25, 2020
  • Producers: Shochiku, Kadokawa, Sonilude
  • Licensors: Unknown
  • Studios: Bones
  • Source: Novel
  • Genre: Slice of Life, Drama, Romance
  • Duration: 1 hr. 38 min.
  • Rating: R-13

Sinopsis

Sebuah drama romantis remaja dengan tema tumbuh dewasa, ceritanya berfokus pada mahasiswa Tsuneo dan pemimpi Josee, yang menjalani hidupnya dengan terjebak di kursi roda. Josee — dinamai berdasarkan nama pahlawan wanita di Awan Indah karya Françoise Sagan — menghabiskan sebagian besar hari-harinya membaca dan melukis sampai secara kebetulan dia bertemu dengan Tsuneo, dan memutuskan sudah waktunya untuk menghadapi dunia nyata.

Link Download & Streaming

↓↓↓↓↓↓↓↓
 

Streaming josee the tiger and the fish sub indo



Note: Versi sub indo TELAH SELESAI. Silahkan download atau menontonnya dengan mengeklik salah satu tulisan diatas ↑↑↑↑

Review Anime Josee The Tiger And The Fish

Josee to Tora to Sakana-tachi Adalah Anime yang diadaptasi dari novel roman karya Seiko Tanabe yang dirilis tahun 1984, anime ini sebelumnya pernah diadaptasi ke film Jepang live action pada 2003 dan juga diadaptasi ke film Korea Selatan live action pada tahun 2020 dan mendapatkan rating 6,9 untuk live actionnya.

Saya akan memberikan review secara singkat bagi anda yang ingin tidak terkena spoiler dan langsung menonton sendiri animenya di bioskop. Berikut review singkatnya

Kelebihan:

1. Dramanya menyentuh (poin +4)
2. Sedikit memotivasi (poin +5)
3. Lagunya bagus (poin +5)
4. Grafik latar tempatnya (poin +2)
5. Plot twist (poin +3)

Kekurangan:

1. Alur ceritanya terlalu maksa (dengan latar cerita di dunia nyata seharusnya jalan ceritanya tidak berjalan semudah itu dan terlalu banyak hal yang tidak jelas, ini sudah terlalu maksa dan endingnya juga biasa aja) (poin -8)
2. Grafiknya karakternya biasa aja (poin -2)
3. Romance nya berantakan (poin -1)

Total rating keseluruhan: 8/10

Update: setelah saya menonton anime  movie love me love me not dan membandingkan dengan Josee to Tora to Sakana-tachi ternyata memang anime ini memiliki kekurangan yang sangat banyak. Dan saya memberikan rating 6/10 untuk hasil akhir setelah dibandingkan 
Baca review tentang love me love me not, anime yang hampir sama dengan josee akan tetapi sangat berkebalikan dengan josee yang terlalu banyak kekurangannya

Kesimpulan:

Anime ini biasa aja, jadi tidak perlu sampai harus nonton di bioskop (nonton lewat HP sudah cukup) tapi saya tidak melarang anda untuk menontonnya di bioskop, hanya saja harap dipertimbangkan lagi. Ini hanya pendapat saya jika anda mau menerimanya Terimakasih, jika anda tidak setuju maka silahkan bagikan pendapat anda di kolom komentar dibawah.

Review Josee to Tora to Sakana-tachi Secara Rinci Dan Keseluruhan

Oke baiklah mulai dari sini saya peringatkan untuk yang tidak ingin terkena spoiler lebih baik tidak perlu membaca review di bawah ini karena saya akan memberikan banyak spoiler untuk menjelaskan kenapa Anime ini sangat MENGECEWAKAN. Hal yang membuat anime ini pantas mendapatkan rating 8 adalah karena LAGUNYA doang.

Kekurangan

1. Alur cerita

Ini (alur cerita) adalah bagian yang paling mengecewakan. Kenapa mengecewakan? Sudah jelas ini sangat mengecewakan karena saya sangat tidak suka dengan alur yang tidak logis. Sudah terlalu banyak hal-hal tidak jelas yang terjadi di anime ini. 

Salah satunya adalah scene ketika Suzukawa dan Josee sedang jalan-jalan dan kemudian hujan. Kemudian Josee meninggalkan Suzukawa dan menyebrang jalan dengan kursi rodanya sendirian dan kemudian Suzukawa tertabrak mobil.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah kenapa mobil pertama kehilangan kendali padahal mobil kedua yang lewat setelahnya itu bisa berhenti dengan normal? Padahal Suzukawa menyebrang juga tidak secara mendadak tiba-tiba lewat begitu saja. Tapi masih ada jeda beberapa saat yaitu saat motor lewat sehingga seharusnya kondisi yang dialami mobil pertama dengan mobil kedua hampir sama. Sama sama memiliki jeda sebelum melewati Suzukawa. Tapi kenapa mobil pertama kehilangan kendali sedangkan mobil kedua bisa berhenti dengan biasa saja? Padahal mobil pertama saat mencoba untuk berhenti mobil tersebut belok kanan kiri dan terlihat sangat licin sehingga tidak dapat mengerem mobilnya. Sedangkan mobil kedua dapat berhenti dengan mulus tanpa harus belok belok.

Seharusnya agar ini terlihat lebih logis pengemudi mobil pertama sedang dalam keadaan mabuk atau mengantuk sehingga terdapat alasan yang dapat membuat pengemudi mobil pertama tidak fokus melihat jalanan dan akhirnya tidak tahu kalau ada Suzukawa yang sedang menyeberang. Dengan begitu alasannya akan terlihat jelas kenapa mobil pertama tidak bisa berhenti dengan normal seperti mobil kedua. 

2. Romance

Josee to Tora to Sakana-tachi adalah anime bergenre Romance dengan cinta segitiga. Romance dalam anime ini menurut saya tidak terlalu niat karena jalan ceritanya berlalu begitu cepat tanpa ada pembangunan hubungan antara karakter. Langsung menyatakan cinta dan selesai begitu saja dan juga timing-nya saat menyatakan perasaannya juga nggak pas sama sekali. Masa Suzukawa yang sedang sakit setelah kecelakaan dan terkena beban pikiran karena tidak dapat menggapai cita-citanya akibat luka saat kecelakaan, malah si Ninomiya teman kerja Suzukawa menyatakan perasaannya ke Suzukawa. Bukankah ini sudah sangat keterlaluan? Apakah anda tega menyatakan perasaan kepada orang yang sedang menderita? Bukankah seharusnya kita memberikan dukungan dan memberikan semangat serta membahagiakan orang yang sedang menderita itu agar dia bisa kembali ke keadaan semula. Tapi dia malah menambah beban pikiran Suzukawa dengan menyatakan perasaannya. Ini benar-benar membuat saya jengkel.

3. Josee Beban

Yes dia adalah BEBAN bagi Suzukawa dan neneknya. Sungguh malang nasib Suzukawa sudah punya teman kerja gak ada otak terus harus ngerawat Josee si beban.

Iya gue juga tau dia itu nggak bisa jalan karena kakinya lumpuh sejak lahir jadi maklum kalau merepotkan orang lain. Iya kalau cuma sedikit sih nggak apa-apa. TAPI SI JOSEE INI UDAH BEBAN BANGET. 

Pertama, dia (josee) punya bakat menggambarkan tapi apa yg dia lakukan? Cuma males malesan di kamar dan nggak kerja sama sekali. Hei umur mu sudah 24 tahun apa anda tidak malu terus bergantung pada nenek yang jelas-jelas udah tua dan tidak bisa terus membiayai hidup mu!!! Ngotak dong anjir elu seenggak nya bantuin apa gitu. Malah minta jalan-jalan terus, elu kira nenek elu itu masih umur 20 tahun gitu jadi masih bisa bawa elu keliling jalan-jalan dorong kursi roda elu gitu? Hah? Otak TOLONG DIPAKAI itu nenek udah tua dan lagi udah sakit-sakitan, seharusnya elu yang merawat nenek elu bukan malah elu yang malah minta dimanja manjakan ANJIRRRRR.

4. Ending membengongkan

Lagi-lagi josee yang jadi beban kali ini si Suzukawa yang harus kerepotan gara-gara kegabutan si Josee yang ga jelas. Tahukah anda? Saat Suzukawa akan pergi ke Meksiko dan ia sudah memberitahu secara langsung kepada Josee bahwa ia akan pergi dan sudah janjian akan bertemu pukul 10. Lalu apa yang dilakukan Josee? Dia malah menghilangkan dan bikin Suzukawa panik dan akhirnya dia nyari Josee kesana kesini khawatir ada apa-apa dengan josee. Padahal si Suzukawa ini baru saja sembuh setelah kejadian kecelakaan itu. Baru aja sembuh tapi si Josee ini malah hilang, kan kurang ajar gitu lho. Udah diberitahu untuk ketemuan pukul sepuluh ehhh dia malah hilang. 

Dan ternyata Josee pergi kemana? Dia pergi ke kebun binatang… DEMI APA ASTAGA NAGA ELU ITU KALAU MAU PERGI SEENGGAKNYA BILANG DULU ANJIR. Lagian elu juga udah janjian bakal ketemuan jam 10 tapi elu malah ke kebun binatang itu ngapain??????? 

Hei capek ya… sama kok aku juga 😭🔫

Belum sampai disitu. Adegan membengongkan masih dilanjutkan yaitu pada saat kursi roda josee jatuh dan tiba-tiba Suzukawa muncul dan menangkap josee yang jatuh dari atas. Padahal perasaan si Suzukawa masih baru keluar dari kebun binatang karena nyariin si josee yg tiba-tiba ngilang. 

Dengan jarak yang diperkirakan lumayan jauh karena Suzukawa berada di jarak yg diperkirakan jauh karena Suzukawa berlokasi di dekat mal-mal sedangkan Josee ada di perumahan dan durasi kejadiannya juga terjadi secara langsung (tanpa ada jeda beberapa detik) sehingga bisa disimpulkan bahwa itu terjadi begitu saja dengan waktu secepat itu Suzukawa dapat sampai ke tempat Josee hanya dalam beberapa menit saja pada Suzukawa masih belum bisa berlari dan masih pakai tongkat bantu jalan. Ini kan sama sekali nggak logis? Masa ya dia teleport gitu langsung sampe ke perumahan? 

5. Terlalu fantasi

Anime ini berlatar belakang kehidupan nyata sehingga seharusnya semuanya juga berjalan seperti "normalnya" di dunia nyata. Akan tetapi anime ini sudah terlalu tidak normal dan banyak hal yang tidak logis dan terlalu fantasi. 

Memang anime itu tidak seperti kehidupan nyata tapi kalau memang begitu kenapa pakai latar kehidupan nyata? Kenapa nggak pakai latar fantasi saja sehingga ketika ada hal yg tidak logis bisa ditoleransi karena memang berlatar fantasi.

6. Terlalu maksa happy ending

Tiba-tiba jadi happy ending gitu dan dipaksa paksa kan untuk jadi happy ending. Semuanya berjalan begitu cepat, menghiraukan kejelasan jalan cerita (logika) dan mementingkan "yang penting happy ending" 

Yahh udah capek gue, jujur gue nyesel nonton anime ini di bioskop. Dengan ekspektasi gue yang tinggi banget karena banyak yang bilang "anime ini bagus banget" dan karena lagunya yg dibawakan oleh eve. Ternyata anime ama lagunya lebih bagus lagunya 😔🖐️

Kelebihan

1. Drama & motivasi

Untuk drama nya lumayan bagus karena lumayan menyentuh dan dalam drama nya juga menginspirasi untuk terus semangat dan terus berjuang menggapai cita-cita kita apapun musibah atau kejadian buruk yang menghalangi cita-cita kita, kita pasti bisa mencapainya asalkan punya niat yang kuat dan pantang menyerah dan tentunya perlu orang terdekat yang bisa mendukung agar tidak kehilangan semangat dan agar bisa saling membantu satu sama lain.

2. Backsound

Untuk backsound nya bagus dan cocok banget di setiap scene-nya dan enak didengar

3. Lagu

Tentu saja sangat sangat bagus. Bagaimana tidak, lagunya dibawakan oleh eve dengan subscribe di YouTube nya yang sudah mencapai 3 juta dan dengan rilisan lagunya yaitu opening jujutsu kaisen yang sudah menembus 123 juta view. Lagu yang dibawakan dalam anime ini ada dua yaitu Shinkai & Ao no Waltz. Lagu yang paling saya suka adalah Ao no Waltz. Lagunya memiliki nada yang sangat indah dan sangat enak didengar. Jika ingin mendengarkan musiknya klik play dibawah ini. Dan jika ingin mendownload lagunya klik download



4. Grafik

Menurut saya grafiknya biasa saja (standar) untuk karakter nya. Sedangkan latar tempatnya dibuat colorful agar terlihat bagus dan cantik. Yah ini juga agak mengecewakan, tapi tidak apa-apa karena ini masih masuk ke standar grafik anime biasanya 

5. Komedi

Sebenarnya nggak terlalu lucu sih komedi nya. Lumayan aja cuma bisa bikin gue ketawa, walaupun ada beberapa lelucon yang kesannya terlalu simpel banget gitu jadi "lucu dikit-dikit" dan kadang garing sih

Kesimpulan

Anime ini "bagus" sudah hanya terbatas pada bagus saja dengan tingkat standar. Bahkan ini terlalu "biasa" jika untuk anime movie

"Tapi kan anime movie emang gitu alurnya dipercepat karena durasi nya sedikit (nggak sebanyak series)"

Hmm bagaimana kalau kita bandingkan dengan tenki no ko (Weathering with You) dan kimi no nawa (Your name). Kedua Anime tersebut merupakan anime movie terbaik dan semua orang pasti tau anime itu. 

Dari kedua anime itu bisa dilihat kan kesamaan nya, ya keduanya sama sama miliki alur yang rumit. Walaupun rumit kedua anime itu dapat menyajikannya secara menyeluruh tanpa harus mempercepat jalan ceritanya dan tetap memperhatikan kelogisan alurnya, walaupun kedua anime itu adalah anime fantasi tapi sanggup memberikan alur yang bisa dicerna dengan baik dan bisa dipahami dengan mudah.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Josee, the Tiger and the Fish adalah anime yang biasa saja untuk type anime movie. Anime ini sudah cukup bila ditonton lewat HP dan tidak perlu sampai nonton ke bioskop. Karena lagunya yang Ao no Waltz itu di putar saat scene credits. Padahal ekpektasi saya lagu tersebut dimasukkan dalam scene utama dalam anime ini ternyata malah jadi lagu credit doang. Sungguh mengecewakan.

Sekian dari review saya tentang Josee the Tiger and the Fish, untuk versi BD atau Subtitle bahasa Indonesia nya akan di upload di link yang sudah disediakan diatas. Ditunggu ya kak untuk update kedepannya 🥰🙏 untuk mengetahui update terbarunya bisa subscribe di > sini <
@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

3 Komentar untuk "Nonton Anime Josee the Tiger and the Fish | Movie Ini Mengecewakan [Review]"

  1. Mantap gan 💯
    gue tunggu sub indo nya

    BalasHapus
  2. Bro sebisa mungkin jangan nyaranin nonton di hp ,karena orang kalo nonton di hp kebanyakan bajakan. So please kalo emang penasaran nonton di bioskop aja selama masih ada, Seiya enggaknya kita dukung biar film Jepang khususnya anime makin percaya untuk menayangkan di Indonesia

    BalasHapus
  3. lu gabisa nyuruh orang nonton di hp (bajakan) walau menurut lu anime ini diluar ekspetasi. kita nonton di bioskop merupakan bentuk respect terhadap studionya. mungkin lu kecewa sama movienya tapi setidaknya lu menghargai karya orang lain bro.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel