Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia kelas 9 Semester 2

Soal

10 soal bahasa Indonesia kelas 9 semester 2

1. Bacalah kutipan teks berikut!
Amandel disebut juga tonsil. Letaknya di belakang rongga mulut dan hidung. Amandel terdiri atas tiga jaringan getah bening, yaitu sepasang tonsil palatina, tonsil lidah, dan android. Jaringan ini menghasilkan sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi. Tonsil palatina biasa disebut amandel. Bila mulut dibuka lebar, di sebelah kiri dan kanan lengkung tekak akan terlihat sepasang tonsil palatina.
Informasi yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah ...

A. Cara mencegah sakit amandel dengan menjaga kebersihan mulut.
B. Tonsil lidah menghasilkan sel-sel darah merah bagi tubuh.
C. Fungsi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari infeksi.
D. Jaringan getah bening juga menghasilkan sel-sel darah merah.

2. Bacalah paragraf berikut!
Dalam hidupnya seseorang akan diuji dengan apa yang dimiliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki suatu jabatan, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. kebahagiaan keluarga
B. ujian hidup seseorang
C. tanggung jawab wewenang
D. seseorang memiliki harta

3. Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara langsung saat gerhana matahari dapat menyebabkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari adalah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada saat itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari karena matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara langsung menyebabkan kebutaan merupakan mitos modern.
Simpulan isi teks tersebut adalah …

A. Melihat matahari saat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan.
B. Gerhana matahari merupakan fenomena alam tentang sejajarnya bumi, matahari, dan bulan.
C. Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada bagian tertentu.
D. Melihat langsung matahari saat gerhana matahari tidak menyebabkan kebutaan.

4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai kenaikan tarif di awal tahun 2017 membuat masyarakat semakin terbebani. (2) Pasalnya, selain banyak komponen yang naik, ada yang kenaikannya 200% lebih. (3) Pemerintah memandang perlu kenaikan ini untuk meningkatkan kualitas layanan. (4) Bahkan beberapa tarif sudah lama tidak mengalami kenaikan. (5) Biaya administrasi STNK dan BPKB sudah lama tidak mengalami kenaikan.
Pendapat yang menyatakan mendukung pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

5. Bacalah teks berikut!
(1)Televisi adalah alat komunikasi satu arah jarak jauh yang berupa alat elektronik yang menampilkan suara dan gambar. (2) Pelajar dapat mengambil manfaat dari alat ini berupa informasi yang ditayangkan. (3) Contohnya, banyaknya stasiun televisi yang menyajikan program edukatif. (4) Akan tetapi, tayangan televisi juga dapat merugikan pelajar karena dapat membuat mereka malas belajar.
Pendapat kontra pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah teks berikut!
Cabai ternyata dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Itulah hasil penelitian Universitas Ruhr, Jerman. Hasil penelitiannya diterbitkan dalam Breast Cancer: Targets and Therapy. Penelitian dipimpin Hans Hatt dan Lea Weber. 
Dalam cabai ditemukan bahan aktif yang disebut capsaicin—pada kultur sel SUM149PT. Capsaicin bermanfaat untuk menginduksi kematian dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Banyak sel tumor mati dalam jumlah lebih besar dan yang tersisa tidak dapat bergerak secepat sebelumnya. 
Ringkasan isi teks tersebut adalah …

A. Universitas Ruhr menemukan obat anti kanker pada cabai capsaicin.

B. Cabai dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara karena mengandung capsaicin.

C. Cabai mengandung bahan aktif seperti capsaicin yang dapat membunuh sel kanker payudara yang masih tersisa.

D. Cabai dapat mengobati kanker payudara sehingga para peneliti Universitas Rohr, Jerman, meneliti bahan aktif.

7. Bacalah kutipan teks berikut!
Kumpulan cerpen ini diberi tajuk Cerita Para Perambah. Berisikan karya-karya para penulis yang mencoba petualangan baru di dunia penulisan kreatif. Para perambah ‘baru’ ini telah menunjukkan gaya bercerita yang khas. Penguasaan gagasan yang memadai serta diekspresikan dengan bahasa yang elastis, lincah, dan penuh imaji. Meski produk dari sebuah lokakarya, tidak berarti bahwa cerpen-cerpen dalam buku ini adalah karya para pengarang yang sedang belajar.
Keunggulan kutipan teks tersebut adalah ...

A. Rangkaian kalimat yang digunakan terkesan menggurui pembaca.

B. Pembahasan yang dijelaskan runtut sehingga membuat pembaca bosan.

C. Pemilihan kata yang digunakan sangat efektif sehingga dimengerti pembaca.

D. Kelebihan dan kekurangan isi kumpulan cerpen ini tidak tergambar jelas.

8. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Isi buku ini menjelaskan tentang cara budidaya tanaman organik. (2) Penjelasan setahap demi tahap dilengkapi ilustrasi gambar berwarna. (3) Namun sayang, pemilihan kertas yang terlalu tipis membuat huruf terlihat membayang. (4) Meski demikian, buku ini dianjurkan dibaca bagi mereka yang ingin belajar budidaya tanaman organik.
Kelemahan kutipan teks tersebut ditandai dengan nomor ....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

9. Bacalah kutipan teks berikut!
Anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk untuk performa yang optimal. Anak-anak dan usia remaja secara signifikan butuh waktu tidur lebih banyak daripada orang dewasa. Hal ini guna mendukung kesehatan mental dan perkembangan fisiknya. Anak usia sekolah seharusnya mendapat 10 – 11 jam waktu tidur.  
Komentar terhadap isi teks tersebut adalah …

A. Tidur harus memenuhi syarat kualitas dan kuantitas.
B. Tidur merupakan hak anak yang tidak boleh diabaikan.
C. Terlalu banyak tidur tidak baik terhadap kesehatan fisik dan psikis.
D. Tidur yang menyehatkan adalah tidur yang proporsional sesuai dengan usianya

10. Cermati paragraf berikut!
Ibu Tupai mempunyai dua anak. Ia sangat khawatir karena binatang-binatang seperti ular dan elang ingin memangsa anaknya. 
“Dengar anakku sayang. Kamu jangan pernah keluar sarang saat ibu tidak ada di sekitar sini!” ujar Ibu Tupai kepada anak-anaknya.
“Baik, Bu. Kami akan mengikuti nasihatmu. Kami berjanji untuk tidak keluar sarang ketika tidak ada ibu,” kata anak tupai.
Pada awalnya, anak tupai setuju. Namun, tak lama kemudian mereka bermain dengan gembira sehingga lupa perintah ibunya. Mereka tidak mengetahui kedatangan seekor elang yang kelaparan. Elang itu bermaksud menyerang dan memangsa anak tupai. Tiba-tiba ibu tupai kembali pulang dan melihat anaknya dalam bahaya. Ibu Tupai menaiki kepala elang dan mencakar matanya.
Makna tersurat dari teks tersebut adalah …

A. Orang tua pasti melindungi anaknya meskipun bertaruh nyawa.
B. Anak tupai berjanji untuk tidak keluar sarang ketika tidak ada ibunya.
C. Jangan melanggar larangan orang tua jika tidak ingin terkena bahaya.
D. Tetaplah di dalam rumah jika orang tua sedang bekerja keluar rumah.

Jawaban

1. C
2. B
3. D
4. A
5. D
6. B
7. C
8. D
9. D
10. A

@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

Belum ada Komentar untuk "Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia kelas 9 Semester 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel