Runway de Waratte [Review]

Anime Dengan Tema Fashion Show & Perjuangan 2 Pemuda Dalam Meraih Cita-Citanya

Hallo guys, hari ini Saya akan mereview anime dengan judul "Runway de waratte". Ini adalah anime pertama kali yang saya review dan upload di blog. Jadi saya mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurang ahli-an dalam mereview.

Informasi

Smile Down the Runway atau Runway de Waratte yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia "Tersenyumlah di Landasan Pacu" adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kotoba Inoya. Ini telah diserialkan di Majalah Weekly Shonenen Kodansha sejak Mei 2017. Dan mendapatkan Adaptasi serial televisi anime oleh Ezo'la ditayangkan dari Januari hingga Maret 2020 pada winter tahun ini di blok pemrograman Animeism. 

bx111501-q-Zgc-R8eb86t3
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Finished Airing
  • Aired: Jan 11, 2020 to Mar 28, 2020
  • PremieredWinter 2020
  • Broadcast: Saturdays at 02:25 (JST)
  • Producers: Mainichi Broadcasting System, Kodansha, DMM pictures
  • Licensors: Funimation
  • Studios: Ezόla
  • Source: Manga
  • Genres: Slice of Life, Drama, School, Shounen
  • Duration: 24 min. per ep.
  • Rating: PG-13 - Teens 13 or older

Review

Kita mulai dari judulnya "Tersenyumlah Landasan Pacu" mungkin bagi anda yang belum tau tentang dunia fashion show akan heran dengan maksud dari judul tersebut. 

Landasan pacu adalah panggung yang digunakan untuk menampilkan rancangan busaha yang akan diperjualbelikan atau di promosikan kepada para pelanggan yang tertarik dengan busana atau pakaian. 

"Tersenyumlah" maksud dari kata tersebut tertuju pada orang yg akan menampilkan/memakai busana yang akan ditampilkan di landasan pacu tersebut atau yang biasa disebut dengan Model. Lalu apa maksudnya "tersenyum". Jadi sebenarnya dalam dunia fashion show, Ketika anda menampilkan busana anda dilarang untuk tersenyum. Lah bukannya tersenyum itu bisa membuat anda terlihat semakin cantik/tampan. Ya memang betul tapi karena ini adalah dunia profesional jadi mereka lebih memajukan unsur "elegan" yang menunjukkan bahwa mereka sebagai model serius dalam menampilkan performanya dan berusaha untuk menampilkan busana dengan sebaik mungkin sehingga dapat membuat pelanggan terkesan dan tertarik dengan busana tersebut. 

Lah bukannya dilarang lalu, Kenapa judulnya "Tersenyumlah". Menurut saya tersenyum disini bukan dimaksudkan untuk merusak peforma dalam penampilan model saat di Landasan Pacu. Melainkan "berbahagialah, bersenang senang lah, bergembira" ya memang terlihat tidak profesional tapi itu merupakan salah satu unsur penting dalam menjalani suatu profesi. Jika dalam menjalani suatu profesi atau cita cita yang hanya di isi oleh "kesenangan terhadap sesuatu (hobi/minat)" maka hal itu tidak akan cukup untuk menjadikan kesenangan tersebut sebagai profesi. Jatuhnya akan lebih ke menjadi seorang amatir. Lalu apa yang dibutuhkan selain "kesenangan terhadap sesuatu". Yang terpenting adalah Tujuan. Dengan adanya tujuan maka seseorang akan lebih niat dan lebih semangat dalam menjalani profesi tersebut. Sehingga saat terdapat suatu cobaan dia tidak akan menyerahkan begitu saja dan terus mencoba dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. 

Bagitu juga sebaliknya jika seseorang menjalani profesi hanya dengan tujuan tanpa adanya rasa "suka" maka tidak akan lama orang tersebut bertahan dengan profesi nya. Karena adanya rasa bosan dan tidak minat yang membuatnya ingin berhenti. Dan jika dipaksakan untuk tetap menjalani profesi tersebut, akan berdampak stress dan akhirnya membuat seseorang bisa terkena penyakit seperti darah tinggi, penyakit jantung dan lain-lainnya. 

Lalu bagaimana cara menjalani profesi sebagai seorang model yang harus tetap tampil serius, elegan dan tidak boleh tersenyum. Tapi tanpa mengurangi rasa "suka" terhadap profesi tersebut, anda bisa mendapatkan jawabannya dalam anime Runway de waratte.

Kemudian kita lanjut ke MC (tokoh utama) dalam anime ini. Ikuto Tsumura. Dengan Pengisi suaranya yaitu Natsuki Hanae.

Ikuto Tsumura adalah protagonis pria berusia tujuh belas tahun dengan tampang yang polos dan lugu akan tetapi dia memiliki cita cita yang tinggi yaitu menjadi seorang perancang busana. Ikuto bercita-cita menjadi perancang busana sejak usia muda, tetapi ia terpaksa menghentikan mimpinya karena perjuangan keuangan keluarganya. Sebagai anak tertua dan putra satu-satunya, Ikuto membantu ibunya mengurus saudara perempuannya dan menangani sebagian besar pekerjaan rumah dan awalnya menolak untuk kuliah, berencana untuk mengejar pekerjaan penuh waktu untuk menghidupi saudara perempuannya. Walaupun dia terlihat culun akan tetapi dia memiliki mental yang sangat kuat. Ayah Ikuto sudah lama meninggal, ibunya sakit keras, dan ketiga adik perempuannya juga masih sekolah. Sebagai anak pertama sekaligus satu-satunya lekaki di keluarganya, Ikuto selalu mengesampingkan segala keinginannya demi kebahagiaan keluarga. karena dia sebagai satu satunya laki laki dalam keluarga tersebut harus menjadi seorang yang mampu menggantikan sosok ayah dalam keluarganya. Dengan beban kehidupan yang seberat itu dia masih terus mau dan terus berusaha dalam meraih impiannya, tanpa metal yang kuat sudah pasti dia tidak akan mampu menjalaninya. Dan dalam anime ini ikuto mendapatkan banyak ujian dan cobaan. Mulai dari tawaran menjatuhkan temannya demi mendapatkan uang untuk biaya rumah sakit ibunya, Ditolak lamaran kerjanya karena dianggap tidak memiliki pengalaman dalam bidang perancangan busana (karena dia tidak sanggup membayar biaya untuk bersekolah di universitas perancang busana) walaupun sebenarnya dia memiliki skill yang hebat (berbeda dengan yang lain) dalam merancang busana akan tetapi karena dia tidak berasal dari universitas tersebut, sudah pasti dia akan ditolak tanpa melihat kemampuan nya terlebih dahulu. "Jangan melihat sesuatu dari sampulnya". Walaupun dia terus ditolak, dia tetap melamar lagi, datang lagi, mencoba lagi hingga kemampuan yang dia miliki bisa ditunjukkan dan diterima di perusahaan tersebut. Bagaimana kelanjutannya ? Silahkan anda tonton sendiri. Saya tidak ingin terlalu banyak spoiler karena bisa mengurangi "keseruan" saat menonton anime ini.

Sekarang karakter Heroine-nya, Chiyuki Fujito. Dengan pengisi suaranya yaitu Yumiri Hanamori. 

Chiyuki Fujito adalah protagonis wanita berusia tujuh belas tahun. Dia ingin model untuk perusahaan/agensi ayahnya karena ia diberkati dengan kecantikan, proporsi tubuh yang tepat, dan koneksi serta kekayaan ayahnya. Bukan hanya karena itu saja. Karena sebenarnya menjadi model adalah cita citanya sejak kecil dan dia juga ingin berkerja di agensi "Mille Neige" yang merupakan agensi yang dimiliki oleh ayahnya dan berpartisipasi di Paris Fashion Week sebagai perwakilan dari perusahaan ayahnya, sehingga dia ingin menjadi sosok yang bisa membuat ayahnya bangga. Akan tetapi karena tingginya yang tidak memenuhi syarat sebagai seorang model. Ia harus berusaha memiliki kemampuan & kelebihan yang hanya dimiliki oleh dia, agar dia bisa diterima di agensi tersebut. Walaupun dia sudah berusaha mencari kemampuan & kelebihan dia miliki akan tetapi agensi tersebut tetap tidak mau menerimanya. Tapi dia juga tidak menyerah begitu saja. Dia tetap datang dan melamar walaupun dia sudah tau akan ditolak oleh agensinya. 

Hingga suatu saat mereka berdua saling bertemu. Suatu hari Chiyuki mengetahui bahwa teman sekelas nya bernama Ikuto (MC) adalah seorang perancang busana. Dan ada rumor bahwa rancangan busananya sangatlah bagus. Sehingga Chiyuki ingin Ikuto menjadi perancang busananya. Dan Chiyuki yang akan menjadi modelnya. 

Disini lah kisah mereka dimulai, dimana kedua orang yang sama sama memiliki cita cita yang tinggi akan tetapi mereka tidak memiliki harapan atau tidak mungkin dapat mewujudkan impiannya karena kondisi mereka. Akan tetapi mereka tetap tidak menyerah dan terus berusaha untuk mencapai cita-citanya.

Saya sangat merekomendasikan anime ini untuk kalian semua karena sangat menginspirasi dan sangat banyak manfaat dan nasehat yang bisa kalian dapatkan dari anime ini. Walaupun temanya adalah fashion yang terkesan untuk perempuan akan tetapi anime ini juga sangat cocok ditonton untuk laki laki. Karena anime ini juga terfokus pada MC nya yang merupakan seorang laki-laki biasa akan tetapi memiliki mental yang sangat kuat.

Sekian review dari saya, mohon maaf jika ada salah kata atau kesalahan lainnya. Dan terimakasih telah membaca review saya. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

@memekoplak.hqq Saya adalah admin dari Instagram @memekoplak.hqq. Disini saya membuat blog untuk Fansub anime (MKH Fansub) dan Pembahasan anime (MKH Anime). Jadi jika kalian penasaran dengan meme saya, langsung cek saja di Instagram saya. Jangan lupa difollow juga ya. Karena kalian bisa request anime sub atau review lewat Instagram @memekoplak.hqq.

1 Komentar untuk "Runway de Waratte [Review]"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel